UNTUK INDONESIA
Jokowi dan Lima Pejabat yang Pernah Naik Angkutan Umum
Angkutan umum massal yang telah dihadirkan pemerintah sedianya dapat ditumpangi seluruh masyarakat tak terkecuali pejabat.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi naik MRT dari Stasiun Bunderan HI ke Lebak Bulus, Sabtu sore 20 April 2019. (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Jakarta - Angkutan umum massal yang telah dihadirkan pemerintah sedianya dapat ditumpangi seluruh masyarakat tak terkecuali pejabat. 

Kehadiran alat transportasi umum ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di ibu kota. Agar mereka beralih ke angkutan umum.

Ada sejumlah pejabat yang pernah menjajal angkutan umum sebagai alat transportasi menuju dan pulang kantor. Berikut Tagar merangkum beberapa pejabat yang menumpang angkutan umum.

1. Presiden Jokowi

JokowiPresiden Joko Widodo naik MRT dari Stasiun Bunderan HI ke Lebak Bulus, Sabtu sore 20 April 2019. (Foto: Facebook/Presiden Joko Widodo)

Bukan rahasia lagi jika Presiden Joko Widodo gemar menggunakan kendaraan umum sebagai alat tranportasinya. Bahkan kebiasaannya itu dilakukan saat dia menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Jokowi tercatat pernah menaiki beberapa jenis kendaraan umum, seperti bus Transjakarta pada Januari 2013 dari halte Harmoni menggunakan bus Damri untuk menjajal jalur tol Trans-Jawa pada Desember 2018. Jokowi pernah naik kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Tanjung Barat menuju Bogor pada Maret 2019. Pernah juga menaiki Mass Rapid Transit (MRT) dari stasiun Lebak Bulus ke Stasiun Senayan bersama Prabowo Subianto.

2. Basuki Tjahaja Purnama

AhokAhok memasuki stasiun MRT Asean. (Foto: Instagram/@basukibtp)
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi salah satu eks pejabat yang juga pernah menggunakan transportasi umum. Contohnya, saat menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, dia menggunakan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) menuju kantornya di Balai Kota pada Februari 2014.

Saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Ahok pernah menaiki KRL dari Stasiun Jakarta Kota ke Gondangdia pada Juni 2015 dan menaiki bus Transjakarta saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, dari kediamannya di Pantai Mutiara Pluit menuju Balai Kota Jakarta pada Februari 2017.

3. Dahlan Iskan

Dahlan IskanMantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Dahlan Iskan. (Foto: sunudotcom.blogspot.com)
Dahlan Iskan menjadi salah satu eks pejabat yang juga menggunakan transportasi umum. Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memilih menggunakan KRL untuk pergi bekerja.

Pada Desember 2011, Dahlan berangkat dari Stasiun Manggarai menumpang KRL tanpa ajudan menuju Istana Bogor untuk menghadiri rapat kerja pemerintah bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

4. Wiranto

WirantoMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Wiranto. (Foto: Twitter/@wiranto1947)
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto pernah menjajal kendaraan umum di ibu kota. Bukan sebagai penumpang bukan pula sebagai pejabat, Wiranto menaiki bus kota sebagai kernet pada Maret 2014.

"Hari ini saya akan menyamar menjadi seorang kondektur bus kota. Perjuangan hidup yang memberikan inspirasi saya," ujarnya dalam akun Twitter pribadi miliknya @wiranto1947.

5. Basuki Hadimuljo

Basuki HadimuljonoMenteri PUPR Basuki Hadimuljono jajal MRT. (Foto: KemenPUPR)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono termasuk salah satu pejabat publik yang juga pernah menggunakan transportasi umum. Pada November 2017, dia menggunakan KRL dari Stasiun Palmerah ke Stasiun Maja, Lebak, Banten.

Bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kala itu Basuki menghadiri peresmian kota baru terpadu dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) di Banten.

Selain KRL, Basuki sempat menjajal MRT pada Maret 2019 untuk pertama kalinya. Namun, perjalanannya dari Stasiun Sisingamangaraja ke Stasiun Bunderan HI ini dalam rangka ujicoba MRT.

6. Anies Baswedan

Anies BaswedanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: motionupdate.com)

Pada Januari 2018, Anies yang menggunakan KRL dari Balai Kota untuk menghadiri pernikahan anak dari eks Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjoyanto di Depok, Jawa Barat. Sebagai warga Jakarta sekaligus Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak melewatkan kesempatan menjajal transportasi umum. Mulai dari bus Transjakarta, KRL, sampai MRT pernah dia coba.

Pada Januari 2018, Anies yang menggunakan KRL dari Balai Kota untuk menghadiri pernikahan anak dari eks Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjoyanto di Depok, Jawa Barat. 

Tak ketinggalan, Anies pun naik MRT dari Stasiun Fatmawati menuju kantornya di Balai Kota, pada hari pertama pengoperasian MRT secara komersial pada April 2019.Anies juga pernah menumpang bus Transjakarta dari Halte Gelanggang Remaja menuju Halte PGC Jakarta Timur pada Desember 2018.

Tak ketinggalan, Anies pun naik MRT dari Stasiun Fatmawati menuju kantornya di Balai Kota, pada hari pertama pengoperasian MRT secara komersial pada April 2019.

Baca juga:

Berita terkait
0
Kasus Novel, Jokowi Tagih Kapolri dalam Hitungan Hari
Presiden Jokowi menagih Kapolri Idham Azis soal investigasi kasus penyiraman air keras ke penyidik KPK Novel Baswedan, agar segera dituntaskan.