UNTUK INDONESIA

Hadiri KTT APEC 2020, Jokowi Temukan Berbagai Terobosan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) secara virtual, temukan terobosan
Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) secara virtual Jumat malam, 20 November 2020 dan temukan terobosan Bogor Goals. (foto: istimewa).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) secara virtual pada Jumat malam, 20 November 2020 dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kali ini, Malaysia menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT APEC tahun 2020 yang mengangkat tema 'Optimising Human Potential Towards a Resilient Future of Shared Prosperity: Pivot, Prioritise, Progress', mencerminkan harapan akan ketahanan, kelincahan, dan pertumbuhan ekonomi inklusif di kawasan Asia-Pasifik melalui konsep kesejahteraan bersama selama pandemi Covid-19.

Saya kembali membaca Bogor Goals dan menemukan berbagai terobosan besar yang masih sangat relevan.

Diketahui, Presiden Jokowi akan menyuarakan pentingnya merajut kembali strategic trust untuk memperkuat fondasi kebersamaan ekonomi anggota APEC, serta menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan guna memulihkan ekonomi global akibat terjangan pandemi berkepanjangan.

Baca juga:  Jokowi: UU Cipta Kerja Positif untuk Iklim Usaha & Investasi

“Saat ini saya berada di Bogor, tempat kelahiran Bogor Goals 26 tahun yang lalu. Saya kembali membaca Bogor Goals dan menemukan berbagai terobosan besar yang masih sangat relevan,” ujar Presiden saat berpidato dalam KTT APEC tahun 2020 melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, 20 November 2020.

APEC 2020 diharapkan dapat menyepakati visi yang akan menentukan arah kerja APEC untuk 20 tahun mendatang.

Baca juga:  Jokowi Sebut Sektor Pangan Butuh Cara Inovatif

Visi tersebut akan meneruskan visi Bogor Goals yang merupakan kerangka kerja sama APEC selama 26 tahun terakhir yang disepakati pada masa keketuaan Indonesia di APEC 1994.

Pada KTT APEC kali ini, Presiden Jokowi didampingi oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jaelani. []

Berita terkait
Rizieq Shihab dan Provokasi Jokowi Presiden Ilegal
Dukungan untuk OC Kaligis yang meminta Panglima TNI Hadi Tjahjanto menghentikan provokasi Rizieq Shihab termasuk provokasi Jokowi presiden ilegal.
Yusril: Jokowi Maupun Tito Tak Bisa Berhentikan Kepala Daerah
Yusril menilai presiden maupun mendagri tidak memiliki kewenangan untuk memberhentikan atau mencopot seorang kepala daerah.
Cari Aman di 2024, Relawan Jokowi Curiga Doni Monardo Main Dua Kaki
Relawan Jokowi curiga Doni Monarmo bermain dua kaki, dan pro terhadap Anies Baswedan untuk politik di tahun 2024 mendatang.
0
Hadiri KTT APEC 2020, Jokowi Temukan Berbagai Terobosan
Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) secara virtual, temukan terobosan