Doa Ketika Mengalami Cuaca Buruk dalam Islam

Sebagai bangsa yang beragama kita disarankan membaca doa dalam situasi apapun yang dialami baik senang maupun sedih. Ini doa saat cuaca buruk.
Ilustrasi Berdoa. (Foto: Tagar/Unsplash/@negafolk)

Jakarta - Indonesia saat ini semakin sering mengalami cuaca yang ekstrim seperti hujan lebih hingga angin kencang. Sebagai bangsa yang beragama kita disarankan membaca doa dalam situasi apapun yang dialami baik senang maupun sedih.

Masyarakat Indonesia sendiri mayoritas menganut ajaran yang diwariskan oleh nabi Muhammad SAW, agama Islam. Islam telah mengajarkan kita berbagai macam doa untuk segala situasi yang dihadapi termasuk ketika mengalami musibah seperti cuaca buruk.

Beberapa hadist yang telah diriwayatkan, islam memberikan beberapa doa untuk umatnya ketika mengalami musibah cuaca buruk. Berikut merupakan beberapa bacaan doa yang bisa kalian baca ketika mengalami cuaca buruk dilansir dari beberapa sumber.


1. Doa Ketika Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

'Allahumma shoyyiban nafi’an'

(HR. Bukhari)Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. (HR. Bukhari)

Doa meminta hujan ini bermaksud agar kita lebih bersyukur dengan adanya hujan. Karena seperti yang kita ketahui hujan merupakan nikmat dari Allah SWT.


2. Doa Hujan Lebat

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allohumma hawaalainaa wa laa ’alainaa. Allohumma ’alal aakaami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitisy syajari.

( HR. Bukhari)“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, namun jangan untuk menghancurkan dan merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” ( HR. Bukhari)

Doa ini dipanjatkan supaya hujan deras yang turun tidak membawa bencana kepada kita maupun orang lain. Seperti yang kita ketahui jika hujan lebat bisa menimbulkan beberapa bencana yang bisa merugikan banyak orang


3. Doa Ketika Hujan Berhenti

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bi fadhlillaahi wa rohmatihi.

(Muttafaq ‘alaih).“Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah.” (Muttafaq ‘alaih).

Doa ini dibaca sebagai ucapan syukur karena telah diberi nikmat hujan dan sebagai ucapan terimakasih karena hujan tersebut tidak menimbulkan bencana.

Selain doa ketika hujan kita juga bisa membaca doa-doa lainnya ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Berikut adalah doa lain yang bisa dibaca ketika cuaca tidak bersahabat dengan kita.


4. Doa Saat Langit Ditutupi Awan Hitam

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا فِيْه

Allohumma innii a’uudzu bika min syarri maa fiihi

(HR. Bukhari)“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari keburukan yang terkandung di dalam awan ini.” (HR. Bukhari)

Doa ini bertujuan supaya kita diselamatkan dari hal-hal buruk karena cuaca alam seperti hujan lebat ataupun petir. Langit yang berubah menjadi hitam sendiri biasanya akan merubah cuaca yang semula cerah menjadi hujan.


5. Doa ketika Angin Kencang

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أرسلت بِهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أرسلت بِهِ

Allohumma innii as aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi, wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bihi.

(HR. Bukhari dan Muslim)“Ya Allah! Sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan angin (ribut ini), dan kebaikan apa yang ada di dalamnya dan kebaikan dari tujuan angin itu dihembuskan. Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan angin ini, dan kejahatan apa yang ada di dalamnya dan kejahatan dari tujuan angin itu dihembuskan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa ini bisa dibaca ketika angin sedang bertiup kencang pertanda akan terjadi hujan yang lebat. Dengan membaca doa ini kita berharap supaya tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.


6. Doa Ketika Petir Bersahutan

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِه

Subhaanalladzi yusabbihur ro’du bihamdihii wal malaaikatu min khiifatihi

.”“Maha Suci Allah yang halilintar/petir bertasbih dengan memujiNya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya.”

Terakhir ini merupakan bacaan doa yang bisa kalian baca ketika menyaksikan fenomena petir yang saling bersahutan. Petir merupakan salah satu fenomena alam yang cukup mengerikan oleh karena itu dengan membaca doa ini kita berharap jika tidak ada yang mengalami hal buruk karena petir ini.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Apa Arti Bintang Jatuh Menurut Islam? Bisakah Mengabulkan Doa?
Benda langit atau partikel angkasa apapun yang masuk, mulai dari sebesar butir pasir atau bola golf bisa saja menjadi bintang jatuh.
Umat Islam Wajib Tahu, Ini 5 Doa saat Turun Hujan
sebagai hambanya yang bertakwa, kita harus menyikapi hujan dengan bijak dan melakukan sunnah-sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.
Doa dalam Agama Islam Saat Terkena Musibah dan Sakit
Musibah dan sakit, semua itu diatur oleh Allah SWT, bila Dia berkehendak maka terjadilah.
0
Doa Ketika Mengalami Cuaca Buruk dalam Islam
Sebagai bangsa yang beragama kita disarankan membaca doa dalam situasi apapun yang dialami baik senang maupun sedih. Ini doa saat cuaca buruk.