UNTUK INDONESIA
Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Zulkifli Hasan: Boleh Saja
Rencana Presiden Jokowi yang akan memindahkan ibu kota Indonesia dari kota Jakarta ke Pulau Kalimantan 'direstui' Ketua MPR Zulkifli Hasan.
Presiden Joko Widodo berjalan memasuki ruang rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/8/2019). Ratas itu membahas rencana pemindahan ibu kota ke salah satu daerah di Kalimantan. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memindahkan ibu kota Indonesia dari kota Jakarta ke Pulau Kalimantan 'direstui' dari Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan.

Zul sapaan akrabnya mengatakan pemindahan ibu kota bukan hal yang luar biasa, karena banyak negara lain di dunia yang melakukan hal sama, salah satunya Brasil.

"Brasil itu sering pindah ibu kota coba cek, kalau tidak salah Brasil empat kali pindah ibu kota. Jadi, ya biasa saja lah ya," kata dia di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu, 18 Agustus 2019.

Menurutnya, rencana Jokowi memindahkan ibu kota perlu didukung. Sebab, niatnya untuk menyetarakan pembangunan agar Indonesia sentris.

"Pak Presiden bilang biar setara, ada kesetaraan, misalnya besok Kalimantan, mungkin 10 tahun lagi di Sumatera, nanti bisa Jawa Timur, nanti bisa Sulawesi Selatan, itu kan boleh saja," tuturnya.

Pak Presiden bilang biar setara, ada kesetaraan, misalnya besok Kalimantan, mungkin 10 tahun lagi di Sumatera, nanti bisa Jawa Timur, nanti bisa Sulawesi Selatan, itu kan boleh saja.

Namun, Zul mengatakan rencana memindahkan ibu kota harus dikaji secara matang dan hati-hati Agar tidak terjadi kesalahan ketika ibu kota dibangun, apalagi ketika memutuskan untuk melibatkan pihak swasta.

"Makanya saya mengatakan perlu kajian khusus, apakah kalau swasta itu gimana. Swasta membangun ibu kota itu bagaimana, itu saya belum jelas betul makanya hati-hati," ucap Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut. []

Berita terkait
Kalimantan Ibu Kota Baru, Bukan Tentang Pemerataan Saja
Pemerintah akhirnya memilih memindahkan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Jokowi memilih Kalimantan menjadi tujuan ibu kota baru.
Bappenas Tegaskan Pemindahan Ibu Kota Tidak Bebani APBN
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menegaskan pemindahan ibu kota ke Kalimantan tidak akan membebani APBN.
Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota RI
Presiden Jokowi meminta izin pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan pada semua pihak yang hadir dalam sidang bersama DPD dan DPR.
0
Erick Thohir Orang Kelima Tiba di Istana Kepresidenan
Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir, tiba di Istana Kepresidenan, sekitar pukul 11.14 WIB, Senin, 21 Oktober 2019.