Kembali ke Rumah Setelah Banjir Mematikan di Jerman

Penduduk yang terkena banjir bandang di Jerman mulai melakukan pembersihan dan perbaikan di areanya
Kehancuran yang diakibatkan oleh banjir (Foto: dw.com/id)

Jakarta – Salah satu bencana alam terburuk sepanjang sejarah Jerman yang menewaskan lebih dari 100 orang dan banyak yang masih hilang setelah hujan besar dan banjir melanda Eropa Barat. Penduduk yang terkena banjir bandang di Jerman mulai melakukan pembersihan dan perbaikan di areanya.

Kehancuran yang diakibatkan oleh banjirKehancuran yang diakibatkan oleh banjir (Foto: dw.com/id)

Kehancuran yang diakibatkan oleh banjir - Perlahan air mulai surut, namun dampaknya tidak berhenti di sana. Di kota-kota tepi sungai di Jerman, orang-orang berupaya mengatasi dampak dari banjir yang melanda, yaitu genangan lumpur dan tumpukan sampah.

Rumah yang tidak bisa dihuniRumah yang tidak bisa dihuni (Foto: dw.com/id)

Rumah yang tidak bisa dihuni - Banjir itu menghancurkan apartemen milik Jutta Schelleckes. Jutta dan suaminya yang cedera bertahan di rumah itu selama dua hari hingga pemadam kebakaran datang dan memutuskan untuk membantu mereka mencari tempat berlindung. Jutta adalah satu dari ribuan orang yang rumahnya hancur dan tidak dapat dihuni lagi akibat banjir.

Berpacu dengan waktuBerpacu dengan waktu (Foto: dw.com/id)

Berpacu dengan waktu - Yang dulunya perabot dan barang-barang rumah tangga kini menjadi sampah yang memenuhi jalan. Jika tidak segera disingkirkan, rongsokan-rongsokan itu dapat menghambat laju evakuasi dan menimbulkan risiko keselamatan bagi penduduk dan pekerja evakuasi. Lumpur di tanah akan mengeras seperti pada rongsokan yang berserakan di jalan.

Berton-ton limbah dan sampah untuk dibersihkanBerton-ton limbah dan sampah untuk dibersihkan (Foto: dw.com/id)

Berton-ton limbah dan sampah untuk dibersihkan - Dengan bantuan relawan, para penduduk mulai membersihkan rumah dan toko mereka yang rusak. Truk sampah terlihat bolak-balik membawa sampah dan rongsokan dari ruas jalan. Di Trier, salah satu kota yang mengalami kerusakan parah akibat banjir, 14.000 ton sampah telah dikumpulkan di akhir pekan, ungkap juru bicara asosiasi pengolahan sampah kepada stasun siaran publik SWR.

Bantuan solidaritasBantuan solidaritas (Foto: dw.com/id)

Bantuan solidaritas - Selain para sukarelawan di area bencana, banyak gerakan solidaritas untuk mengumpulkan sumbangan. Bantuan donasi datang dari segala arah, sampai beberapa organisasi mengumumkan mereka tidak memiliki kapasitas lebih untuk menerima donasi tambahan berupa barang. Sementara Covid-19 telah memisahkan orang, bencana ini kembali menyatukan orang-orang di komunitas itu. (mn/hp)/dw.com/id. []

Berita terkait
Penampakan Akibat Banjir Besar Mematikan yang Melanda Jerman
Banjir besar yang melanda sebagian besar wilayah barat Jerman memakan korban dengan 103 tewas dan ratusan hilang
Sirkuit F1 di Jerman Beralih Jadi Pusat Logistik Bantuan Banjir
Sirkuit arena balap mobil F1 Nuerburgring sekarang berubah menjadi pusat logistik bantuan banjir di Jerman
Pemerintah Jerman Bela Diri Terkait Kritik Penanganan Banjir
Meski didera kritik, pejabat tinggi di Jerman membela penanganan banjir yang mereka lakukan baru-baru ini
0
Kembali ke Rumah Setelah Banjir Mematikan di Jerman
Penduduk yang terkena banjir bandang di Jerman mulai melakukan pembersihan dan perbaikan di areanya