UNTUK INDONESIA
Ke Semarang, Ma'ruf Amin Larang BUMN Serobot UMKM
Wakil Presiden Maruf Amin melarang perusahaan turunan BUMN menyerobot wilayah kerja dan peran UMKM.
Wakil Presiden Ma\'ruf Amin saat berkunjung ke Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 13 Desember 2019. (Foto: Tagar/Sigit Aulia Firdaus)

Semarang - Wakil Presiden Ma'ruf Amin melarang turunan perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) menyerobot wilayah kerja dan peran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ma'ruf Amin meminta BUMN harus sadar karakter dirinya.

Hal itu diungkapkan Ma'ruf usai meninjau infrastruktur air bersih PT Tirta Gajah Mungkur Semarang. Ia datang ke ibu kota Jawa Tengah bersama istrinya, Wury Estu Handayani, Jumat 13 Desember 2019.

"BUMN ini harus bergerak sesuai dengan karakter dan tugasnya masing-masing. Jangan malah melenceng ke mana-mana dan mengabaikan hal-hal yang harus dikerjakan," kata dia.

Seusai dengan karakter dan dinamika yang seharusnya saja lah, tidak perlu melenceng dari tugas seharusnya.

Hal itu penting dilakukan untuk menjaga marwah dan nama baik BUMN itu sendiri di mata masyarakat. "Seusai dengan karakter dan dinamika yang seharusnya saja lah, tidak perlu melenceng dari tugas seharusnya," ujar dia.

Ma'ruf menegaskan bisnis-bisnis skala kecil seharusnya dipegang pelaku UMKM. Karenanya saat ini pembentukan anak, cucu dan cicit usaha BUMN sedang ditertibkan.

"Mengambil peran usaha kecil, itu diberikan UMKM, maka sekarang lagi dilakukan penertiban," ucap dia. 

Untuk diketahui, Kementerian BUMN telah menerbitkan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-315/MBU/12/2019. Aturan itu memperketat perizinan pembentukan anak, cucu hingga cicit perusahaan pelat merah. 

Keputusan Menteri BUMN dikeluarkan untuk mencegah pihak yang hendak memanfaatkan perusahaan pelat merah. Saat ini, kementerian tengah menunggu keluarnya peraturan pemerintah untuk memperkuat aturan tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Wapres Tak Undang FPI dalam Pertemuan Ormas Islam
Maruf Amin mengundang sejumlah perwakilan tokoh ormas Islam di rumah dinas wakil presiden. Namun FPI tak dilibatkan.
Daftar Delapan Staf Khusus Wapres Ma'ruf Amin
Wapres RI Maruf Amin telah menunjuk delapan orang staf khusus stafsus, berikut daftarnya.
Perdana ke Padang Usai Jadi Wapres, Ini Pesan Maruf
Maruf Amin berharap Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) mampu melahirkan generasi unggul.
0
Misi Kemenangan Ketiga PSM Lawan Persita Tangerang
PSM Makassar optimistis menang saat melakoni laga tandang melawan tuan rumah Persita Tangerang di Shopee Liga 1 2020, Jumat, 6 Maret 2020.