Kawasan di Alas Purwo Banyuwangi yang Tutup Selama PPKM

Pengelola Alas Purwo di Banyuwangi memberlakukan beberapa aturan, termasuk area yang dilarang untuk dikunjungi.
Salah satu lokasi yang ada di Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Tagar/Pinterest)

Banyuwangi memiliki sejumlah destinasi wisata, baik wisata alam maupun wisata budaya, atau wisata minat khusus. Salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal adalah Alas Purwo.

Alas Purwo merupakan taman nasional yang terletak kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Meskipun kebanyakan cerita Alas Purwo selalu berhubungan dengan mistis namun keindahan taman nasional ini sangat patut untuk dikunjungi saat liburan.

Kawasan taman nasional dengan luas 43.420 hektare ini menyimpan berbagai macam tipe ekosistem yang terbilang utuh di Pulau Jawa. Antara lain terdiri dari pantai, hutan hujan, hutan mangrove, hutan bambu, savana buatan dan hutan tanaman.

Alas Purwo 2Rusa adalah salah satu fauna yang ada di kawasan Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Tagar/Pinterest)

Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 25 Januari 2021 membuat pengelola memberlakukan beberapa aturan, termasuk area yang dilarang untuk dikunjungi. Berikut beberapa aturan tersebut:

1. Jam Buka Wisata

Taman Nasional (TN) alas Purwo ini menerapkan jam buka terbatas selama pandemi Covid-19, yakni pukul 08.00 – 16.00 WIB

2. Kapasitas Wisatawan

TN Alas Purwo sejak awal pandemi hingga kini menerapkan pembatasan jumlah pengunjung hanya 500 orang saja. jika pengunjung mencapai 500 orang, akan diterapkan sistem buka tutup.

Kunjungan ke Savana Sadengan pun dibatasi dengan kasitas maksimal 50 orang. Sistem buka tutup di dalam kawasan ini berlaku bagi wisatwan. Rata – rata pengunjung akan paling lama dua jam lamanya sehingga tidak terjadi penumpukan pengunjung.

3. Kawasan yang Ditutup

Ada beberapa kawasan di dalam area TN Alas Purwo yang ditutup. Di antaranya Goa Istana, Padepokan, dan Mayangkoro. Selain wilayah goa, kawasan penginapan Trianggulasi juga masih ditutup.

Hal ini untuk menghindari kerumunan dan resiko penularan Covid – 19. Penutupan dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

4. Penerapan Protokol Kesehatan

Aturan penerapan protokol kesehatan harus dipatuhi oleh setiap pengunjung yang akan memasuki area TN Alas Purwo. Salah satunya adalah wajib mencuci tangan dengan sabun sebelum membeli tiket.

Pemeriksaan suhu tubuh juga akan dilakukan petugas di pintu masuk.selain itu, pengunjung juga wajib mengenakan masker dan menjaga jarak minimal 1,5 meter antara satu dengan yang lainnya.

5. Bawa Surat Negatif Covid – 19

Pengunjung yang akan memasuki wisata TN Alas Purwo wajib membawa surat keterangan negatif Covid – 19 dengan metode rapid tes antigen, rapid tes antibody, atau RT – PCR. Nantinya, surat bukti itu akan diperiksa petugas di loket masuk.

6. Unduh Aplikasi Peduli Lindungi

Pihak Taman Nasional menyarankan pengunjung wisata Alas Purwo untuk mengunduh aplikasi Pedulilindungi. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu petugas menghubungi kamu jika di tempat tersebut terdapat lokasi yang dekat dengan kasus positif covid – 19.

Selain itu, pengunjung juga diharapkan membawa surat keterangan pertanggungjawaban bermaterai 6000 saat berada di kawasan TN Alas Purwo.

7. Larangan di Daerah Konservasi

Aturan lain yang perlu diperhatikan saat berada di TN Alas Purwo ini adalah kewajiban menjaga lingkungan. Pengunjung dilarang mengambil tumbuhan, membawa kabur satwa, dan berburu.

Selain itu khusus di wilayah Savana Sedengan, membawa drone sangat tidak diperkenankan oleh petugas. Hal itu karena drone akan membuat takut para binatang sehingga binatang akan lari dan kabur. Akibatnya banyak pengunjung yang lain terganggu dan tidak bisa melihat satwa di savana Sedengan. []

(Mia Setya Ningsih)

Berita terkait
Belajar Bertani Sambil Berekreasi di Agro Wisata Ragunan
Pemerintah DKI Jakarta meresmikan wisata edukasi pertanian di Jalan Harsono RM, Gang Pancol, Ragunan Jakarta Selatan, yakni Agro Wisata Ragunan.
Kunjungi Royal Grand Palace dan Wat Pho saat di Thailand
Menghabiskan waktu liburan dengan berwisata ke Thailand, wajib mengunjungi Royal Grand Palace. Mengapa? Yuk simak kehebatannya!
Red Beach Panjin, Rekreasi Pantai Paling Romantis di Cina
Jika mengunjungi pantai selalu disajikan pemandangan laut berupa pesisir pantai bertabur pasir. Pernah melihat jika pasir tersebut berwarna merah?
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah