UNTUK INDONESIA

Kata Unik Bahasa Daerah Indonesia Dipakai Perusahaan Asing

Beberapa kata dalam bahasa daerah di Indonesia dengan arti yang baik dan buruk dijadikan nama perusahaan atau produk di beberapa negara di dunia
Gelo Sia (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Kontool, Silit sampai Gelo Sia. Nama-nama ini mungkin tidak terdengar aneh bagi orang asing, tapi untuk orang Indonesia malah bisa buat bingung sampai tertawa. Berikut ini beberapa kata bahasa daerah di Indonesia dengan arti tertentu yang dijadikan merek dagang atau usaha di berbagai negara di dunia.

nama1Kontool (Foto: dw.com/id)

Kontool. 'Konto' dari bahasa Jerman artinya rekening. 'Tool' dari bahasa Inggris artinya alat. Jika digabungkan jadilah 'Kontool' nama perusahaan Jerman yang memproduksi perangkat lunak untuk bidang akuntansi dan pajak. Nama ini pun menarik perhatian netizen Indonesia yang akhirnya membanjiri laman sosial media perusahaan ini. Para pendiri perusahaan ini juga ternyata senang dengan reaksi dari netizen.

nama2Silit (Foto: dw.com/id)

Silit. 'Silit' (Bahasa Jawa artinya anus) adalah nama merek serangkaian peralatan masak dari Jerman yang muncul pada tahun 1920. Panci, wajan dan alat kukus adalah beberapa produk yang mereka keluarkan. Namun, produk unggulan mereka adalah panci presto. Tujuan merek ini adalah menciptakan produk yang membuat memasak lebih mudah, menyenangkan, cepat dan berkelanjutan.

nama3Bego (Foto: dw.com/id)

Bego. Jangan kaget atau merasa tercela, tapi 'Bego' adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri dental di Jerman. Nama merek ini sudah sangat terkenal di berbagai negara di dunia dan identik dengan produk bagus berkualitas tinggi. Salah satu contoh produk dan jasa yang ditawarkan terkait dengan pencetakan gigi secara 3D.

nama4Malu (Foto: dw.com/id)

Malu. Berawal dari penjualan tas dan sepatu eksklusif merek ini kemudian ingin menjual koleksi mode dari Italia. Melalui kerja sama dengan desainer mode dan sepatu asal Italia mereka akhirnya bisa mengembangkan konsep bisnis mereka. Produk dibuat di Italia dan sampai saat ini toko mereka ada di kota Köln, Bonn dan Düsseldorf.

nama5Gelok (Foto: dw.com/id)

Gelok. Perusahaan di Ohio, Amerika ini menghasilkan produk-produk yang berkaitan dengan bahan penyerap seperti yang bisa digunakan untuk plester, pembalut dan lapisan pada kemasan daging dan buah. Selain untuk menyerap cairan, perusahaan ini juga fokus pada kemampuan produknya menghilangkan aktivitas bakteri dan bau kurang sedap yang disebabkan oleh beberapa cairan.

nama6Gelo Sia (Foto: dw.com/id)

Gelo Sia. "Kamu gila" itulah arti dari kata "gelo sia" yang berasal dari bahasa Sunda. Tapi Gelo Sia yang dimaksud di sini adalah sebuah toko es krim khas Italia yang berlokasi di Düsseldorf, Jerman. Selain menjual es krim, mereka juga menjual makanan kecil khas Italia dan berbagai makanan penutup lainnya seperti wafel dan crepes. Tidak ketinggalan, kopi khas Italia! (Dari berbagai sumber, Ed.: vv/ml)/dw.com/id. []

Berita terkait
Ajip Rosidi, Sastrawan yang Peduli Bahasa Daerah
Sastrawan Ajip Rosidi wafat, Rabu malam, 29 Juli 2020. Pemakaman Ajip dilangsungkan di Pabelan, Kabupaten Magelang, Kamis 30 Juli 2020.
0
Kata Unik Bahasa Daerah Indonesia Dipakai Perusahaan Asing
Beberapa kata dalam bahasa daerah di Indonesia dengan arti yang baik dan buruk dijadikan nama perusahaan atau produk di beberapa negara di dunia