Jurus The Fed Melawan Laju Kencang Uang Kripto

The Fed sendiri sudah mengeluarkan makalah tentang uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral atau central bank digital currency (CBDC).
Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell. (Foto: Tagar/Ewfpro)

Jakarta - Gubernur Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan uang digital yang akan diterbitkan Bank Sentras AS adalah untuk melemahkan akan kebutuhan pada uang alternatif yang tidak dikelola bank sentral seperti uang kripto (cryptocurrency) dan stablecoin.

"Saya pikir itu mungkin masalahnya dan saya pikir itu salah satu argumen yang ditawarkan untuk mendukung mata uang digital," ujar Jerome Powell seperti dilansir dari Reuters, Kamis, 15 Juli 2021.

"Dengan uang digital yang diterbitkan bank sentral, Anda tak memerlukan stablecoin, Anda tidak akan membutuhkan cryptocurrency jika memiliki uang digital AS. Saya pikir itu adalah satu satu argumen kuat yang mendukungnya," katanya.

The Fed sendiri sudah mengeluarkan makalah tentang uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral atau central bank digital currency (CBDC). Pada September ini akan ditentukan apakah The Fed harus mengeluarkan CBDC.

Jorome Powell mengatakan dia skeptis uang kripto akan menjadi alat pembayaran utama di Amerika Serikat tetapi menyebut stablecoin mungkin mendapatkan lebih banyak daya tarik.

Dia juga mengarisbawahi untuk stablecoin perlu lebih banyak regulasi sebelum mengambil peran dalam sistem keuangan. Stablecoin adalah uang digital yang diikat dengan mata uang resmi sebuah negara seperti dolar, Euro, yen, hingga rupiah.

"Kami memiliki kerangka peraturan yang cukup kuat seputar simpanan bank, misalnya, atau reksadana pasar uang," kata Jerome Powell. "Hal itu tidak ada pada stablecoin saat ini, dan jika mereka akan menjadi bagian penting dari sistem pembayaran maka kami memerlukan kerangka peraturan yang sesuai."

Jerome Powell menegaskan kembali bahwa The Fed ingin bergerak maju dengan mengembangkan CBDC, itu akan berkonsultasi dengan Kongres dan publik. Dia mengulangi pandangannya bahwa sebagai pemegang mata uang cadangan dunia, akan lebih penting bagi Amerika Serikat untuk "melakukannya dengan benar" daripada bergerak cepat. []

Baca Juga: AS Siap Kejar Pajak Pengguna Uang Kripto

Berita terkait
Pendiri Dogecoin: Kripto Rentan Penipuan dan Orang Jahat
Keduanya bahkan menuding dunia kripto rentan pada penipuan dan banyak orang jahatnya.
IPO Startup Kripto Bullish-SPAC Punya Ekuitas Rp 135 Triliun
Gabungan Bullish dan Far Peak akan memiliki nilai ekuitas sekitar US$ 9 miliar atau setara 135 triliun berdasarkan harga aset kripto
Tambang Uang Kripto Digerebek, SSU Sita Ribuan PS4
PS4 ini tampaknya dipilih karena penambangan Ethereum juga bergantung pada bandwidth memori, tak sekadar pada kemampuan komputasi.
0
Jurus The Fed Melawan Laju Kencang Uang Kripto
The Fed sendiri sudah mengeluarkan makalah tentang uang digital yang diterbitkan oleh bank sentral atau central bank digital currency (CBDC).