UNTUK INDONESIA
Ke Semifinal, Bayern Munich Ajari Barca Main Bola
Bayern Munich bermain gemilang dengan membantai Barcelona di perempat final Liga Champions. Kemenangan 8-2 itu membawa Bayern ke semifinal.
Bayern Munich bermain gemilang dengan membantai Barcelona 8-2 di perempat final Liga Champions di Stadion Da Luz, Lisbon, Sabtu, 15 Agustus 2020 dini hari WIB. Bayern pun lolos ke semifinal. Tampak pemain Bayern Thomas Mueller dkk merayakan gol di laga itu. (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

Jakarta - Luar biasa Bayern Munich yang membantai Barcelona di perempat final Liga Champions di Stadion Da Luz, Lisbon, Sabtu, 15 Agustus 2020 dini hari WIB. Bayern tanpa ampun menghajar Barca 8-2 yang membawa mereka ke semifinal. Bahkan Bayern seperti mengajari klub raksasa La Liga Spanyol ini bermain bola. 

Rekor terpecahkan dalam big match tersebut. Bayern untuk kali pertama mencetak 8 gol di pertandingan Liga Champions. Hebatnya, prestasi cemerlang itu ditorehkan saat juara Bundesliga Jerman itu mengalahkan Barca yang merupakan salah satu klub besar Eropa dan bahkan dunia. 

Bahkan Bayern seperti mengajari Barca bermain bola. Keperkasaan Barca di kompetisi domestik seolah tak berarti di hadapan FC Hollywood

Kami bekerja keras sehingga sulit bagi siapa pun mengalahkan kami

Kemenangan gemilang itu menjadikan Bayern kian diunggulkan merengkuh trofi Liga Champions. Mereka juga berpeluang meraih treble setelah memenangi Liga Jerman dan Piala Jerman. 

Di semifinal, Die Bayern menghadapi Manchester City atau Lyon. Kedua tim baru akan bertanding pada Minggu, 16 Agustus 2020 dini hari WIB. 

Sebaliknya bagi Barca ini merupakan kekalahan pertama dengan skor terbesar. Bahkan untuk pertama kali pula gawang Azulgrana sudah kebobolan sampai 4 gol.

Ini juga menjadi kekalahan memalukan Barca untuk ke-3 kalinya berturut-turut di Liga Champions. Di musim lalu, Lionel Messi dkk dibantai Liverpool 4 gol tanpa balas di semifinal ke-2. Padahal pada laga pertama, mereka menang 3-0. 

Kegagalan memalukan kembali terjadi di musim 2017-18 saat menghadapi AS Roma di perempat final. Setelah menang 4-1, Blaugrana justru dihajar Roma 3-0 di Olimpico. 

Hasil itu menjadikan Barca gagal meraih trofi musim ini. Sebelumnya, mereka juga tak bisa mempertahankan gelar La Liga meski sempat memimpin klasemen. Barca juga gagal di Copa del Rey. 

Barca Awali Laga dengan Baik

Di pertandingan itu, Barca sesungguhnya mengawalinya dengan baik. Ke-2 tim bermain dengan tempo tinggi sehingga tercipta gol-gol di menit-menit pertama. 

Bahkan Bayern sudah unggul saat laga baru berjalan 4 menit. Gelandang serang Thomas Mueller membuka pesta kemenangan Di Roten setelah bekerja sama satu-dua dengan striker Robert Lewandowski. Kerja sama itu diakhiri denga sepakan Mueller yang gagal diselamatkan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Robert Lewandowski GolStriker Bayern Munich Robert Lewandowski (kiri) saat membobol gawang Barcelona di pertandingan perempat final Liga Champions di Stadion Da Luz, Lisbon, Sabtu, 15 Agustus 2020 dini hari WIB. Bayern menang telak 8-2 dan lolos ke semifinal.(Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

Barca memberi respons cukup bagus. Mereka hanya butuh 3 menit untuk menyamakan kedudukan akibat gol bunuh diri bek David Alaba. Gol itu berawal dari umpan silang Jordi Alba yang tanpa sengaja disepak Alaba dan masuk ke gawang sendiri. 

Gol yang mengubah skor menjadi 1-1 itu menaikkan semangat tim asuhan Quique Setien. Hasilnya peluang bagus dari Messi gagal dimanfaatkan rekannya dan hanya membentur tiang gawang. 

