UNTUK INDONESIA
Yoshihide Suga, Anak Petani yang Jadi PM Jepang
Yoshihide Suga, putra seorang petani stroberi resmi menjadi perdana menteri Jepang menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri lantaran sakit.
Perdana Menteri Yoshihide Suga (tengah) dan anggota kabinetnya yang baru terpilih berpose untuk foto di Istana Kekaisaran di Tokyo pada hari Rabu, 16 September 2020. *Foto: POOL|via Kyodo).

Jakarta - Yoshihide Suga, putra seorang petani stroberi resmi menjadi perdana menteri Jepang setelah dikukuhkan oleh Majelis Rendah Parlemen. Ia akan menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri lantaran kesehatan yang memburuk.

Seperti diberitakan dari Al Jazeera, Kamis, 17 September 2020, Suga berjanji akan melanjutkan kebijakan pendahulunya. Pria berusia 71 tahun ini memenangkan pemilihan setelah Pertai Demokrat Liberal yang mendapuknya meraih dua pertiga suara.

Perjuangan melawan Covid-19 yang melemahkan perekonomian Jepang akan menjadi prioritas kebijakan.

Menjadi perdana menteri baru, Suga harus menghadapi tantangan berat setelah bertahun-tahun mengalami stagnasi. Pandemi Covid-19 telah memuluk telak perekonomian Negeri Matahari Terbit ini.

Yoshihide SugaPartai yang berkuasa di Jepang pada hari Senin memilih Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga sebagai pemimpin barunya, membuatnya pasti akan menggantikan Shinzo Abe sebagai perdana menteri berikutnya. (Foto: Yahoo News).

Jepang yang menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketiga dunia itu menyusut 27,8% dari April hingga Juni tahun ini dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Kontraksi ini akibat imbas kebijakan lockdown untuk menekan virus Covid-19, yang sempat dilonggarkan pada akhir Mei.

Suga menyebutkan bahwa perjuangan melawan Covid-19 yang melemahkan perekonomian Jepang akan menjadi prioritas kebijakannya. Ia mengisyaratkan akan melanjutkan kerangka kebijakan Abenomics yang yang luas, strategi tiga cabang yang merupakan kebijakan khas Abe dan yang melibatkan pelonggaran moneter, pengeluaran pemerintah, dan reformasi struktural.

Namun Suga diharapkan untuk terus maju dengan inisiatifnya sendiri. Termasuk reformasi birokrasi, digitalisasi, dan membantu masyarakat pedesaan Jepang melalui kebijakan pertanian dan pariwisata.

Japan Times menulis, Yoshihide Suga menjadi perdana menteri Jepang yang ke-99. Ia mengakhiri pemerintahan Shinzo Abe yang terpanjang dalam sejarah modern negara itu.

Dalam konferensi pers Rabu malam waktu setempat, Suga menyebutkan akan langsung membentuk kabinet barunya. Ia mencirikan kabinetnya sebagai kabinet yang "bekerja untuk rakyat". "Mengakhiri pandemi Covid-19 dan mengembalikan pemulihan ekonomi akan menjadi prioritas tertinggi kabinet ini," ucapnya dalam pidato pertamanya. []

Berita terkait
Yoshihide Suga Terpilih Gantikan PM Jepang Shinzo Abe
Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga dipastikan akan memenangkan pemilihan perdana menteri untuk menggantikan Shinzo Abe.
Alasan Kesehatan, Perdana Menteri Shinzo Abe Mundur
Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe akan mengundurkan diri karena alasan faktor keseahtan.
Ucapan Terima Kasih Jokowi untuk PM Jepang Shinzo Abe
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi apresiasi kepada Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe yang dia harap agar sehat selalu.
0
Yoshihide Suga, Anak Petani yang Jadi PM Jepang
Yoshihide Suga, putra seorang petani stroberi resmi menjadi perdana menteri Jepang menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri lantaran sakit.