Jepang Perluas Keadaan Darurat Covid-19 Selama Olimpiade

Jepang perluas keadaan darurat Covid-19 ke empat wilayah selain di Tokyo, 30 Juli 2021, menyusul lonjakan infeksi yang membukukan rekor baru
Para pejalan kaki melintasi persimpangan jalan di dekat Stasiun Shimbashi di Tokyo, Kamis, 29 Juli 2021, sehari setelah diumumkannya kasus virus corona tertinggi di kota tuan rumah Olimpiade ini (Foto: voaindonesia.com - AP/Kntaro Komiya)

Tokyo – Jepang memperluas keadaan darurat virus corona (Covid-19) ke empat wilayah lagi selain di Tokyo pada hari Jumat, 30 Juli 2021, menyusul lonjakan infeksi yang membukukan rekor baru.

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, mengumumkan bahwa keadaan darurat di Saitama, Kanagawa dan Chiba, dekat Tokyo, serta di Osaka, berlaku efektif mulai Senin, 2 Agustus hingga 31 Agustus 2021.

PM Suga konpres tanggapan covid jepangPM Jepang, Yoshihide Suga, menghadiri konferensi pers tentang tanggapan Jepang terhadap pandemi Covid-19, di kediaman resminya selama Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, 30 Juli 2021 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Issei Kato/Pool)

Suga juga mengatakan, tindakan darurat yang saat ini sudah diberlakukan di Tokyo dan pulau Okinawa akan diperpanjang hingga akhir Agustus, setelah Olimpiade dan juga Paralimpiade yang dimulai 24 Agustus 2021.

Lima wilayah lainnya, termasuk Hokkaido, Kyoto, Hyogo dan Fukuoka, akan ditempatkan di bawah kebijakan pembatasan darurat yang tidak terlalu ketat.

foto di cincin olimpiadeWarga berfoto dengan tampilan Cincin Olimpiade di Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Kamis, 8 Juli 2021 (Foto: voaindonesia.com - AP/Koji Sasahara)

Tokyo telah melaporkan rekor peningkatan kasus selama tiga hari berturut-turut, termasuk 3.865 pada hari Kamis, 29 Juli 2021, sebelum mencatat 3.300 lagi pada hari Jumat, 30 Juli 2021.

Jumlah kasus baru harian itu meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan pekan lalu, meskipun para pejabat mengatakan lonjakan itu tidak terkait dengan Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung dari tanggal 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 (ab/uh)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Covid-19 Melonjak di Jepang Saat Tokyo Jadi Tuan Rumah Olimpiade
Pemerintah Jepang diminta kirim pesan yang jelas bagi masyarakat di tengah-tengah melonjaknya kasus Covid-19
Olimpiade 2020: Jepang Raih 149% Kasus Covid-19 dalam 7 Hari
Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga mendorong masyarakat Tokyo untuk lakukan work from home (WFH) dan menghindari kegiatan yang tidak penting.
Jepang Tetapkan Keadaan Darurat Baru Covid-19 di Tokyo
Jepang tetapkan keadaan darurat baru di Tokyo karena lonjakan Covid-19 sampai mencakup masa penyelenggaraan olimpiade
0
Jepang Perluas Keadaan Darurat Covid-19 Selama Olimpiade
Jepang perluas keadaan darurat Covid-19 ke empat wilayah selain di Tokyo, 30 Juli 2021, menyusul lonjakan infeksi yang membukukan rekor baru