UNTUK INDONESIA
Kalahkan Lazio, Ronaldo Dekatkan Juve Raih Scudetto
Juventus kembali ke trek juara setelah menang atas Lazio lewat 2 gol Cristiano Ronaldo. Hasil itu kian dekatkan Juve dengan Scudetto.
Bintang Juventus Cristiano Ronaldo membawa tim menang 2-0 atas Lazio di pertandingan Serie A Italia di Stadion Allianz, Selasa, 2 Juili 2020 dini hari WIB. Tampak Ronaldo merayakan gol yang dicetaknya di laga itu. (Foto: juventus.com)

Jakarta - Juventus kembali ke trek juara. Kemenangan 2-1 atas Lazio lewat gol Cristiano Ronaldo di pertandingan Serie A Italia di Stadion Allianz, Selasa, 21 Juli 2020 dini hari WIB, menjadikan Juve menjauh dari para rivalnya. Juve pun kian dekat dengan Scudetto

Juve belum pasti mempertahankan gelar juara liga. Kompetisi masih menyisakan 4 pertandingan lagi dan apa pun masih bisa berubah karena Inter Milan, Atalanta, dan Lazio sendiri tetap berpeluang menggoyang posisi La Vecchia Signora di puncak klasemen. 

Namun kemenangan atas Lazio menjadikan Juve kian dekat dengan Scudetto. Pasalnya tambahan tripoin ini menjadikan Juve mengantongi poin 80. 

Harus diakui semua pertandingan kian sulit. Selama 6 hari, kami harus bermain 3 kali. Kami harus fokus untuk meraih kembali poin yang hilang

Mereka melebarkan jarak menjadi 8 poin dengan Inter yang bertengger di peringkat 2. Sedangkan Atalanta yang berada di posisi 3 memiliki poin 71. 

Sebaliknya kekalahan itu bagi Lazio kian menyulitkan mereka untuk mengejar ketinggalan poin Juve. Lazio memang masih bertahan di peringkat 4 atau zona Liga Champions. Namun I Biancoceleste hanya memiliki poin 69. 

Bagi Lazio, ini merupakan kekalahan ke-4 dari 5 pertandingan terakhir. Sedangkan 1 laga berakhir imbang 0-0 saat melawan Udinese. Raihan itu menjadikan Lazio yang sebelumnya sempat membayangi Juve pada akhirnya keteteran untuk bersaing memperebutkan titel liga. 

Meski kalah, pelatih Simone Inzaghi tak kecewa karena tim menunjukkan penampilan bagus. Mereka bermain dengan karakter yang mengesankan dan tetap berusaha mengejar ketinggalan. Namun usaha mereka hanya membuahkan 1 gol.

"Pemain pantas mendapat pujian. Kami menunjukkan karakter yang luar biasa. Kami menghadapi problem sejak lockdown, namun mereka bermain impresif dan sangat bagus saat datang ke sini," kata Inzaghi seperti dikutip Sky Sport Italia.

"Kami hanya kurang beruntung. Tendangan Ciro Immobile mengenai mistar gawang. Lalu kami kebobolan lewat tendangan bebas dan karena handball," ucapnya. 

Sementara, pelatih Maurizio Sarri juga tak kalah puas karena Juve mengakhiri catatan buruk dengan meraih kemenangan. Sebelumnya, Juve 2 kali bermain imbang dan sekali kalah di 3 laga terakhir. Namun mereka akhirnya mampu bangkit dengan mengalahkan salah satu tim terkuat di Liga Italia. 

Juventus vs LazioStriker Juventus Paulo Dybala (tengah) dikepung 2 pemain Lazio di pertandingan Serie A Italia di Stadio Allianz, Selasa, 2 Juili 2020 dini hari WIB. Juve menang 2-0 atas Lazio yang membuka peluang meraih Scudetto. (Foto: juventus.com)

 "Kami kehilangan 4 poin. Setelah meraih kemenangan, kini kami bisa berpikir tentang target yang hendak diraih," kata Sarri seperti dikutip laman klub. 

