Karakter Ganjar Pranowo Sebagai Kandidat Pilihan Capres 2024

Kesuksesan Ganjar Pranowo dalam mengemban tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah membuat namanya semakin naik bahkan disebut sebagai calon presiden.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Tagar/JPNN)

Jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sering disebut-sebut sebagai kandidat yang berpotensial dalam pemilihan presiden 2024. Kesuksesannya dalam mengemban tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah membuat namanya semakin naik, dan digadang-gadang pantas sebagai kandidat calon presiden 2024.

Wasisto Raharjo Jati seorang pakar politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mencoba menjelaskan karakter politik Ganjar Pranowo berdasarkan tanggal lahirnya. Ganjar Pranowo lahir pada tanggal 28 Oktober 1968, berdasarkan dari tanggal kelahiran ini karakter politik Ganjar yaitu memiliki pembawaan yang menarik, dan mudah mendapatkan simpati. 


Paradigma ini yang membawa karakter kepemimpinan Ganjar cenderung mengutamakan perbaikan-perbaikan kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup.


 

“Namun disisi sebaliknya beliau memiliki karakter yang terburu-buru jika ingin mendapatkan sesuatu, hal ini diimbangi nya dengan hati beliau yang agak penyabar," ujar Wasisto saat wawancara, Rabu, 9 Juni 2021, dikutip Sabtu, 12 Juni 2021.

Dalam pandanganya, Ganjar merupakan sosok yang dinilai memiliki kemampuan dalam mengontrol dirinya walaupun memiliki keinginan yang menggebu-gebu. Ganjar sangat disukai oleh masyarakat karena kinerjanya selama mengemban amanah, ia menempatkan dirinya sebagai pelayan yang mengabdi pada masyarakat. Ganjar sendiri diberi julukan sebagai „Lurah anyare wong Jateng.

“Paradigma ini yang membawa karakter kepemimpinan beliau cenderung mengutamakan perbaikan-perbaikan kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup. Terutama peningkatan pada kualitas pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya,” ujar Wasisto.

Menurut Wasisto, peluang dan tantangan Ganjar Pranowo menuju tahun 2024 adalah bagaimana Ganjar bisa mendapatkan suara hati dari internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDIP. 

Ia menyampaikan jika dibandingkan dengan kiprahnya Jokowi ketika dulu mendapatkan tiket nominasi di PDIP, saat itu Jokowi tidak terlalu memperlihatkan diri sebagai figure yang memiliki keinginan lebih pada politik. 

“Namun seperti yang kita ketahui pak Jokowi telah memiliki backupnya seperti pak Luhut yang sudah menjadi teman dekat beliau di bidang bisnis," ujar Wasisto.

Wasisto juga mengatakan bahwa agar dapat lolos sebagai kandidat Capres 2024, Ganjar perlu memiliki figur orang kuat yang lain untuk bisa meyakinkan internal partai agar bisa setuju menaikkan namanya sebagai kandidat Capres 2024. 

Menurutnya kemungkinan bisa saja Jokowi membantu Ganjar dalam internal partai untuk naik sebagai kandidat Capres 2024. Seperti yang kita ketahui saat nominasi Gibran Rakabuming Raka juga ada peran Ganjar dalam meyakinkan internal PDIP.

“Namun kita belum mengetahui seberapa dekat hubungan Ganjar Pranowo dengan Presiden Jokowi dalam konteks ini. Karena selama ini yang kita ketahui hubungannya hanya sebatas Presiden dan Kepala Daerah saja, apakah ada kedekatan diluar konteks politik atau tidak," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa seringkali pendekatan informal atau relasi informal diluar kepemimpinanlah yang mampu mempengaruhi dukungan untuk mendapatkan nominasi. []

Berita terkait
Ganjar Pranowo Pantau Langsung Sentra Vaksinasi Gradhika
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau langsung Sentra Vaksinasi Gradhika yang dibuka mulai Selasa, 8 Juni hingga akhir Desember 2021.
Ganjar Pranowo Buat Lomba Pidato Gaya Bung Karno
Ganjar Pranowo membuat lomba pidato gaya Bung Karno dengan tema, Cara Kami Mencintai Indonesia.
Kisah Ganjar Pranowo Bantu Istri Ajudan Bung Karno
Berikut kisah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membantu istri ajudan Bung Karno, Elizabeth Koesno melunasi rumah kontrakannya.
0
Karakter Ganjar Pranowo Sebagai Kandidat Pilihan Capres 2024
Kesuksesan Ganjar Pranowo dalam mengemban tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah membuat namanya semakin naik bahkan disebut sebagai calon presiden.