UNTUK INDONESIA
Kasus MeMiles Seret Judika, Ello dan Sejumlah Artis
Kasus penipuan melalui aplikasi investasi bodong, MeMiles, menyeret sejumlah nama artis termasuk musisi Judika dan Ello.
Judika. (Foto: Instagram/jud1ka)

Jakarta - Kasus penipuan melalui aplikasi investasi bodong, MeMiles, menyeret sejumlah nama artis. Empat orang pesohor di dunia hiburan Tanah Air, yakni Eka Deli (RD), Marcello Tahitoe (MT) alias Ello, Adjie Notonegoro (AN), dan Judika (J) dipanggil pihak berwajib lantaran diduga terkait dengan bisnis ilegal beromzet miliaran rupiah itu.

Kabid Humas Polda Jawa Timur (Jatim) Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, saat ini pihaknya telah memanggil sejumlah artis tersebut untuk dimintai keterangan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Jatim.

"Kami sudah melakukan panggilan saksi beberapa nama papan atas, public figure atau artis. Ada saudara ED, MT, AN, dan J," kata Truno, keoada wartawan di Mapolda Jatim, Kamis, 9 Januari 2020.

Truno juga menjelaskan bahwa pemeriksaan dilakukan guna mencari informasi mengenai keterkaitan keempat artis tersebut dalam operasional MeMiles. Polisi juga ingin mengetahui lebih lanjut perihal dugaan adanya imbalan yang diberikan pihak investasi bodong tersebut kepada mereka.

Ia juga mengatakan bahwa pemanggilan terhadap para artis tidak dilakukan secara bersamaan. Masing-masing dijadwalkan datang dengan waktu terpisah yakni Eka Deli dijadwalkan Senin, 13 Januari 2020, Marcello Tahitoe dijadwalkan Selasa (14/1), Sedangkan Adjie Notonegoro dan Judika dijadwalkan Rabu (22/1).

"Keterangan didapat setelah proses pengambilan keterangan para saksi ini. Apakah, reward-nya seperti apa? dan bagaimana sistemnya?," kata Truno.

"Panggilannya tidak bersamaan. Tapi penyidik akan menyampaikan proses ini," ujar dia.

Polda JatimDirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan. (Foto: Tagar/Haris D Susanto)

Diberitakan sebelumnya, Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Gidion Arif Setyawan menyebut kasus investasi bodong bernama MeMiles akan menjerat puluhan artis karena turut mempromosikan bisnis ilegal tersebut.

Sebelumnya, Gidion telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap sejumlah artis seperti Judika, Marcello Tahitoe atau Ello hingga Siti Badriah terkait kasus investasi bodong tersebut.

Namun, hingga kini belum ada satu pun yang berani datang untuk memberikan statmen kepada pihak kepolisian.

Baca juga: Puluhan Artis Turut Promosikan Investasi Ilegal

Meski untuk sementara masih empat nama artis yang akan dipanggil. Tapi, Gidion memprediksi masih ada banyak lagi yang turut terlibat, namun pihaknya masih belum menyebut nama-nama artis tersebut.

"Kalau public figure kalau jumlah detail kita belum bisa datakan. Tapi ada puluhan ini artis, bisa artis bisa yang dikenal oleh publik sebagai figur," kata Gidion, Rabu 8 Januari 2020. []

Berita terkait
Jual Senjata Ilegal Anak Ayu Azhari Ditangkap Polisi
Anak artis peran Ayu Azhari, Axel Djody Gondokusumo, ditangkap polisi dengan dugaan terlibat dalam kasus kepemilikan senjata api (senpi) ilegal.
Kena Narkoba, Ayu Sebut Ibra Azhari Perlu Di-reset
Artis peran Ayu Azhari menilai pola pikir Ibra Azhari perlu di-reset agar mau berubah dan berhenti menggunakan narkoba.
Bebas dari Penjara, Ridho Rhoma: Assalamualaikum
Penyanyi dangdut Ridho Rhoma mengucapkan salam sesuai bebas dari penjara pada hari ini, Rabu, 8 Januari 2020.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.