"Harus diakui semua pertandingan kian sulit. Selama 6 hari, kami harus bermain 3 kali. Kami harus fokus untuk meraih kembali poin yang hilang," ucapnya. 

Juve Hadapi Tekanan Sejak Menit Pertama

Tampil di kandang sendiri, Juve dipaksa bekerja keras menghadapi permainan impresif Lazio. Bahkan bek Leonardo Bonucci sudah harus menghadapi serangan lawan yang dibangun Immobile dan Felipe Caicedo. 

Namun Juve yang bermain ofensif juga memiliki peluang untuk mencetak gol. Sundulan Alex Sandro yang masih membentur tiang gawang mengawali serangan I Bianconeri. Selanjutnya, upaya striker Paulo Dybala dan Danilo masih gagal. 

Immobile kembali mengancam pertahanan tuan rumah. Sayangnya sepakan striker tim nasional Italia ini masih membentur tiang gawang. Padahal kiper Wojciech Szczesny sudah gagal mengantisipasinya. 

Tidak ada gol yang tercipta selama babak pertama. Namun situasi berubah dengan cepat saat memasuki 45 menit yang ke-2. 

Juara Liga Champions 2 kali ini akhirnya memecah kebuntuan saat Ronaldo mencetak gol dari titik penalti di menit 51. Penalti diberikan setelah tangan Bastos dinyatakan menyentuh bola di daerah terlarang saat menghadang sepakan kapten timnas Portugal itu. 

Wasit Danilo Orsato semula menghadiahkan tendangan bebas karena mengira insiden terjadi di luar kotak penalti. Namun setelah meninjau lewat VAR, Bastos ternyata berada di kotak penalti sehingga wasit mengubah keputusannya.

Juve mendapat hadiah penalti dan eksekusi itu dituntaskan dengan baik oleh Ronaldo. Meski sempat mengenai tangan kiper Thomas Strakosha, bola tetap meluncur ke gawang.

Juve tak butuh waktu lama untuk memperbesar keunggulan. Ronaldo mencetak gol ke-2 yang mengantarkannya sebagai top scorer dengan menggeser Immobile di menit 54. 

Gol berawal dari aksi Dybala yang merebut bola penguasaan Luiz Felipe. Striker timnas Argentina ini kemudian menyodorkan bola kepada Ronaldo yang menuntaskannya menjadi gol. 

 Baca juga: 

Rombak Skuat, Juventus Bakal Jual 6 Pemain

Inter Vs Torino, Geser Lazio dan Ancam Juventus

Lazio hanya bisa memperkecil kekalahan setelah mendapat penalti yang dituntaskan Immobile di menit 83. Penalti diberikan setelah Bonucci melakukan pelanggaran terhadap striker berusia 30 itu. 

Immobile menyelesaikan tugas dengan baik sehingga dia mengemas 30 gol musim ini. Dia juga merebut kembali posisi top scorer yang beberapa menit sebelumnya direbut Ronaldo. 

Juve mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1. Mereka pun menuntaskan dendam karena pada pertemuan pertama di Olimpico kalah 3-1. []

Berita terkait
Juventus Vs Lazio, Susunan Pemain dan Prediksi
Juventus mendapat kesempatan meninggalkan para pesaing bila mengalahkan Lazio. Ini jadi momen bangkitnya Juve setelah 3 kali tak pernah menang.
Juventus Ditahan Sassuolo, 3 Laga Tanpa Kemenangan
Juventus kembali memetik hasil tak memuaskan setelah ditahan Sassuolo di Serie A Italia. Ini untuk kali ke-3 Juve gagal menang di liga.
Lazio Terpuruk, Inzaghi Salahkan Jadwal Padat
Lazio sempat membayangi Juventus namun mereka kemudian terpuruk. Pelatih Simone Inzaghi salahkan jadwal padat liga saat kembali digulrkan.
0
Kalahkan Lazio, Ronaldo Dekatkan Juve Raih Scudetto
Juventus kembali ke trek juara setelah menang atas Lazio lewat 2 gol Cristiano Ronaldo. Hasil itu kian dekatkan Juve dengan Scudetto.