UNTUK INDONESIA
Harry Marbun Optimis Lawan Dosmar di Pilkada Humbahas
Dukungan terhadap Harry Marbun untuk maju di Pilkada Humbahas mengalir seiring terpilihnya dia sebagai Ketua Partai Golkar.
Harry Marbun saat di Musda DPD II Partai Golkar Kabupaten Humbang Hasundutan, Senin, 31 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

Dolok Sanggul - Dukungan terhadap Harry Marbun untuk maju di Pilkada Humbahas mengalir seiring terpilihnya dia sebagai Ketua Partai Golkar dalam musda ke-4 di Hotel Martin Anugerah, Dolok Sanggul pada Senin, 31 Agustus 2020.

Proses pemilihan oleh 10 pimpinan anak cabang dan organisasi binaan Partai Golkar itu sendiri berlangsung secara aklamasi.

Sebelumnya, beredar informasi secara lisan bahwa dokumen B.1-KWK parpol tentang keputusan DPP sudah di tangan rivalnya, petahana Dosmar Banjarnahor. Namun informasi itu menurut Harry, masih perlu dicek kebenarannya.

"Ya, saya baru mendengar secara lisan. Namun saya belum tahu B1. KWK apakah itu akan ke pihak petahana. Karena saya sebagai ketua partai dan kader partai, tetap optimis ikut dalam pilkada dan itu semua kami serahkan kepada Ketum Airlangga Hartarto," kata Harry.

Dia mengatakan, Partai Golkar di Pilkada Humbahas bisa mengusung sendiri kontestan tanpa berkoalisi dengan parpol lain. Itu sebabnya Harry optimis bisa maju dan menang melawan petahana.

"Karena amanat munas Partai Golkar mengutamakan kader. Apalagi ada yang namanya unjuk kerjanya, yaitu bisa mengusung tunggal calon. Maka saya sangat optimis sekali karena sebagai partai politik seharusnya menawarkan pemimpin untuk masyarakat supaya bisa berjuang dan ini saya harapkan," ungkapnya.

Dia mengatakan, belum bisa memberi pernyataan ketika hal terburuk terjadi, seperti DPP akan menjatuhkan pilihan kepada petahana Dosmar Banjarnahor.

"Kami tunggu dulu, karena saya belum dapat B1. KWK-nya, baru saya bersikap kemudian. Saya belum berpikir dan pasti akan saya putuskan satu hari setelah saya tahu. Karena ini sangat sensitif bagi keluarga besar Golkar dan masyarakat. Kalau nantinya mereka sangat kecewa berat ini jadi salah satu pemikiran saya apakah mengakhiri ketua Golkar," katanya.

Temui Airlangga Hartarto

Harry mengatakan, usai gelaran musda segera berangkat menemui Ketua Umum DPP Partai Golkar Arilangga Hartarto guna memastikan dukungan Partai Golkar, apakah kepada dirinya atau petahana.

"Kami mau mempertanyakan B.1-KWK kepada ketum. Karena ketum pernah mengatakan akan mengajukan kader dalam pilkada, seperti amanat munas," katanya.

Dia berharap proses alamiah perpolitikan di Humbahas akan dipelihara, menepis rumor bahwa Partai Golkar bisa diintervensi kepentingan-kepentingan pihak ke tiga.

"Saya mengimbau bagaimana politik Indonesia adalah politik kembali ke arah kebenaran. Bagaimana parpol mengawal politik berjalan sesuai demokratisasi yang sehat dan bukan karena persekongkolan bersama. Politik yang sehat itu harus menampilkan kader terbaik. Kalau tidak kita akan kembali ke orde baru. Harus memberi edukasi politik yang baik kepada masyarakat," katanya.

Kami ajukan dari Sumatera Utara untuk Pilkada Humbahas, yakni ketua DPD di sana Bapak Harry Marbun

Dia menyebut, agenda Musda ke-4 DPD II Partai Golkar Humbahas merupakan hal alamiah dan tidak berkaitan dengan tahapan pilkada yang mulai memanas.

