UNTUK INDONESIA
Kekurangan Seri iPhone 11 yang Harus Diwaspadai
Kekurangan iPhone 11 yang resmi dirilis Apple pada bulan September 2019, banyak dikritik penggunanya.
iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max menyediakan varian warna yaitu Emas, Abu-abu, Perak, Hijau Temaram (Foto: iPhone.com).

Jakarta - Kekurangan iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max yang resmi dirilis Apple pada bulan September 2019, banyak dikritik penggunanya. Padahal, harga yang dibandrol cukup mengejutkan untuk sekelas handphone pintar.

Untuk harga, masing-masing dibanderol dengan harga mulai 699 dolar AS (Rp 9,8 juta), iPhone 11, 999 dolar AS (Rp 14 juta), iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max 1.099 dolar AS (Rp 15,4 juta).

Sementara, untuk spesifikasi didaulat lebih mumpuni dibandingkan iPhone XS, XS Max, dan XR. Salah satu peningkatannya yang tebesar ada di sektor pacu yang mengandalkan chip Apple A13 Bionic.

iPhone 11 memiliki dua kamera belakang (wide, ultra wide). iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki tiga kamera (wide, ultra wide, telephoto), meningkat dari dua di duo iPhone XS.

Ternyata, harga tidak melulu menjamin dari kualitas yang ditawarkan. Produk terbaru Apple ini masih memiliki kekurangan yang dikritik para penggunanya.

Berikut Tagar ulas empat kekurangan iPhone 11 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Layarnya Mirip iPhone XR

iPhone 11 menggunakan layar 6.1-inch 828x1792px LCD sama persis yang digunakan oleh iPhone XR. 

Padahal, dengan harga mewah seharusnya bisa mendapatkan layar 1440x3120px AMOLED dengan 90 Hz refresh rate. 

Sementara itu, teknologi liquid retina dianggap sudah ketinggalan zaman untuk diaplikasikan pada tahun 2019.

2. Memori Internal 64GB

iPhone 11 menawarkan memori yang lebih kecil yaitu 64 GB. Padahal pada seri sebelumnya, memori yang ditawarkan cukup luas dengan kapasitas 128 GB. Seharusnya, Apple meningkatkan memori pada seri terbarunya itu.

Apple bukan ponsel murah, sekarang ini dengan harga separuh iPhone sudah dapat menemukan perangkat yang memiliki lebih banyak penyimpanan dalam versi dasarnya.

3. Notch yang Mengganggu

Model notch yang Apple gunakan sudah berusia dua tahun dan sudah ada sejak iPhone X, yang keluar pada September 2017. Sebelumnya, Apple telah membuat Face ID lebih baik dan memasang notch dengan kamera selfie yang terbaik.

Selain itu, iPhone 11 masih menggunakan konektor Lightning, yang lebih rendah daripada USB-C baik dalam kecepatan dan kemampuan. 

Saat ini, hampir semua ponsel menggunakan USB-C yang lebih baik dan universal, bahkan iPad Pro dan Macbook milik Apple.

4. Kamera Belakang yang Lucu

Kamera dari iPhone 11 menjadi bahan meme di linimasa sekarang ini. Desain kamera belakang terlihat lucu, bahkan ada yang mengatakan bahwa desainnya terlihat jelek. 

Selain itu, kamera belakang iphone 11 dianggap tidak teratur. Walau sudah memiliki setup ganda yang tidak dimiliki seri sebelumnya.

5. Daya Tahan Baterai

iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max dilengkapi dengan pengisi daya berkemampuan 18W. Berbeda dengan iPhone 11 yang hanya mendapat charger 5W. Meski didukung pengisian daya 18W yang cepat. []  

Berita terkait
Casing iPhone 11 Pro Berlapis Emas Berharga Rp 1 Miliar
Casing hasil kustomisasi dari varian iPhone 11 Pro yang dilapisi 500 gram emas sehingga produk tersebut dibanderol sekitar Rp 1 miliar.
iPhone 11 Pro Max Smartphone Apple Termahal
iPhone 11 Pro Max menjadi varian iPhone termahal yang diluncurkan oleh Apple di tahun 2019 ini.
iPhone 11 Pro Kalah Cepat dengan iPhone XS
Meski dibanderol dengan harga mahal, ternyata menurut uji coba, kecepatan download iPhone 11 Pro lebih lemot dibandingkan pendahulunya iPhone XS.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.