Indonesia
Griezmann Resmi Gabung, Barcelona Bakal Beringas
Barcelona akhirnya berhasil merekrut striker Atletico Madrid Antoine Griezmann setelah menyelesaikan klausul pelepasannya.
Barcelona akhirnya berhasil merekrut striker Atletico Madrid Antoine Griezmann setelah menyelesaikan klausul pelepasannya. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Saga striker Atletico Madrid Antonie Griezmann berakhir sudah. Barcelona resmi merekrut penyerang asal Prancis ini setelah menyelesaikan klausul pelepasannya sebesar 120 juta euro atau Rp 1,8 triliun. 

Bergabung dengan Barca sekaligus mengakhiri spekulasi masa depan Griezmann setelah mengumumkan keluar dari Atletico. Meski pemain tersebut sudah menyatakan keluar, namun Barca tak langsung merekrutnya karena belum melupakan perilaku Griezmann di musim lalu. 

Saat itu, Griezmann sudah menyetujui bergabung dengan Blaugrana. Namun di saat-saat terakhir, dia memutuskan bertahan di Atletico. Gara-garanya, UEFA mengumumkan final Liga Champions 2019 digelar di kandang Los Rojiblancos di Wanda Metropolitano. Dia ingin membawa Atletico tampil di final Champions di kandang sendiri. 

Dia pun memperbarui kontraknya di Atletico dan membuat dokumenter, The Decision. Nilai klausulnya pun naik menjadi 200 juta euro. Hanya, harapan Griezmann tampil di laga final Liga Champions pupus karena Atletico hanya bertahan sampai 16 Besar setelah disingkirkan Juventus

Ulah Griezmann memang mengecewakan Barca. Namun Azulgrana tetap menunjukkan ketertarikan pada striker yang membawa Prancis menjadi juara dunia 2018 ini. Pasalnya, pelatih Ernesto Valverde yang menginginkan pemain itu untuk menambah daya gedor lini depan Barca. 

Dengan skema 4-3-3, Ernesto hanya bisa mengandalkan Lionel Messi dan Luiz Suarez. Sedangkan Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele tak memenuhi ekspetasi. Valverde berharap kedatangan Griezmann bisa mempertajam lini depan Barca. Dengan ketajaman yang tak diragukan, lini depan raksasa La Liga Spanyol ini memang bakal kian beringas. 

Barca akhirnya merajut kembali rencana perekrutan Griezmann. Hanya, Barca memilih menunggu klausul Griezmann turun karena mereka menolak membayar 200 juta euro. 

Saat nilai klausul pemain turun menjadi 120 juta euro, Barca memilih melakukan negosiasi dengan Atletico. Namun Atletico menolak dan meminta Barca menyelesaikan klausul pemain itu. 

Macetnya negosiasi segera memunculkan rumor bila Griezmann juga diminati Paris Saint-Germain dan Manchester United. Griezmann akan dibawa pulang PSG ke Prancis bila klub itu ditinggalkan Neymar

Namun eks pemain Real Sociedad ini bergabung dengan Barca dan mendapat kontrak lima tahun. Dengan demikian, kontrak penyerang berusia 28 ini baru akan berakhir pada 2024. Barca pun mengikat Griezmann dengan klausul pelepasan sebesar 800 juta euro atau Rp 12 triliun. 

Dari transfer Griezmann, Sociedad yang mendapat untung besar. Pasalnya, klub itu kecipratan 20  persen alias 24 juta euro (Rp 377 miliar) dari penjualan Griezmann ke Atletico pada 2014. 

Barca juga tidak akan memperkenalkan pemain baru itu di hadapan publik mengingat suporter masih kecewa dengan sikap Griezmann. Suporter akan langsung menyaksikan penampilan pemain baru di laga melawan Arsenal, 4 Agustus 2019. 

Baca juga:

Berita terkait
0
Tewas Sebelum Skripsi, Orang Tua Gantikan Anaknya Wisuda di UNS Solo
Dwi Yan Merbaningrum tak kuasa menahan tangis saat menerima ijazah anaknya Irza Laila Nur Trisna saat upacara wisuda UNS Solo.