Kegunaan Thernal Paste Pada Prosesor yang Jarang Diketahui

Thernal Paste yang sudah di aplikasikan akan menjaga komponen komputer Anda supaya tetap bekerja optimal dam lebih dingin.
Mengoles Pasta Ternal Pada Prosesor (Foto: Tagar/Intel)

Jakarta - Penggunaan perangkat PC atau laptop yang sudah cukup tua akan menimulkan berbagai perubahan atau masalah saat digunakan Hal ini wajar terjadi, masalah yang timbul umumnya suara bising dari kipas PC atau laptop, kinerja menjadi sedikit terhambat, kenaikan suhu temperatur, dan bahkan sering mati mendadak.

Penting untuk diketahui, Anda wajib memperhatikan dan merawat PC atau laptop supaya tetap bekerja secara optimal. Salah satunya dengan mengecek Thernal Paste.

Thernal Paste merupakan pasta yang terdapat di permukaan prosesor yang berfungis sebagai penghantar panas dari prosesor dengan heatsink melalui celah diantaranya. Sebenarnya PC atau laptop sudah di aplikasikan pasta ini, namun seiring bertambahnya usia komputer, pasta ini akan mengering dan menimbulkan masalah.

Jika Anda ingin mengoleskan Thernal Paste, Anda harus memperhatikan hal berikut:

Sebelum mengaplikasikan pasta ternal, permukaan prosesor harus bersih dari sisa-sisa pasta ternal lama. Caranya dengan mengosokan alcohol isoprofill menggunakan kain serat mikro dan biarkan mengering.

Oleskan pasta ternal di tengah prosesor sebesar biji kacang dan pasang heatsink ke prosesor lalu tekan supaya pasta menyebar keseluruh permukaan prosesor. Pastikan tidak ada gelembung pada pasta, jika biarkan akan menghambat udara dan menghambat distribusi panas.

Thernal Paste yang sudah di aplikasikan akan menjaga komponen komputer Anda supaya tetap bekerja optimal dam lebih dingin.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Resmi Dirilis, Ini Daftar Fitur Baru Windows 11
Microsoft mengumumkan Windows 11 resmi diluncurkan, pengguna dapat melakukan pembaharuan secara gratis pada Selasa, 5 Oktober 2021.
Publik Bisa Unduh Windows 11 Mulai 5 Oktober 2021
Microsoft menargetkan semua perangkat yang eligible telah mendapat upgrade gratis pada pertengahan 2022.
Hindari Peretasan, Update Windows 10 Anda
Microsoft peringatkan ke pengguna Windows 10 untuk segera memperbarui sistem operasi dengan patch update terbaru untuk menghindari serangan.
0
Kegunaan Thernal Paste Pada Prosesor yang Jarang Diketahui
Thernal Paste yang sudah di aplikasikan akan menjaga komponen komputer Anda supaya tetap bekerja optimal dam lebih dingin.