Namun Bayern kemudian kembali bangkit untuk menguasai permainan. Mereka juga mencetak gol untuk berbalik unggul di menit 21. Gelandang Ivan Perisic yang menyelesaikan umpan dari Serge Gnabry untuk mengubah skor menjadi 2-1. 

Bayern selanjutnya tak terbendung. Mereka tak butuh waktu lama untuk menambah gol. Kali ini giliran Gnabry yang mencetak gol di menit 27. Gol berawal dari umpan eks pemain Barca, Thiago Alcantara kepada Leon Goretzka. Bola kemudian diberikan kepada Gnabry yang menuntaskannya menjadi gol. 

Bayern mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 4-1. Gol dihasilkan lewat tendangan voli Mueller yang menyelesaikan umpan Joshua Kimmich. 

Bayern Tak Terbendung

Di babak ke-2, Barca mencoba bangkit. Striker Luis Suarez berhasil memperkecil ketinggalan saat menyelesaikan umpan dari Alba. Skor berubah menjadi 4-2. 

Namun Barca tetap gagal membendung Bayern yang berhasil memperbesar keunggulan. Di menit 63, Kimmich menjadikan Bayern unggul 5-2 setelah menyambut umpan dari Alphonso Davies. 

Berawal dari aksi Davies yang memperlihatkan aksinya melewati Messi dan kemudian menaklukkan bek Nelson Semedo. Dia kemudian menyodorkan bola kepada Kimmich yang dikonversi menjadi gol.

Lionel MessiBintang Barcelona Lionel Messi hanya bisa tertunduk saat timnya dibantai Bayern Munich 8-2 di perempat final Liga Champions di Stadion Da Luz, Lisbon, Sabtu, 15 Agustus 2020 dini hari WIB. Bayern lolos ke semifinal setelah menghajar Barca. (Foto: Twitter/@ChampionsLeague)

Striker andalan Lewandowski akhirnya ikut menyumbang gol. Penyerang tim nasional Polandia ini mencetak gol ke-14 di Liga Champions musim ini setelah menyelesaikan umpan Philippe Coutinho di menit 82. Sundulannya menembus gawang Ter Stegen yang menjadikan Bayern kian meninggalkan Barca. 

Harapan Barca mengejar ketinggalan kian sulit. Bahkan mereka ditikam rekan sendiri saat Coutinho memborong 2 gol terakhir Bayern. Coutinho yang berstatus pemain pinjaman dari Barca dan hendak didepak karena gagal menunjukkan kontribusi maksimal justru memantapkan kemenangan Bayern di menit 85. Dirinya menuntaskan operasn dari Mueller. 

Hanya pemain timnas Brasil ini menolak melakukan selebrasi gol. Hal sama dilakukannya saat mencetak gol ke-2 menjelang akhir pertandingan. Dia menyelesaikan umpan Lucas Hernandez yang mengubah skor menjadi 8-2 di menit 89. Skor pun tak berubah sampai akhir laga. 

Kemenangan gemilang disambut Mueller. Menurut dia kerja keras timnya membuat siapa pun sulit mengalahkan Bayern. Tim juga bermain agresif sehingga Barca tak mampu berbuat apa-apa. 

"Kami bekerja keras sehingga sulit bagi siapa pun mengalahkan kami. Barca memang memiliki banyak pemain istimewa, tetapi kami bermain lebih agresif dan terus menekan," kata Mueller seperti dikutip laman UEFA. 

"Ini kemenangan besar tetapi saat memasuki semifinal, pertandingan tetap 0-0," ucapnya. []

Berita terkait
Barcelona vs Bayern, Susunan Pemain dan Prediksi
Pertarungan kelas berat, Sabtu dini hari pukul 02.00 WIB saat Bayern Munich menghadapi Barcelona. Bayern sedikit diunggulkan di laga ini.
Bremen Vs Bayern, Lewandowski Target Liga Champions
Striker Robert Lewandowski menjadi penentu kemenangan yang membawa Bayern Munich meraih Deutscher Meister 2020. Kini, dia membidik Liga Champions.
Barcelona Hanya Punya 14 Pemain Senior Lawan Napoli
Barcelona hanya miliki 14 pemain senior yang bisa tampil saat melawan Napoli di laga ke-2 Liga Champions. Klub pun meminta Arthur untuk bergabung.
0
220.000 Relawan Siap Menangkan Pradi-Afifah Pilkada Depok
Ada 2020 relawan yang siap menangkan Pradi-Afifah dalam Pilkada Kota Depok 2020.