UNTUK INDONESIA
Jumat Kelam di Humbahas, Tujuh Rumah Warga Terbakar
Tujuh unit rumah penduduk di Dusun Lumban Gitar, Desa Pusuk I, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbahas, Sumut.
Tujuh unit rumah penduduk di Dusun Lumban Gitar, Desa Pusuk I, Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara terbakar pada Jumat, 4 September 2020 subuh. (Foto: Tagar/ Humas Polres Humbahas)

Dolok Sanggul - Tujuh unit rumah penduduk di Dusun Lumban Gitar, Desa Pusuk I, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbahas, Sumut, terbakar pada Jumat, 4 September 2020 subuh.

Api membakar enam unit rumah milik marga Sihotang dan satu unit milik marga Tamba itu terjadi pada pukul 03.00 WIB.

Keterangan dihimpun Tagar dari  Kepala Sub Bagian Humas Kepolisian Resor Humbahas, Brigadir Kepala SB Lolo Bako menyebut, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik.

"Tidak ada korban jiwa namun diperkirakan kerugian material ratusan juta. Dugaan sementara kebakaran akibat arus pendek listrik," katanya.

Lolo mengutarakan, enam rumah rata dengan tanah antara lain milik Toni Sihotang, 50 tahun, Tombor Sihotang, 68 tahun, Rentemina Sihotang, 72 tahun, Lesmi Tamba, 75 tahun, Morahot Sihotang, 64 tahun, dan Jonri Lubis Sihotang, 46 tahun.

Petugas kami masih melakukan pengaman di TKP, mereka tetap membantu pemadaman

"Sementara rumah beton milik Pardomuan Sihotang, 50 tahun hanya dapur habis terbakar dikarenakan dapur tersebut dari kayu," katanya.

Kronologi

Lolo mengatakan pada Jumat subuh sekira pukul 02.45 WIB, seorang saksi bernama Josmar Sihotang melihat kobaran api di rumah panggung berbahan kayu milik Rentemina Sihotang.

"Pagi itu saksi berusaha membangunkan pemilik rumah. Selanjutnya semua tetangga yang berdampingan dengan rumah korban dibangunkan oleh Josmar agar ke luar rumah untuk memadamkan api," katanya.

Namun sayang, malam itu mereka sangat sulit memperoleh air. Hingga api merembes dan mengahabiskan enam rumah panggung dan satu unit rumah milik Pardomuan Sihotang sengaja dirobohkan untuk memutus rembesan api ke rumah yang lainnya.

"Selanjutnya sekira 04.30 WIB satu unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Humbahas sampai ke TKP dan sekira pukul 05.00 WIB api telah berhasil dipadamkan," katanya.

Lolo menyebut, hingga padamnya api jajaran personel Kepolisian Sektor Parlilitan melakukan pengamanan di lokasi dan membantu petugas pemadam kebakaran.

"Petugas kami masih melakukan pengaman di TKP, mereka tetap membantu pemadaman dan sudah mengamankan barang bukti," ungkapnya.[]

Berita terkait
Warga Humbahas Demo, Tolak Pilkada Paslon Tunggal
Partai Golkar kabarnya mengusung Dosmar Banjarnahor di Pilkada Humbahas, mengundang reaksi protes dari masyarakat setempat.
Harry Marbun Optimis Lawan Dosmar di Pilkada Humbahas
Dukungan terhadap Harry Marbun untuk maju di Pilkada Humbahas mengalir seiring terpilihnya dia sebagai Ketua Partai Golkar.
Akibat Pandemi, Harga Kemenyan di Humbahas Merosot
Para petani Kemenyan Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, ikut merasakan dampak pandemi Covid-19.
0
Oknum Polisi Penjual Senjata Api Ditangkap di Nabire
Oknum Polisi dari satuan Brigade Mobil inisial JH ditangkap tim gabungan TNI dan Polisi karena membawa senjata ilegal.