Jakarta - Dalam rangka mendukung peningkatan ekspor nasional di masa pandemi Covid-19, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) menggelar lokakarya bertajuk tema 'Workshop Jasa Digital Marketing untuk Ekspor,' di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Rabu, 8 Desember 2021.
Kegiatan guna memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha, tentang teknik pemasaran prodak ini, dihadiri dari puluhan pelaku usaha kecil menengah (UKM) Samarinda dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Balikpapan dan Samarinda.
Lokakarya yang menghadirkan Jeff Kristianto dari Program Manager Business dan Eksport Development Organization, Owner Stranough Guitar Moh Satrianugraha dan Owner Kunangkunangku Yvone Patty sebagai narasumber, ini dibuka secara langsung oleh Direktur Kerjasama Pengembangan Ekpor Kementerian Perdagangan RI Marolop Nainggolan.
Kita ingin menyiapkan anak muda untuk membantu para UKM yang ada untuk ekspor atau anak mudanya sendiri yang mau ekspor langsung itu lebih baik lagi.
Dalam sambutannya, pria yang kerap di sapa Marolop ini mengatakan, forum ini sangat bermanfaat dan perlu diberikan perhatian penuh sehingga materi-materi yang disampaikan oleh narasumber dapat dijalankan.
"Di samping sebagai mempersiapkan anak muda membantu UKM untuk ekspor, kiranya dapat menjadi salah satu upaya dalam pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.
- Baca Juga: GMKI Tiakur Harap Presiden Jokowi Dapat Hadir Natal Nasional
- Baca Juga: Hadir di Konas Perempuan GMKI, Gubernur NTT: Membangun Negara Maju, Kuncinya Ada di Perempuan
Sementara itu Jeff Kristianto mengaku, jika saat ini banyak UKM yang kesulitan dalam membuat website, profile, dan konten iklan yang dapat menarik pasar nasional, oleh karena itu setelah dilakukannya workshop ini petani, UKM dan generasi z bisa saling support dan bahu membahu.
"Kita ingin menyiapkan anak muda untuk membantu para UKM yang ada untuk ekspor, atau anak mudanya sendiri yang mau ekspor langsung, itu lebih baik lagi," katanya.
"Setelah ini kita akan kupas lagi di beberapa kota lain, dan menjaring teman-teman yang mampu mengerjakan tugas dengan hasil yang berkualitas, untuk ikut ke periode kedua di tahun depan guna diberikan pemahaman yang dalam lagi," ujarnya
Di sisi lain, Koordinator Wilayah IV GMKI Velya Galyani mengucapkan terima kasih kepada Kemendag RI atas kepercayaan yang diberikan kepada GMKI Kalimantan Timur (Kaltim) dalam pelaksanaan Workshop Digital Marketing Ekspor ini.
- Baca Juga: Tiga Pesan dan Harapan GMKI untuk Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI
- Baca Juga: Erick Thohir Diduga Ikut Bisnis PCR, GMKI: Harus Bertanggungjawab, Atau Rakyat Bertindak!
Mengangkat tagline 'Kader GMKI - siap Go Ekspor' Velya menilai bahwa digital marketer ekspor merupakan salah satu opsi profesi alternatif bagi kader-kader GMKI Kaltim yang ingin terjun di bidang wirausaha.
Ia pun berharap melalui kesempatan wadah pelatihan ini, dapat memberikan kebermanfaatan bagi kader-kader GMKI dalam menumbuhkembangkan potensi wirausaha menuju SDM Kaltim yang unggul dan berkualitas. []