UNTUK INDONESIA

Keluarga Joe Biden Bawa Kucing dan Anjing ke Gedung Putih

Hewan peliharaan di Gedung Putih lenyap di masa Presiden Trump, tapi keluarga Joe Biden akan hidupkan lagi kebiasaan pelihara kucing dan anjing
Sock, kucing di ruang rapat Gedung Putih pada tahun 1994 di era Presiden Bill Clinton (Foto: nytimes.com - Marcy Nighswander/Associated Press)

Jakarta - Ketika dia mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Joseph R. Biden Jr. mengatakan sudah waktunya bagi hewan peliharaan untuk dikembalikan ke Gedung Putih. Soalnya, selama pemerintahan Presiden Donald Trump tidak ada hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing, di Gedung Putih.

Pertama-tama diumumkan bahwa Champ dan Major, anjing gembala Jerman milik Presiden terpilih AS, Biden, dan calon Ibu Negara Jill Biden, akan berkeliaran di Gedung Putih. Dan sekarang, setelah absen lebih dari satu dekade, seekor kucing akan bergabung pula dengan jajaran hewan peliharaan kepresidenan. Ini dilaporkan oleh Jane Pauley dari "CBS Sunday Morning" di Twitter pada hari Jumat, 27 November 2020.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox 5 di Washington, Jill mengisyaratkan bahwa jika suaminya memenangkan kursi kepresidenan, dia tidak akan keberatan memelihara kucing. “Saya ingin sekali memelihara kucing,” katanya. “Saya suka memiliki hewan di sekitar rumah.”

Jenis dan nama kucing tidak segera tersedia. Perwakilan Biden tidak menanggapi permintaan komentar pada hari Sabtu, 28 November 2020.

Keluarga Biden akan memulihkan tradisi hewan peliharaan presiden ketika mereka pindah ke Gedung Putih pada 20 Januari 2021, karena Presiden Trump memilih untuk tidak memiliki hewan peliharaan selama masa jabatannya. Tapi, kucing keluarga Biden bukan yang pertama di Gedung Putih.

Sekretaris Negara Abraham Lincoln, William H Seward, memberi Lincoln dua kucing, Tabby dan Dixie. Ini dikatakan oleh Andrew Hager, history-in-residence di Presidential Pet Museum. “Lincoln adalah ‘penggemar kucing’ utama,” kata Mr. Hager, dan presiden ini sering memberi makan Tabby dari meja makan meskipun istrinya mengkritik.

Kucing kepresidenan lainnya termasuk Tom Kitten, milik Caroline Kennedy. Lalu ada Shan Shein, kucing siam putri Presiden Gerald Ford, Susan, serta Misty Malarky Ying Yang, yang merupakan milik putri Presiden Jimmy Carter, Amy.

Mungkin salah satu kucing paling populer di Gedung Putih adalah "Socks" di masa pemerintahan Presiden Bill Clinton.

Kucing hitam dan putih itu adalah protagonis dari game Super Nintendo yang belum pernah dirilis, "Socks the Cat Rocks the Hill,” dan sering mendapat perhatian dari media yang dijadikan berita. Soalnya, kucing ini adalah satu-satunya hewan peliharaan Gedung Putih sampai keluaga Clinton mengadopsi Lab cokelat bernama Buddy pada tahun 1997.

Kucing terakhir yang hidup di Gedung Putih, India (yang juga memiliki julukan Willie), adalah milik Presiden George W. Bush. “Waktu di Gedung Putih kucing ini sering dibayangi oleh dua anjing terrier Skotlandia keluarga Bush, Barney dan Miss Beazley,” kata Mr. Hager (Allyson Waller/nytimes.com). []

Berita terkait
Joe Biden Presiden, Anjing Peliharaan Ada Lagi di Gedung Putih
Gedung Putih akan diramaikan kembali oleh anjing peliharaan setelah Joe Biden dilantik jadi Presiden AS ke-46.
0
Keluarga Joe Biden Bawa Kucing dan Anjing ke Gedung Putih
Hewan peliharaan di Gedung Putih lenyap di masa Presiden Trump, tapi keluarga Joe Biden akan hidupkan lagi kebiasaan pelihara kucing dan anjing