UNTUK INDONESIA
Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta
Presiden Jokowi meresmikan landasan pacu (runway) 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Dia menargetkan peningkatan pelayanan di sana.
Presiden Jokowi meninjau perkembangan penataan kawasan Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin, 20 Januari 2020. (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan landasan pacu (runway) 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Dia menargetkan peningkatan kualitas dan pelayanan di bandara yang terletak di Kota Tangerang itu.

Jokowi: Kapasitas akan lebih banyak ini yang kita harapkan.

"Setelah terminal 3 selesai kemudian runway ke-3 juga selesai kemudian east connection taxiway selesai, ditambah fasilitas VIP bandara juga selesai. Kita harapkan semua pelayanan menjadi membaik," kata Jokowi di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis, 23 Januari 2020.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan pengaturan manajemen kedatangan dan kepergian dan landing-nya pesawat juga harus ditingkatkan.

"Kapasitas akan lebih banyak ini yang kita harapkan dan perlu diketahui yang west connection taxiway itu dibangun 1985 dan setelah itu sampai sekarang yang timur-nya baru dibangun sekarang, sudah 35 tahun baru dibangun," ucap Jokowi.

Saat ini Bandara Soetta memiliki tiga landas pacu, yaitu runway 1 yang terletak di sisi Selatan serta runway 2 dan runway 3 di sisi Utara. 

Landasan pacu ke-3 Bandara Soetta yang sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu, dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang traffic-nya tergolong sangat tinggi.

Dengan adanya runway ke-3 yang berukuran 3000x60 meter, menurutnya, pergerakan pesawat di Bandara Soetta tercatat meningkat. 

Dari semula 81 pergerakan pesawat per jam, menjadi 114 pergerakan pesawat per jam baik lepas landas (take off) maupun pendaratan (landing).

Bersamaan dengan pembangunan runway ke-3, PT Angkasa Pura II (Persero) juga membuat pembangunan east connection taxiway yang menghubungkan runway selatan dan runway utara. []

Berita terkait
Bandara Adi Soemarmo Solo Antisipasi Virus Corona
Bandara Adi Soemarmo Solo memasang alat thermal scanner untuk antisipasi virus corona. Turis China wajib melewati piranti tersebut.
Tarif Baru Pelayanan Penumpang di Bandara Semarang
Angkasa Pura I melakukan penyesuaian di tarif pelayanan penumpang Bandara Ahmad Yani Semarang. Penyesuaian setelah mendapat persetujuan Kemenhub.
1,4 Juta Penumpang Akses Bandara Ngurah Rai
Jumlah penumpang yang menggunakan Bandara Ngurah Rai, Bali saat momen libur Nataru ternyata lebih tinggi jika dibandingkan tahun 2018 lalu,
0
Warga Berhasil Menangkap Pocong di Mamuju
Kepolisian Sektor (Polsek) Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) menangkap pelaku teror pocong berinisial N.