UNTUK INDONESIA
Juventus Vs Parma, Ronaldo Bawa Tim Kukuh di Puncak
Juventus melebarkan jarak poin dengan Inter Milan dan mengukuhkan posisi di puncak klasemen setelah menaklukkan Parma 2-1 di Serie A Italia.
Juventus menaklukkan Parma 2-1 yang mengukuhkan posisinya di puncak klasemen Serie A Italia di Stadion Allianz, Senin 20 Januari 2020 dini hari WIB. Tampak bintang JUve Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan gol yang dicetaknya di laga itu. (Foto: juventus.com)

Jakarta - Juventus akhirnya melebarkan jarak poin dengan Inter Milan setelah menaklukkan Parma 2-1 di pertandingan Serie A Italia di Stadion Allianz, Senin 20 Januari 2020 dini hari WIB. Kemenangan Juve tidak terlepas dari kegemilangan Cristiano Ronaldo yang memborong dua gol sekaligus mengukuhkan posisi tim di puncak klasemen. 

Juve secara perlahan meninggalkan Inter Milan yang menjadi rival terberat dalam perebutan posisi puncak klasemen. Kegagalan Inter pada dua laga terakhir, termasuk ditahan Lecce 1-1, beberapa jam sebelumnya dimanfaatkan dengan baik oleh Juve. 

Inter sendiri mulai goyah. Sebaliknya Juve justru menunjukkan konsistensinya. Kemenangan atas Parma menjadikan I Bianconeri meraih poin 51. Disusul Inter yang memiliki poin 47. Keunggulan empat poin di kompetisi yang sangat ketat ini jelas memberi keuntungan besar bagi Juve. 

Harus diakui ini pertandingan yang berat. Organisasi permainan Parma sangat bagus dan mereka sulit dikalahkan

Di pertandingan itu, Ronaldo kembali menunjukkan ketajamannya. Kini, eks bintang Real Madrid ini telah mengoleksi 11 gol sekaligus mengantarkannya menduduki peringkat dua top scorer Serie A di bawah striker Lazio Ciro Immobile yang sudah mengoleksi 23 gol. 

Ini juga merupakan gol ke-432 Ronaldo selama bermain di liga top Eropa. Rekor itu kemudian disamai bintang Barcelona sekaligus rival individunya, Lionel Messi, saat membawa tim menang 1-0 atas Granada di La Liga Spanyol. 

Menanggapi kemenangan timnya Ronaldo mengaku tak mudah mengalahkan Parma. Setelah unggul menjelang akhir babak pertama, Parma pun berhasil menyamakan kedudukan. Namun dia menuturkan bila tim berusaha memanfaatkan sepenuhnya kegagalan Inter dengan memenangkan laga tersebut. 

"Ini kemenangan yang sangat penting. Kami tahu Inter bermain imbang dan Lazio berhasil memenangkan pertandingan. Jadi kemenangan ini memberi keuntungan besar bagi kami," kata Ronaldo seperti dikutip Football Italia

"Harus diakui ini pertandingan yang berat. Organisasi permainan Parma sangat bagus dan mereka sulit dikalahkan. Namun kami berjuang keras untuk meraih kemenangan," ujarnya. 

Juve Dipaksa Kerja Keras Lawan Parma

Ronaldo dkk memang harus bekerja keras menghadapi Parma. Di laga tersebut juga menjadi momen khusus bagi gelandang Parma Dejan Kulusevski yang baru saja menandatangani kontrak dengan Juve di akhir bulan lalu. 

Pemain asal Swedia ini direkrut dari Atalanta tetapi berstatus pinjaman di Parma. Dirinya juga tetap membela Parma sampai akhir musim ini sebelum bergabung dengan Juve. 

Juve yang tampil di kandang sendiri mengambil inisiatif menyerang. Di menit-menit awal, Ronaldo dua kali menguji kiper Parma Luigi Sepe. Upaya yang kedua hanya membuahkan sepak pojok. 

Setelah melakukan serangan bergelombang ke gawang Parma, tuan rumah akhirnya mencetak gol di menit 43. Gol dari CR7 berawal dari aksi eks pemain Manchester United ini yang melakukan penetrasi di sisi kanan pertahanan Parma. 

Dia kemudian melepaskan tendangan kaki kanan yang sempat mengenai bek Matteo Darmian. Bola pun sedikit berbelok arah dan itu sudah mengecoh kiper Sepe. 

Juventus vs ParmaKapten Juventus Leonardo Bonucci menyundul bola saat melakukan duel udara di pertandingan melawan Parma di kompetisi Serie A Italia di Stadion Allianz, Senin 20 Januari 2020 dini hari WIB. Juve menang 2-1 sehingga berhasil melebarkan jarak poin dengan Inter Milan. (Foto: juventus.com)

Juve sesungguhnya berpeluang memperbesar keunggulan menjelang akhir babak pertama. Hanya tendangan gelandang Aaron Ramsey yang memanfaatkan umpan dari Ronaldo membentur tipis tiang dan bola bergulir di sisi kiri gawang. Skor 1-0 untuk Juve bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, La Vecchia Signora dikejutkan gol Parma yang berhasil menyamakan kedudukan. Gol tim tamu dihasilkan Andreas Cornelius di menit 55. 

Gol itu kian mengukuhkan Cornelius sebagai supersub. Diturunkan sebagai pemain pengganti, dirinya kerap mencetak gol bagi tim. Di laga tersebut Cornelius masuk di menit 44 menggantikan Roberto Inglese yang cedera. 

Sayangnya, I Gialloblu gagal mempertahankan skor 1-1. Hanya berselang tiga menit, Ronaldo mencetak gol keduanya yang menjadikan Juve kembali unggul.

Gol tercipta lewat kerjasama apik dengan striker Paulo Dybala. Dari sisi kanan, Dybala melepaskan umpan silang yang diselesaikan oleh Ronaldo. Skor berubah 2-1 untuk Juve dan bertahan sampai akhir pertandingan. []

Berita terkait
Higuain-Dybala Bawa Juventus ke Perempat Final
Juventus menyingkirkan Udinese untuk melaju ke perempat final Coppa Italia. Di laga babak 16 Besar, Juve menang telak 4-0.
Inter Vs Atalanta, Gagal Menang Diancam Juventus
Inter Milan mendapat ancaman dari Juventus setelah ditahan Atalanta 1-1 di pertandingan Serie A Italia.
AS Roma Vs Juventus, Ramsey di Posisi Trequartista
Juventus tak mengubah komposisi pemain saat lawan AS Roma, Senin 13 Januari 2020 dini hari WIB. Dan, Aaron Ramsey pun kembali menjadi trequartista.
0
Tujuh Rahasia Khasiat Daun Kelor untuk Kulit
Daun kelor memiliki beragam khasiat untuk kulit, berikut Tagar rangkumkan.