UNTUK INDONESIA
Kali Pertama, Barcelona Tanpa Messi di Laga Pembuka
Barcelona tak diperkuat Lionel Messi di laga perdana La Liga Spanyol. Barca lawan tuan rumah Athletic Bilbao, Sabtu 17 Agustus 2019 dini hari WIB.
Barcelona untuk kali pertama selama 10 musim terakhir tak diperkuat Lionel Messi (kiri) di laga perdana La Liga Spanyol. Barca melawan tuan rumah Athletic Bilbao, Sabtu 17 Agustus 2019 dini hari WIB. (Foto: barcablaugranes.com)

Jakarta - Barcelona, untuk kali pertama, tanpa sang bintang Lionel Messi saat melakoni laga perdana La Liga Spanyol. Dalam duel pembuka kompetisi, Barca yang berstatus juara bertahan, menghadapi tuan rumah Athletic Bilbao  di Stadion San Mames, Sabtu 17 Agustus 2019 dini hari WIB. 

Messi terpaksa absen karena masih dalam pemulihan dari cedera kaki kanan yang dialaminya. Ini untuk kali pertama selama 10 musim Barca bermain tanpa Messi di laga perdana. 

Sebelumnya, Barca tanpa kapten Argentina itu pada musim 2009. Pelatih Pep Guardiola saat itu mengizinkan Messi menjalani pemulihan dari cedera engkel. Pasalnya, lima hari kemudian Messi ingin memperkuat Argentina menghadapi Brasil. 

Kami tak ingin mengambil resiko. Apalagi Messi belum pernah berlatih bersama tim. Kami lebih baik menunggu dia benar-benar pulih. Yang jelas proses pemulihannya sudah berjalan dengan baik

Tanpa Messi, Guardiola menurunkan trisula Bojan Krkic, Pedro and Zlatan Ibrahimovic saat menjamu Sporting Gijon. Hasilnya, Barca menang 3-0. 

Rekor pemain berusia 32 ini sangat ciamik di laga pembuka Barca. Dirinya mencetak 14 gol di tujuh pertandingan selama 10 musim terakhir. 

Kini, pelatih Ernesto Valverde memilih tidak membawa Messi saat laga tandang meski proses pemulihannya sudah hampir selesai. Valverde tak ingin mengambil resiko karena Barca sudah memiliki Antoine Griezmann yang bisa menggantikannya. 

"Kami tak ingin mengambil resiko. Apalagi Messi belum pernah berlatih bersama tim. Kami lebih baik menunggu dia benar-benar pulih. Yang jelas proses pemulihannya sudah berjalan dengan baik," kata Valverde. 

Menurut Valverde, Barca sudah menunjukkan kesiapannya di laga perdana. Di lini depan, Griezmann akan bahu-membahu bersama Luis Suarez dan Ousmane Dembele. Ketiganya sudah bermain bersama di laga uji coba. 

Hanya Valverde mengakui Athletic bukan lawan mudah bagi Blaugrana. Tuan rumah pun menunjukkan kesiapannya selama pramusim. 

"Mereka menjalani pramusim dengan hasil memuaskan. Mereka bermain dengan tekanan tinggi. Ini membuat kami harus hati-hati. Kami berharap bisa mengawali kompetisi dengan hasil maksimal dan upaya meraih trofi La Liga tiga kali berturut-turut," ucap eks pelatih Athletic ini. []

Berita terkait
Barcelona Tanpa Messi Lawan Athletic Bilbao
Barcelona terpaksa tidak diperkuat Lionel Messi di laga perdana La Liga Spanyol melawan Athletic Bilbao, Sabtu 17 Agustus 2019.
Barcelona Terancam Tak Bisa Mainkan Griezmann
Barcelona terancam tak bisa memainkan Antoine Griezmann di La Liga Spanyol bila pendaftaran pemain itu diblokir La Liga.
Griezmann Resmi Gabung, Barcelona Bakal Beringas
Barcelona akhirnya berhasil merekrut striker Atletico Madrid Antoine Griezmann setelah menyelesaikan klausul pelepasannya.
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.