UNTUK INDONESIA

Jokowi: Berikan Perhatian Khusus Soal Lapangan Kerja

Presiden Jokowi mengingatkan para menteri agar memberikan perhatian khusus terhadap penciptaan lapangan pekerjaan.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan inspeksi mendadak (sidak) kegiatan simulasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Tanah Sareal, Bogor. (foto: Biro Setpres).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajaran menterinya agar memberikan perhatian khusus terhadap penciptaan lapangan pekerjaan. Ini bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca terdampak pandemi Covid-19.

Saya kira ini terus didorong agar bisa membantu meningkatkan daya beli masyarakat.

"Yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi, saya minta agar yang berkaitan dengan lapangan kerja itu menjadi perhatian, berikan perhatian khusus untuk hal-hal yang berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja," kata Jokowi dalam rapat terbatas (Ratas) evaluasi penganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, Senin, 23 November 2020.

Jokowi menjelaskan, meningkatkan konsumsi rumah tangga menjadi hal yang paling dibutuhkan saat ini. Untuk mewujudkannya, menurut dia, dengan mendorong usaha mikro, kecil, menengah, dan besar (UMKM).

"Usaha kecil, usaha mikro, usaha menengah, usaha besar didorong untuk mulai bergerak," ucapnya.

Selain itu, kata Jokowi, realisasi anggaran di beberapa program dilihat berjalan dengan baik. Misalnya, subsidi gaji sudah mencapai 82 persen, Banpres produktif untuk pemberian atau bantuan modal kerja pada usaha mikro sudah terealisasi sebesar 79 persen.

"Saya kira ini terus didorong agar bisa membantu meningkatkan daya beli masyarakat," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, ekonomi Indonesia masuk ke jurang resesi pada kuartal III 2020. Ini lantaran ekonomi Indonesia yang minus dalam dua kuartal berturut-turut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Indonesia minus 5,32 persen pada kuartal II 2020 dan pada kuartal III 2020 minus 3,49 persen. Jokowi berharap agar ke depannya ekonomi Indonesia bisa segera pulih kembali.

"Tren di kuartal kedua, dari minus 5,32 membaik di kuartal ketiga minus 3,49. Ini harus terus kita perbaiki agar di kuartal keempat lebih baik dari kuartal ketiga," tuturnya. []

Berita terkait
Jokowi Melalui Erick Thohir Buat Perubahan Drastis di BUMN
Pernusa menilai Presiden Jokowi melalui Menteri Erick Thohir berhasil membuat perubahan yang signifikan di Kementerian BUMN.
Hadiri KTT APEC 2020, Jokowi Temukan Berbagai Terobosan
Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) secara virtual, temukan terobosan
Jokowi: UU Cipta Kerja Positif untuk Iklim Usaha & Investasi
Jokowi menyampaikan dengan UU Cipta Kerja, Indonesia akan mampu keluar dari masalah krisis perekonomian.
0
Jokowi: Berikan Perhatian Khusus Soal Lapangan Kerja
Presiden Jokowi mengingatkan para menteri agar memberikan perhatian khusus terhadap penciptaan lapangan pekerjaan.