UNTUK INDONESIA
Karena Virus Corona Museum Gedung Sate Akan Ditutup
Pasca ditetapkan Jabar Siaga 1 COVID-19 Museum Gedung Sate berencana bakal ditutup, tapi menunggu dulu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Saat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberikan sambutan di depan Gedung Sate, Bandung. (Foto: Tagar/Humas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat).

Bandung - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berencana akan menutup sementara Museum Gedung Sate. Rencana ini mengemuka pasca Jawa Barat dinyatakan Siaga 1 COVID-19.

Menurut Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jawa Barat, Iip Hidayat, rencana penutupan Museum gedung ini akan dikoordinasikan lebih dulu dengan pimpinan (Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil).

"Jadi belum ditutup. Kami mau melapor hari ini jam 13.00 ada rapat dengan gubernur. Cuma, kami menyiapkan langkah antisipatif kemungkinan ditutup. Karena apa? Pengunjung kesana tidak hanya dari dalam negeri, tetapi luar negeri juga banyak," kata Iip, Bandung, Selasa, 3 Maret 2020.

Kalaupun Museum Gedung Sate ini tetap dibuka lanjut Iip menjelaskan, pihaknya akan melakukan sejumlah langkah antisipatif. Mulai dari memasang cairan pencuci tangan (hand sanitizer) sampai memeriksa suhu badan pengunjung yang datang.

"Kalau pun dibuka, tentunya kita selektif. Artinya, yang agak sakit harus dicek. Yang sehat juga SOP-nya cuci tangan, dan dideteksi suhu badannya. Baru bisa masuk," ucapnya.

Selain berencana menutup sementara museum, Biro Umum Setda Provinsi Jawa Barat pun akan lebih proaktif untuk mencegah COVID-19 ini menyebar. Seperti, bakal memasang hand sanitizer di pintu-pintu masuk-keluar Gedung Sate, Gedung Pakuan, Gedung Merdeka, Saparua, rumah dinas-rumah dinas dan semua tempat yang dikelola Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat.

Langkah antisipatif yang lainnya yakni, khusus di Gedung Sate, mengingat ada poliklinik dan dokter. Mungkin sewaktu-waktu akan keliling untuk memantau kalau-kalau ada memiliki gejala COVID-19. "Karena yang berkantor di Gedung Sate itu sekitar 1.000 orang. Dari PNS, Non-PNS, pihak keamanan, dan tamu," imbuhnya," ujarnya. [] 

Berita terkait
Ridwan Kamil Tetapkan Jawa Barat Siaga1 Virus Corona
Dua warga Depok positif COVID-19, Gubernur Jabar Ridwan Kamil nyatakan Jabar Siaga 1 COVID-19, instruksikan seluruh RS dan kepala daerah siaga
0
Film Dokumenter BTS, Break The Silence Siap Dirilis
BTS akan kembali menyapa penggemar lewat karya dokumenter bertajuk "Break The Silence" yang akan diluncurkan Bulan Mei mendatang.