Jokowi Blusukan Dadakan Pastikan PPKM Mikro Berjalan Lancar

Presiden Joko Widodo melakukan blusukan langsung ke beberapa daerah untuk meninjau PPKM skala mikro berjalan lancar dan aman di masyarakat.
Presiden Joko Widodo tinjau PPKM mikro. (Foto: Tagar/Dok Kominfo)

Jakarta – Presiden Joko Widodo melakukan blusukan langsung ke beberapa daerah untuk meninjau pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro berjalan lancar, Sabtu, 26 Juni 2021.

Dalam kesempatan itu, tampak ikut mendampingi Presiden Jokowi di antaranya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Presiden Jokowi menginspeksikan pelaksanaan PPKM skala mikro di RW 01, Kelurahan Rawasari Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Jokowi sempat berbicara dengan ketua RW setempat. 


Saya minta betul Gubernur, Bupati, Wali Kota dan diseluruh Indonesia dari sabang sampai merauke untuk melaksanakan PPKM skala mikro.


Ia ingin memastikan pelaksanaan PPKM skala mikro berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi meminta agar seluruh daerah menerapkan PPKM skala mikro berjalan dengan baik dan disiplin.

Ketua RW setempat menjelaskan kepada Presiden Jokowi bahwa memang ada warga setempat yang terpapar Covid-19, karena banyak warga yang bekerja di luar. 

Mantan Wali Kota Solo itu pun meminta agar kepala daerah bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) memastikan PPKM berjalan secara menyeluruh sampai ke tingkat komunitas terkecil seperti RT dan RW. 

“Saya minta betul Gubernur, Bupati, Wali Kota dan diseluruh Indonesia, dari sabang sampai merauke dan dibantu oleh Pangdam, Kapolda, Dandim dan Kapolres. Guna menggerakkan Bapinsa dan Bapinkamtibnas untuk mendampingi Pemda mendampingi orang dan mendampingi RW dalam rangka pelaksanaan PPKM mikro,” ujar Presiden Jokowi saat memberi arahan kepada RW setempat dan awak media, Sabtu, 26 Juni 2021.

Ia juga mengatakan yang diperlukan saat ini di masa pandemi ini adalah pengawasan lapangan, kontrol lapangan yang berjalan atau tidak berjalan. Kebijakan yang dibuat akan sia-sia jika masyarakat dan aparat daerah tidak serius dalam menjalankan PPKM mikro. 

(Selfiana)

Berita terkait
Jokowi Minta TNI dan Polri Sukseskan Target 2 Juta Vaksinasi
Presiden Jokowi meminta agar TNI dan Polri turut menyukseskan target pemrintah dua juta suntikan vaksinasi Covid-19 pada bulan Agustus 2021
Jokowi Minta Target Harian Vaksinasi 1 Juta Dosis Dipertahankan
Presiden Jokowi tinjau vaksinasi massal kepada masyarakat di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, 26 Juni 2021
Jokowi Sebut Penanganan Pandemi Covid-19 Perlu Kesamaan Frekuensi
Pandemi Covid-10 harus direspons dengan kebijakan yang cepat dan tepat, yang membutuhkan kesamaan frekuensi oleh semua pihak
0
Jokowi Blusukan Dadakan Pastikan PPKM Mikro Berjalan Lancar
Presiden Joko Widodo melakukan blusukan langsung ke beberapa daerah untuk meninjau PPKM skala mikro berjalan lancar dan aman di masyarakat.