Kabar Baik: Positivity Rate Menurun dari Sebelumnya

Juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan positivity rate di Jawa dan Bali sudah mengalami penurunan meskipun angkanya masih tinggi.
Ilustrasi - Penanganan Covid-19. (Foto: Tagar/Shutterstcok)

Jakarta - Pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali untuk menurunkan angka penularan virus corona. Juru bicara Kemenkes  Siti Nadia Tarmizi mengatakan positivity rate di Jawa dan Bali sudah mengalami penurunan meskipun angkanya masih tinggi.

Positivity rate Jawa-Bali juga masih tinggi yaitu 19,9 persen, walaupun positivity rate ini telah menurun dari hari sebelumnya sebesar 24,7 persen," ujar Nadia dalam konferensi pers virtual, Rabu, 7 Juli 2021.

Sementara itu, untuk mengejar target vaksinasi Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan mobil vaksin keliling untuk mempercepat vaksinasi. Mobil ini akan mendatangi lokasi warga yang tak bisa datang ke tempat vaksinasi yang telah disediakan.


Jadi kami yakin target yang sudah ditetapkan Bapak Presiden di akhir Agustus sebanyak 7,5 juta akan bisa tercapai lebih awal.


Ada 16 mobil vaksin keliling yang disiapkan. Kendaraan itu merupakan hasil kolaborasi. Bukan hanya unit mobilnya, tapi juga tenaga vaksinator hasil kolaborasi.

"Ini adalah kolaborasi dari seluruh unsur, 3 dari Polda, 3 dari Kodam, 2 mobil dari Kemendikbud, 5 dari DKI, dan 3 dari PT Magenta Mediatama. Ini kolaborasi dengan Aprindo, Apindo, Hipindo, Kadin, dan tenaga-tenaganya juga merupakan tenaga relawan yang bersama-sama disumbangkan dari institusi-institusi ini," ujar Anies, di kawasan Senen, Jakarta, Rabu, 7 Juli 2021.

Demi menekan penularan, Pemprov DKI terus menggencarkan vaksinasi demi mencapai target yang ditetapkan Presiden Jokowi sebanyak 7,5 juta warga pada akhir Agustus. Anies optimistis target itu bisa tercapai sebelum akhir Agustus. Sebab saat ini ada 4,9 juta warga yang telah divaksin.

“Jadi kami yakin target yang sudah ditetapkan Bapak Presiden di akhir Agustus sebanyak 7,5 juta akan bisa tercapai lebih awal. Itu saja kita bersyukur,” ucapnya.

Mobil vaksin keliling dapat melakukan vaksinasi untuk semua usia mulai dari 12 tahun. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa tidak ada kuota pada pelaksanaan vaksin keliling dan dapat diajukan melalui aplikasi JAKI.

“Tidak ada kuota. Karena sifatnya mobile. Maka ia mendatangi kampung-kampung. kompleks-kompleks, dan kalau mau mengajukan bisa kontak DKI lewat aplikasi JAKI nanti daerahnya bisa kita datangi,” ujar Anies saat kunjungannya ke Stasiun Senen, Rabu, 7 Juli 2021.

Total orang yang sudah menerima vaksin Covid-19 di Jakarta mencapai 5 juta orang hari ini, Rabu, 7 Juli 2021. Capaian vaksinasi itu tercatat untuk suntikan dosis pertama. []



Berita terkait
Sentra Vaksinasi NasDem Targetkan Vaksinasi 1 Juta Penduduk
Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengatakan melalui program sentra vaksinasi NasDem peduli dapat melakukan vaksinasi 1 Juta penduduk.
Pemeriksaan Sertifikat Vaksinasi dan Tes Digital Penerbangan Jakarta – Bali
Penerbangan Jakarta - Bali dan sebaliknya jadi pilot project pemeriksaan sertifikat vaksinasi Covid-19 dan hasil tes PCR digital
Panglima-Kapolri Sidak Vaksinasi di JIExpo Semangati Nakes
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyaksikan langsung antrian panjang ratusan warga masyarakat yang antusias akan melaksanakan vaksinasi.
0
Kabar Baik: Positivity Rate Menurun dari Sebelumnya
Juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan positivity rate di Jawa dan Bali sudah mengalami penurunan meskipun angkanya masih tinggi.