UNTUK INDONESIA
Jokowi Gandeng Hungaria Bikin Proyek Air Bersih
Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orbán untuk membahas proyek kerjasama termasuk di bidang penyediaan air bersih.
Presiden Jokowi bersama Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orbán di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 23 Januari 2020. (Foto : Tagar/Popy Rakhmawaty).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orbán di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020. Pertemuan membahas beberapa hal terkait peningkatan kerja sama di sejumlah bidang, termasuk dalam hal penyediaan air bersih.

"Saya menghargai kerja sama bidang penyediaan air bersih. Proyek itu selesai pada Desember 2019 dan diimplementasikan di 36 daerah di 12 provinsi di Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Januari 2020.

Jokowi menyambut PM Hungaria bersama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sedangkan PM Hungaria datang bersama Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Péter Szijjártó, Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Judit Pach, Menteri Negara Kantor PM Janos Nagy, Kepala Pers Kantor PM Bertalan Havasi, dan Deputi Menteri Negara Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Andras Baranyi.

Presiden JokowPresiden Jokowi bersama Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orbán di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 23 Januari 2020. (Foto : Tagar/Popy Rakhmawaty).

Masih dalam agenda pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan bilateral. Meski secara geografis kedua negara cukup jauh, namun Retno menilai substansi hubungan Indonesia dan Hungaria semakin meningkat.

"Dengan jarak yang cukup jauh tersebut, maka hal pertama yang penting yang harus dilakukan adalah membangun hubungan people to people," ucap Retno.

Lebih lanjut, Retno menuturkan bahwa people to people contact menyangkut beberapa hal yang sudah dilakukan, antara lain adalah program beasiswa. Ia mengatakan, Pemerintah Hungaria menyediakan 100 beasiswa untuk mahasiswa Indonesia.

"Tadi dibahas mengenai bidang-bidang yang akan digunakan oleh para mahasiswa. Presiden menyampaikan hal-hal yang terkait dengan sains, teknologi, inovasi, itu yang kita prioritaskan," ujar Menlu Retno Marsudi. []

Berita terkait
Jokowi Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta
Presiden Jokowi meresmikan landasan pacu (runway) 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Dia menargetkan peningkatan pelayanan di sana.
Jokowi Siap Menggelar Kekuatan Bersenjata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kedaulatan negara Indonesia tak bisa dinego. Dia siap menggelar kekuatan bersenjata untuk penegakan hukum.
Kendalikan Dana Rp 127 T, Jokowi: Prabowo Hati-hati!
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto agar berhati-hati dikucurkan anggaran Rp 127 Triliun.
0
Sehari, 5 Tenaga Medis di Pemalang Positif Covid-19
6 warga dinyatakan positif Covid-19 di Pemalang dalam sehari. Lima di antaranya tenaga medis.