Jokowi Tidak Mudik ke Solo, Lebaran di Istana Bogor

Presiden Jokowi tidak mudik ke Solo pada Lebaran tahun 2020. Jokowi merayakan Idul Fitri di Istana Bogor. Cara untuk memutus pandemi Covid-19.
Presiden Jokowi Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 23 Mei 2020. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo tidak mudik ke kampung halamannya di Solo pada momen Idul Fitri 2020. Jokowi melakukan ini sesuai imbauannya kepada seluruh rakyat Indonesia untuk tidak mudik Lebaran guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, mengatakan Jokowi berlebaran di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Presiden memastikan tidak mudik ke Solo pada Lebaran tahun ini. Presiden merayakan Idul Fitri di Istana Bogor, Jawa Barat," kata Angkie saat dihubungi Tagar, Sabtu, 23 Mei 2020.

Angkie mengatakan Jokowi tidak mudik ke kampung halaman merupakan komitmen penerapan physical distancing, mengurangi potensi penyebaran Covid-19. Ia menuturkan selama pandemi ini Presiden melakukan aktifitas penuh di Ibu Kota Jakarta.

"Menggunakan skema work from home dalam setiap aktivitas, meminimalisir kegiatan di luar. Kita ketahui bersama Jakarta merupakan wilayah dengan kategori zona merah untuk Covid-19. Maka Presiden dan keluarga tetap berada di Istana dalam pelaksanaan Idul Fitri 1441 Hijriyah," ucap Angkie.

Angkie menyebutkan Presiden Jokowi bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju juga tidak mengadakan open house atau halal bihalal hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.

Presiden memastikan tidak mudik ke Solo pada Lebaran tahun ini. Presiden merayakan Idul Fitri di Istana Bogor, Jawa Barat.

Angkie mengatakan ditutupnya kegiatan rutin tahunan ini sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona penyebab penyakit Covid-19 di Tanah Air.

"Presiden dan jajaran tidak akan mengadakan open house saat Idul Fitri. Tidak ada pembahasan di dalam rapat terkait rencana open house. Ini bagian dari konsistensi pemerintah untuk menerapkan physical distancing dalam semua aktivitas," kata Angkie kepada Tagar, Kamis, 21 Mei 2020. []

Baca juga:

Berita terkait
Siapa Orang Pertama Menjalankan Zakat Fitrah
Zakat fitrah, satu di antara rukun Islam yang harus dikerjakan muslim pada bulan Ramadan. Siapa orang pertama menjalankan zakat fitrah.
Bagaimana Nabi Muhammad SAW Merayakan Idul Fitri
Hari raya Idul Fitri momen penting bagi umat Islam yang biasanya dirayakan dengan meriah. Bagaimana Nabi Muhammad SAW merayakan Idul Fitri.
Kapan Pertama Kali Idul Fitri Dirayakan
Idul Fitri, hari kemenangan kaum muslim setelah satu bulan menjalankan puasa Ramadan. Tapi sebenarnya, kapan pertama kali Idul Fitri dirayakan?
0
Puan Maharani: Indonesia Terus Ada Selama Pancasila Ada di Hati Kita
Ketua DPR RI Puan Maharani, mengajak seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.