UNTUK INDONESIA
Jokowi Seru Masyarakat Optimis Menghadapi Pandemi
Jokowi meminta agar masyarakat bersatu dan kompak menghadapi pandemi C-19.
Presiden Jokowi di Gedung Eyckman, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 Agustus 2020. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar masyarakat bersatu dan kompak menghadapi pandemi C-19. Menurutnya, jika seluruh unsur lembaga serta masyarakat bekerjasama satu sama lain maka pandemi bisa teratasi.

"Semua perlu kekompakan kita bersama, persoalan ini terlalu besar untuk diselesaikan pemerintah sendirian kita harus bersatu, satu tekat, satu semangat, satu barisan dalam menghadapi situasi yang sulit ini," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Muktamar IV Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Tahun 2020 secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 26 September 2020.

Semua perlu kekompakan kita bersama, persoalan ini terlalu besar untuk diselesaikan pemerintah sendirian kita harus bersatu.

Baca juga: Jokowi Ajak Masyarakat Bangkit Hadapi Pandemi

Jokowi mengingatkan, dampak pandemi Covid-19 sangat besar bagi dunia, terutama Indonesia. Dalam acara Parmusi, Jokowi mengajak seluruh peserta untuk bangkit dan bersatu menghadapi pandemi.

"Besar harapan saya seluruh kader parmusi di seluruh tanah air bergandengan tangan dengan seluruh elemen bangsa yang lain menjadi garda terdepan untuk melindungi diri sendiri, melindungi kesehatan umat dan keselamatan rakyat, bangsa dan negara, sehingga kita bisa segera pulih dan bangkit kembali," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Seperti yang sering kali disampaikan pada berbagai kesempatan, Jokowi menyebut perlunya kedisiplinan terhadap protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus corona.

"Dalam mencegah penyebaran covid tidak ada jalan lain selain kita disiplin menjalankan protokol kesehatan, disiplin menjalankan kebiasaan-kebiasaan baru yang aman dari covid. Di dalam rumah ketika bersama keluarga maupun ketika keluar rumah. Karena itu saya mengajak untuk bersama-sama kita menjaga pola bersih hidup yang sehat sebagaimana diajarkan islam," ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Dunia Melambat Akibat Pandemi

Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk terus membiasakan diri dengan gaya hidup sehat. Ia meminta masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus.

"Mengikuti protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, sering-sering mencuci tangan, menjaga wudhu, menjauhi kerumunan, termasuk tidak menyelenggarakan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak," kata Jokowi. []


Berita terkait
Jokowi: Tol Pekanbaru - Dumai Tingkatkan Konektivitas di Riau
Diresmikan Presiden Jokowi secara virtual, Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 Km meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah di Provinsi Riau.
Jokowi Realisasikan Program Perlindungan Sosial
Presiden Jokowi mengatakan, selain memprioritaskan kesehatan, pemerintah juga bekerja keras untuk menjaga dan memulihkan perekonomian.
Cek Fakta: Palu Arit PKI dalam Foto Jokowi Dampingi Megawati
Cek Fakta foto Jokowi saat mendampingi Megawati Soekarnoputri berpidato di atas podium bergambar palu arut identik PKI.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.