Kasus Plagiat Video Klip Lay Exo, Young Lex Ogah Minta Maaf

Penyanyi rap kontroversial Young Lex, menyampaikan klarifikasi atas tudingan plagiarisme dalam penggarapan video klip musik lagu Raja Terakhir.
Penyanyi rap Young Lex. (Foto: Instagram/young_lex18)

Jakarta - Penyanyi rap kontroversial Young Lex, menyampaikan klarifikasi atas tudingan plagiarisme dalam penggarapan video klip musik lagu Raja Terakhir miliknya, yang diduga menjiplak konsep musik video (MV) tembang berjudul LIT dari Lay Exo.

Dalam pernyataan yang ia sampaikan melalui postingan di akun Instagram miliknya, Young Lex menolak untuk meminta maaf kepada para penggemar K-Pop atas perkara dugaan plagiarisme yang saat ini ramai dibicarakan di media sosial.

"Saya minta maaf untuk tidak minta maaf tentang video klip terbaru di Channel YouTube saya yang berjudul Raja Terakhir (The Last King) | Official Song Three Kingdoms: Hero Legendaris yang sedang ramai saat ini di sosial media atas tuduhan plagiarism," tulis Young Lex pada salah satu unggahan foto, dikutip Tagar pada Rabu, 10 Maret 2021.

Menurut pengakuannya, Young Lex tidak terlibat dalam proses kreatif penggarapan video klip lagu Raja terakhir. Ia mengatakan, pihaknya hanya bekerja sama dengan sebuah agensi dalam produksi musik video tersebut.

"Saya bekerjasama dengan agency hanya sebagai talent dan pencipta lagu. Saya tidak turut serta dalam produksi musik video tersebut sehingga terjadi dugaan kemiripan atas ornamen, kostum dan/atau beberapa scene di music video LAY yang berjudul LIT," ujar dia.

Young LexPenyanyi rap Young Lex. (Foto: Instagram/young_lex18)

Pria pemilik nama lengkap Samuel Alexander Pieter itu menuturkan, ia bakal tetap mempromosikan gim Three Kingdoms: Hero Legendaris lewat lagu tersebut, sebagai bentuk profesionalismenya dalam bekerja.

"Sebagai profesional, saya tetap bertanggung jawab mempromosikan game tersebut (Three Kingdoms: Hero Legendaris) sampai batas waktu yang ditentukan," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Young Lex yang baru saja merilis karya terbarunya berjudul Raja Terakhir, dituding menjiplak video klip lagu LIT milik Lay Exo, dalam konsep musik video (MV) untuk tembang tersebut.

Tudingan mengenai dugaan plagiarisme, dilontarkan sejumlah penggemar Lay Exo di media sosial Twitter. Tidak hanya itu, fans bintang K-Pop tersebut yang berasal dari berbagai belahan dunia juga memprotes hal yang sama melalui kolom komentar video YouTube milik Young Lex.

Belakangan, Young Lex memutuskan untuk menurunkan (take down) video berdurasi 3,5 menit tersebut dari laman YouTube miliknya. []

Berita terkait
Soal Plagiarisme Sampul Album, Pamungkas Mengaku Lalai
Penyanyi solo pria Pamungkas, akhirnya meminta maaf kepada publik menyusul tudingan sejumlah warganet atas dugaan tindak plagiarisme.
Hari Musik Nasional 2021, Iwan Fals Rilis Album Mata Dewa Versi Vinyl
Musisi senior Iwan Fals, resmi merilis album Mata Dewa dalam format vinyl alias piringan hitam, tepat pada perayaan Hari Musik Nasional 2021.
Sederet Musisi Rayakan Hari Musik Nasional 2021
Peringatan Hari Musik Nasional 2021 dirayakan sejumlah musisi melalui unggahan tematik mereka di akun media sosial Instagram.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.