UNTUK INDONESIA

Junimart Girsang: Listyo Sigit Prabowo Mengemban Tugas Berat

Presiden Jokowi mengusulkan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon kapolri ke DPR RI. Anggota Komisi III siap gelar fit and proper test.
Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Tagar/IG)

Jakarta - Presiden Jokowi sudah mengusulkan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo sebagai calon kapolri ke DPR RI. Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis segera pensiun Januari 2021 ini.

Pengusulan Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan lewat surat presiden yang diantar langsung oleh Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno kepada Pimpinan DPR RI pada Rabu, 13 Januari 2021.

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDIP Junimart Girsang kepada Tagar menyebut, penunjukan Komjen Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Jokowi sebagai calon tunggal kapolri tentu sudah melalui pertimbangan yang matang.

"Tentu presiden sudah dengan pertimbangan yang matang mengusulkan nama Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon kapolri untuk di-fit and proper test di DPR," katanya lewat pesat WhatsApp.

Pihaknya kata Junimart, berharap Komjen Listyo Sigit Prabowo bisa mengemban tugas berat dengan cerdas dan bisa bersinergi dengan para seniornya di kepolisian yang membawahi lebih kurang 400 ribu personel.

"Satukan persepsi di tingkat atas, konsolidasi internal atas bawah. Kapolri yang baru harus bisa mendukung pemulihan ekonomi di negara ini bersama pemerintah," katanya.

Kami tunggu di Komisi III. Bawalah gagasan besar dan tumpahkan seluruh energi perubahan

Dia berharap kapolri yang baru nantinya juga bisa meminimalisir penularan Covid-19, tegas dan equal dalam pelayanan, penegakan hukum, serta menempatkan para pimpinan Polri dari tingkat provinsi, kabupaten kota secara objektif berdasarkan prestasi yang merah putih.

Anggota Komisi III DPR RI lainnya, Hinca IP Pandjaitan mengatakan, setelah surat presiden (supres) tetang calon kapolri disampaikan ke Pimpinan DPR, selanjutnya akan dibawa ke badan musyawarah atau Bamus DPR RI.

Setelah itu disampaikan dalam sidang paripurna untuk membacakan supres tentang calon kapolri. Baru kemudian diserahkan ke Komisi III untuk dilakukan fit and proper test.

"Jadi ke Komisi III baru mulai minggu depan. Akhir bulan (Januari) harus sudah sampai balik lagi hasilnya ke Presiden Jokowi," katanya.

Hinca menyebut, untuk jadwal Bamus dan Paripurna DPR RI sejatinya digelar mulai hari ini, Rabu, 13 Januari 2021 sampai akhir pekan sudah selesai. Dan pada Senin depan sudah masuk ke Komisi III.

Disinggung soal sosok Komjen Listyo Sigit Prabowo, Hinca mengatakan pihaknya menunggu yang bersangkutan di Komisi III.

"Kami tunggu di Komisi III. Bawalah gagasan besar dan tumpahkan seluruh energi perubahan," kata Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat tersebut.

Hinca menambahkan, tradisi mengunjung rumah atau kediaman calon kapolri tahun ini ditiadakan karena masih suasana pandemi Covid-19.

"Karena covid dibatalkan dan fokus di ruang Komisi III saja," ujarnya.[]

Berita terkait
Jokowi Resmi Ajukan ke DPR: Listyo Sigit Prabowo Calon Kapolri
Presiden Joko Widodo secara resmi ajukan Listyo Sigit Prabowo jadi calon Kapolri melalui Surpres ke DPR.
Jokowi Usulkan Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo ke DPR
Kabareskrim Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal kapolri yang diusulkan Presiden Jokowi.
Ketua Komisi III DPR Sebut Calon Kapolri Harus Promoter
Figur Kapolri menjadi seorang pemimpin yang negarawan dan dapat membawa institusi ini dengan promoter.
0
Istana Minta DPR Setujui Listyo Sigit Jadi Kapolri
pemerintah berharap DPR menyetujui usulan untuk menempatkan Listyio Sigit menjadi Kapolri pengganti Idham Azis.