Keistimewaan Baca Surah Al Waqiah, Jauh dari Kemiskinan

Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dan berada di dalam juz ke-27. Surah yang terdiri dari 96 ayat ini memiliki arti Hari Kiamat
Surah Al Waqiah (Foto: Tagar/Pexels/Gr Stocks)

Jakarta – Al Quran merupakan kitab suci bagi umat Islam yang di dalamnya terdiri dari 30 juzz dengan 114 surat. Setiap surat di dalam Al Quran memiliki keistimewaan tersendiri, salah satunya surat Al Waqiah.

Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dan berada di dalam juz ke-27. Surah yang terdiri dari 96 ayat ini memiliki arti 'Hari Kiamat' dan menjelaskan bagaimana hari kiamat itu akan terjadi sebagai balasan untuk orang mukmin dan orang kafir. Surat Al Waqiah digolongkan ke dalam surah Makiyyah, yaitu surah yang turun di Makkah.

Surah Al Waqiah dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari.

Seperti yang telah dijelaskan dalam suatu hadits yang artinya, “Ajarkanlah surah Al Waqiah kepada isteri-isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Dianjurkan setelah selesai shalat fardhu, bacalah surat Al Waqiah sebanyak 25 kali sehingga sampai pada malam Jumat berikutnya. Pada malam Jumat berikutnya tersebut sesudah shalat Maghrib, maka baca Surah Al Waqiah sebanyak 25 kali, sesudah shalat Isya dibacakan kembali sebanyak 125 kali diikuti dengan Sholawat Nabi 1.000 kali.

Keistimewaan Surah Al Waqiah:


1. Dijauhkan dari Kemiskinan

Membaca surah ini satu kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat berarti yakni akan dijauhkan dari kemiskinan untuk selama-lamanya.


2. Memperoleh Kekayaan dan Rezeki Berlimpah

Surah Al Waqiah dibaca sebanyak 14 kali seusai shalat Ashar maka orang tersebut akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya.


3. Dikabulkan Segala Hajat yang Berkaitan Dengan Rezeki

Membaca Surah Al Waqiah ini sebanyak 41 kali dalam satu majlis atau dengan kata lain sekali duduk, maka insyaAllah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutam yang berhubungan dengan rezeki.


4. Mempermudah Sakaratul Maut

Jika orang yang sedang sakaratul maut dibacakan surat Al Waqiah, maka akan dipermudah ruhnya keluar dari jasad seseorang, sehingga tidak akan merasakan sakaratul maut terlalu lama.


5. Diberikan Ketenangan Jiwa dan Raga oleh Allah

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: "Barangsiapa yang membaca surah Al Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama." (Tsawabul A’mal, halaman 117).


6. Diberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Dalam riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surah Al Waqiah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surah As Sajadah." (Tsawabul A’mal, hlm 117).[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Doa Ketika Mengalami Cuaca Buruk dalam Islam
Sebagai bangsa yang beragama kita disarankan membaca doa dalam situasi apapun yang dialami baik senang maupun sedih. Ini doa saat cuaca buruk.
Doa Setelah Salat Tahajud Beserta Artinya
Berikut doa setelah salat tahajud yang merupakan doa Rasulullah SAW seperti diriwayatkan Bukhari dan Muslim.
Waktu Berdoa Paling Mustajab Agar Cepat Terkabul
Perintah berdoa tidak hanya datang dari Allah SWT, Rasulullah SAW juga memerintahkan umat islam untuk senantiasa berdoa.
0
Keistimewaan Baca Surah Al Waqiah, Jauh dari Kemiskinan
Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56 dan berada di dalam juz ke-27. Surah yang terdiri dari 96 ayat ini memiliki arti Hari Kiamat