UNTUK INDONESIA
Joaquin Phoenix Jadi Aktor Terbaik di Oscar 2020
Aktor Joaquin Phoenix memberikan pidato kemenangan usai memenangkan piala Oscar sebagai aktor terbaik di ajang Academy Awards 2020.
Aktor Joaquin Phoenix memberikan pidato kemenangan usai memenangkan piala Oscar sebagai aktor terbaik di ajang Academy Awards 2020. (Foto: Twitter/Tha Academy)

Jakarta - Aktor Joaquin Phoenix akhirnya benar-benar meraih piala Oscar pertamanya di ajang The Academy Award ke-92 pada tahun 2020 ini. Tokoh utama dalam film fenomenal Joker itu memenangkan penghargaan untuk kategori Actor In Leading Role alias sebagai Aktor Terbaik.

Dalam kategori tersebut, Phoenix harus bersaing dengan nama-nama besar yang sama-sama masuk dalam nominasi seperti Antonio Banderas (film Pain and Glory), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time.. In Hollywood), Adam Driver (Marriage Story) dan Jonathan Pryce (The Two Popes).

Saat naik ke atas pentas dan berpidato, Phoenix mengatakan tidak merasa berhasil mengungguli aktor-aktor lain yang sama-sama masuk dalam nominasi. Ia juga mengaku bersyukur mendapatkan kesempatan berdiri di atas panggung untuk berbicara mewakili banyak isu dan kepentingan banyak orang.

"Saya tidak merasa mengungguli siapapun yang ada di ruangan ini, karena saya yakin semua memiliki dan salng membagi kecintaan yang sama untuk dunia perfilman," kata Joaquin Phoenix dalam pidatonya.

"Tapi keberkahan yang saya dapatkan atas kemenangan ini adalah, saya bisa menyuarakan banyak hal mewakili banyak orang yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bersuara. Saya telah memikirkan banyak persoalan dan isu yang terus kita hadapi bersama sebagai masyarakat," kata dia.

Dalam pidato tersebut, aktor 45 tahun itu menyinggung soal rasisme, persamaan hak antar gender dan tentang keselestarian dan hak hewan-hewan.

Joaquin PhoenixAktor Joaquin Phoenix memberikan pidato kemenangan usai memenangkan piala Oscar sebagai aktor terbaik di ajang Academy Awards 2020. (Foto: Twitter/Tha Academy)

Film Joker sendiri masuk dalam sejumlah nominasi dalam ajang The Academy Award 2020. FIlm arahan sutradara Todd Phillips itu bersaing dalam kategori antara lain, Best Picture, Best Director, Best Actor, Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Costume Design, Film Editing, Makeup and Hairstyling, Original Score, Sound Editing, dan Sound Mixing.

Selain itu, film ini juga sukses memboyong sejumlah penghargaan dan masuk radar nominasi berbagai kategori di ajang lain seperti daftar nominasi Golden Globe 2020 untuk Film Terbaik dan Original Score Terbaik. Sutradara Todd Phillips juga menerima nominasi Sutradara Terbaik bersama dengan nominasi Aktor Terbaik untuk Joaquin Phoenix.

Baca juga: Film Joker dalam Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2020

Dalam hal pencapaian finansial, Film Joker berhasil meraup pendapatan hingga menyentuh angka lebih dari US$ 1 miliar. []

Berita terkait
Parasite Raih Piala Oscar 2020, Bong Joon-Ho Tenar
Sutradara Bong Joon-Ho memberikan pidato kemenangan saat film arahannya, Parasite, berhasil memenangkan piala Oscar 2020.
Brad Pitt Raih Piala Oscar 2020, Trump Kena Sentil
Aktor Brad Pitt sempat sentil kasus pemakzulan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump saat pidato kemenangan Piala Oscar 2020.
Kirk Douglas dan Misteri Hilangnya Pemenang Oscar
Kirk Douglas merupakan salah satu aktor yang menjadi saksi raibnya seorang pemenang Oscar pada tahun 1957.
0
Seekor Harimau di Subulussalam Masuk Perangkap BKSDA
Seekor harimau Sumatera berhasil masuk perangkap yang dipasang oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Aceh.