UNTUK INDONESIA
Keindahan Bunga Tabebuya dan Manfaatnya
Pemandangan ala musim semi di Negeri Sakura ini membuat geger netizen. Bunga Tabebuya bermekaran di sejumlah jalan di Surabaya.
Bunga Tabebuya tampak cantik di kota Surabaya (Foto: Instagram/@mgrt.erna)

Jakarta - Tabebuya adalah tanaman yang berasal dari Brasil. Bunga Tabebuya berbentuk terompet dan bergerombol serta memiliki panjang antara tiga hingga 11 sentimeter. Tingginya bisa menjulang mulai dari 8 hingga 15 meter dengan batang yang tidak terlalu besar.

Baru-baru ini warganet dihebohkan kemunculan bunga Tabebuya yang bermekaran di Kota Surabaya. Pemandangan ala musim semi di Negeri Sakura ini membuat geger netizen. Bunga Tabebuya bermekaran di sejumlah jalan protokol. Dengan kelopak berwarna kuning, merah muda, dan putih, tanaman asal Brasil ini mempercantik jalanan Kota Pahlawan, Surabaya.

Pohon Tabebuya ini mulai berbunga pada saat musim kemarau, rata-rata jenis peneduh akan bereproduksi ketika musim kemarau. Pohon Tebebuya mempunyai berbagai macam warna bunga, yaitu warna merah, putih, dan kuning.

Pohon Bunga Tabebuya memiliki bunga yang sangat indah. Pohon Tabebuya ini akan menghasilkan bunga yang sangat banyak, dan bunganya tidak mudah rontok, dan juga dapat bertahan dalam keadaan kering.

Pohon TabebuyaPohon Bunga Tabebuya. (Foto: Instagram @norumrifky)

Manfaat Menanam Pohon Tabebuya

Manfaat Tabebuya adalah sebagai penghijauan dan juga pelindung dari polusi. Oleh karena itulah Pohon Tabebuya banyak ditanam dipinggir jalan kota besar dan taman karena memang pohon ini mampu menangkal polusi udara ataupun menyerap udara yang tercemar.

Selain itu, Pohon Tabebuya juga dapat menyerap air dengan sangat baik. Dengan kemampuannya yang mampu menyerap air maka akan dapat mencegah ataupun menimalisir terjadinya banjir.

Cara Menanam Pohon Tabebuya

Pembibitan pohon Tabebuya dapat dilakukan melalui biji. Caranya, pilih biji-biji tua yang telah jatuh dari pohonnya.

Selanjutnya, bukalah kulit biji dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering, lalu simpan di tempat kering selama minimal satu bulan.

Selanjutnya, tanah yang dicampur kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 dan perawatan bibit dilakukan hingga bibit memiliki tinggi satu meter atau lebih. Berikutnya, bibit sudah siap dipindah tanamkan.

Untuk bibit yang sudah berukuran satu meter atau lebih, dapat dipindah tanamkan ke media tanam permanen. Caranya, buatlah lubang sedalam 30 hingga 50 cm, lalu tanamlah bibit dengan arah tegak lurus ke atas. Kemudian, timbun kembali bibit tersebut dan padatkan agar bibit berdiri kokoh serta tak roboh.

Selanjutnya, sirami secara intensif pada masa awal tanam bibit, setidaknya hingga pohon berukuran sekitar 10 meter atau lebih.

Setelah pohon memiliki tinggi 10 meter atau lebih, penyiraman tidak lagi perlu dilakukan. Tetapi, pemupukan perlu dilakukan agar bunga Tabebuya tumbuh lebat dan cantik.

Sebenarnya, tanpa dipupuk pun pohon Tabebuya akan tetap berbunga. Namun apabila pemiliknya ingin agar bunga tumbuh maksimal maka pemupukan sebaiknya dilakukan tiga bulan sekali.

Baca juga:

Berita terkait
0
Gaya Rambut Kaesang Pangarep Saat Pelantikan Jokowi
Poni lempar ala Kaesang Pangarep mencuri perhatian publik hingga membuat gagal fokus saat pelantikan Presiden.