UNTUK INDONESIA
Jose Mourinho Malah Puji Man United dan Rashford
Manajer Jose Mourinho memuji Manchester United dan Marcus Rashford yang menghentikan bulan madunya dengan Tottenham Hotspur.
Manajer Jose Mourinho (kiri) tak segan memuji Manchester United dan Marcus Rashford yang menghentikan bulan madunya dengan Tottenham Hotspur. Dalam pertandingan Liga Premier Inggris di Old Trafford, Kamis 5 Desember 2019 dini hari WIB, Man United menang 2-1. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Bulan madu manajer Jose Mourinho dengan Tottenham Hotspur dihentikan Manchester United. Namun Mourinho tak kecewa dan bahkan memuji performa Man United dan striker Marcus Rashford yang memborong dua gol saat mengalahkan Tottenham 2-1 di pertandingan Liga Premier Inggris di Old Trafford, Kamis 5 Desember 2019 dini hari WIB.

Mourinho sesungguhnya berhasil mengangkat performa Tottenham sejak menggantikan Mauricio Pochettino. Mantan manajer Man United ini sukses membawa tim mencetak hat-trick kemenangan. 

Hanya harapan meraih kemenangan keempat sekaligus menjaga posisi peluang untuk masuk empat besar pupus saat The Lilywhites menelan kekalahan di Old Trafford. Bahkan pemain depan Son Heung-min menyatakan bila Tottenham seharusnya bisa meraih hasil lebih baik. 

Selama 30 menit pertama, mereka tidak hanya lebih baik dari kami, tetapi mereka jauh lebih baik

Namun Mourinho lebih bisa menerima kekalahan tersebut. Menurut dia The Red Devils pantas memenangkan laga karena memang bermain lebih baik. Strategi manajer Man United Ole Gunnar Solskjaer yang bermain terbuka dan langsung menekan pertahanan lawan. 

"Saya sudah berusaha menjelaskan kepada pemain bagaimana cara bermain United setiap kali bermain di kandang sendiri, terutama saat menghadapi Liverpool dan Chelsea. Mereka melakukan start yang kuat," kata Mourinho. 

"Selama 30 menit pertama, mereka tidak hanya lebih baik dari kami, tetapi mereka jauh lebih baik. Bahkan kami beruntung masih bisa mencetak gol. Padahal mereka sama sekali tidak takut menghadapi permainan defensif. Mereka memang tidak takut setiap kali bermain di kandang sendiri," tutur pria asal Portugal ini. 

Mourinho juga tak segan memuji penampilan Rashford, pemain yang dipolesnya saat diambil dari akademi klub. Mantan pelatih Inter Milan ini menyebutkan bila dia sudah meminta pemain untuk mewaspadai Rashford saat melakukan penetrasi dari sisi kiri. 

Peringatan itu menjadi kenyataan saat Rashford mencetak gol cepat di laga itu. Menurut Mourinho gol itu merupakan ciri khas striker berusia 23 itu. 

"Saat masuk dari kiri (pertahanan lawan), dia justru sangat berbahaya. Saya tahu itu dan saya sudah menginformasikannya ke pemain," katanya.

"Gol pertama merupakan tipikal Rashford saat melakukan penetrasi ke kotak penalti. Pemain sesungguhnya tahu itu," ujar Mourinho yang tetap mendapat sambutan hangat dari suporter Man United. Padahal, dirinya dipecat saat meninggalkan Old Trafford pada Desember tahun lalu. 

Kondisi fisik pemain yang masih kelelahan karena bertanding dengan jadwal padat juga menyulitkan mereka mencapai performa terbaik. Meski pemain bisa menjalankan instruksi dan taktik dengan tepat, namun kehilangan agresivitas dan semangat bertanding. 

"Anda tidak bisa bermain dengan intensitas tinggi bila terus bermain setiap dua atau tiga hari sekali. Taktik bisa diterapkan dengan baik. Begitu pula skema bermain sudah berjalan tepat. Tetapi intensitas dan agresi tidak bisa berjalan dengan baik," jawabnya.

Di laga itu, Tottenham yang tertinggal lebih dulu sempat menyamakan skor setelah Dele Alli mencetak gol. Namun Rashford mencetak gol keduanya dari titik penalti yang mengubah skor menjadi 2-1. 

Kekalahan itu mengakibatkan Tottenham turun ke peringkat delapan dengan poin 20. Terpaut satu poin dengan Man United yang naik ke posisi enam.

Usai menghadapi Man United, kini Tottenham sudah harus bersiap menjamu Burnley, Sabtu 7 Desember 2019. Menurut Mourinho jarak pertandingan yang pendek sesungguhnya menyulitkan dia menerapkan strategi secara maksimal. []

Berita terkait
Rashford Bawa Man United Hentikan Rekor Tottenham
Manchester United kalahkan Tottenham Hotspur 2-1. Di laga itu striker Man United Marcus Rashford hentikan rekor manajer Tottenham Jose Mourinho.
Tottenham Vs Bournemouth, Hat-trick Kemenangan
Tottenham Hotspur mencetak hat-trick kemenangan sejak ditangani Jose Mourinho. Terakhir, Tottenham menang 3-2 atas Bournemouth.
Mourinho Akui Pemain Tottenham Hotspur Kelelahan
Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho dihadapkan dengan problem kelelahan yang melanda pemain usai memperkuat tim nasional.
0
Tambang Ilegal Lebak Pakai Zat Kimia Berbahaya?
Satgas Pertambangan Tanpa Izin (Peti) Polda Banten temukan dugaan penggunaan zat kimia selain merkuri dalam pengolahan hasil tambang emas