"Musda ini hal yang alamiah, karena sudah waktunya harusnya dilaksanakan bulan enam paling lambat. Karena musda provinsi mengalami penundaan-penundaan dan DPP menginstruksikan selambat-lambatnya 1 September dan tidak terkait dengan pelaksanaan pilkada dan hanya kebetulan saja," kata Harry.

Golkar Sumut Dukung Harry

Viktor Silaen didampingi fungsionaris DPD I Partai Golkar Sumut, seperti Syamsir Pohan, Rikson Simarmata, Ainuh, H Syukri dan James Siregar menyebut bahwa penetapan kembali Harry Marbuan sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Humbahas sudah sah sesuai aturan partai.

"Bahwa peserta musda dari 10 PAC dan organisasi memilih kembali Bapak Harry Marbun sebagai Ketua DPD Golkar Humbahas untuk periode 2020-2025. Kami komitmen membesarkan Partai Golkar di Humbahas," kata Viktor.

Disinggung dukungan kepada Harry Marbun sebagai calon bupati dari Partai Golkar, Viktor menyebut, Harry telah melalui tahapan penjaringan di tingkat PAC dan DPD.

"Partai Golkar dari kemarin sudah melakukan mekanisme penjaringan calon bupati. DPD II Golkar Humbahas mengusulkan ke DPD I Sumut dan sudah mengusulkan Bapak Harry Marbun ke DPP untuk calon bupati Partai Golkar periode 2020-2024," kata Viktor.

Diberitakan sebelumnya untuk menanggapi harapan kader Partai Golkar Humbahas agar elite DPP Partai Golkar komitmen pada pernyataan mengedepankan kader dalam pilkada, disambut positif DPD I Partai Golkar Sumut.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Sumut, Amas Muda Siregar didampingi kader senior Wagirin Arman mengatakan, pada prinsipnya Partai Golkar Sumut tetap mengidolakan Harry Marbun sebagai calon kepala daerah di Pilkada Humbahas.

"Kami masih menunggu keputusan pusat, keputusan Ketua Umum Pak Airlangga Hartarto. Kami masih menunggu itu. Nanti apa yang diputuskan Airlangga kami patuh. Masa kami lawan bos," kata Amas di gedung Sopo Partungkoan Tarutung pada gelaran Musda Golkar ke-10 Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu, 29 Agustus 2020.

Amas mengatakan, DPD I Partai Golkar Sumut mengidolakan Ketua DPD II Partai Golkar Humbahas. Dengan dasar, sudah berpengalaman dan teruji dari sisi kepemimpinan di daerah.

"Kami ajukan dari Sumatera Utara untuk Pilkada Humbahas, yakni ketua DPD di sana Bapak Harry Marbun. Kalau kelak Jakarta bilang tidak sesuai, kami akan patuh juga. Itu kan bos kami," katanya.[]

PEN

Berita terkait
Golkar Sumut Dukung Harry Marbun di Pilkada Humbahas
Keinginan warga agar Pilkada Humbahas, Sumut, berlangsung tidak melawan kotak kosong. Partai Golkar menjadi penentu harapan itu.
Akibat Pandemi, Harga Kemenyan di Humbahas Merosot
Para petani Kemenyan Toba di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, ikut merasakan dampak pandemi Covid-19.
Kekecewaan Warga Humbahas atas Sikap Politik Dosmar
Kelompok marga dari Si Raja Oloan, melontarkan kekecewaannya atas manuver Dosmar Banjarnahor dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Humbahas.
0
Realme Crazy Sale Setiap Selasa dengan Diskon Gila-gilaan
Realme Crazy Sale digelar setiap hari Selasa yang memberikan potongan harga yang gila-gilaan bagi produk mereka.