Kekurangan Nutrisi, Bisa 'Kena' Kanker dan Jantung

Nutrisi sangat penting untuk tubuh, bila kekurangan dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker.
Ilustrasi. (Foto: pexels/Trang Doan)

Jakarta, (Tagar 4/11/2018) - Nutrisi sangat penting untuk tubuh, bila kekurangan zat ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Mengerikan bukan? Untuk itu, asupan makanan sehari-hari harus selalu diperhatikan. Bila tak ingin sakit di kemudian hari.

Nah, nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk tubuh agar selalu bugar dan sehat? Dilansir dari laman Womanitely, berikut jenis nutrisi yang penting untuk tubuh.

Vitamin

Vitamin penting untuk kesehatan, apabila kekurangan vitamin dapat merusak kesehatan. Pastikan mengonsumsi buah dan sayuran minimal sekali sehari.

Kekurangan vitamin B12 misalnya, dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen atau kerusakan otak. Kekurangan vitamin A bisa merusak kesehatan mata, sementara kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah dan kerusakan pada gusi.

Karbohidrat

Banyak pelaku diet mencoba menghindari karbohidrat, ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Mereka malahan menghadapi sejumlah masalah kesehatan karena kekurangan karbohidrat.

Sumber terbesar karbohidrat berasal dari, sukrosa, fruktosa, glukosa, dan biji-bijian.

Mineral

Fosfor, kalium, zat besi, kalsium, yodium, fluorin, magnesium dan natrium merupakan mineral yang paling penting. Harus mengkonsumsi sebanyak mungkin agar tubuh selalu sehat.

Lemak

Menghindari lemak adalah kesalahan yang banyak dilakukan oleh pelaku diet. Lemak sehat, seperti lemak omega3 sangat penting untuk dikonsumsi. Tubuh membutuhkannya untuk mengangkut, menyimpan dan menyerap vitamin A, E, D, dan K.

Baiknya, saat memasak menggunakan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, minyak jagung atau minyak rami.

Protein

Protein baik bisa didapatkan dari telur, daging, keju, ikan, tahu, kacang, kacang-kacangan, yoghurt, dan biji-bijian. Nutrisi ini dapat membantu memperbaiki sel-sel saraf.

Selain itu, protein berperan penting dalam proses penyembuhan, membantu menurunkan berat badan, membuat kuku dan rambut kuat serta sehat.

Serat

Serat membantu mengurangi kolesterol, mencegah diabetes, sembelit, dan meningkatkan gerakan usus. Wanita harus mengkonsumsi 25 gram serat sehari, sedangkan pria harus mencakup setidaknya 38 gram serat.

Makanan yang kaya serat adalah beras merah, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, berondong jagung, buah, oatmeal, sayuran dan buah-buahan. []

Berita terkait
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.