Jelang 2024, Konsultan Politik jadi Bisnis Menggiurkan

Kampanye kreatif yang menjadi fokus layanan Ethical Politics hingga baik iklan politik, maupun social movement atau aktivasi gerakan sosial.
Pilpres 2024

TAGAR.id, Jakarta - Kontestasi Pemilihan Umum Presiden tahun 2024 sudah di depan mata. Kendati wacana penundaan pemilu terus bergulir namun nyatanya sejumlah lembaga survey terus aktif merilis sejumlah nama yang kerap kali masuk dalam bursa Calon Presiden Republik Indonesia. 

Figur yang masih menjadi ‘top of mind’ publik antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

Munculnya nama para tokoh tersebut dalam bursa Calon Presiden membuat kontestasi Pilpres 2024 terasa semakin dekat. Bisnis konsultan politik pun menjadi sebuah bisnis potensial di tahun pemilu tersebut karena di tahun yang sama pemilu legislatinf dan pilkada juga akan diselenggarakan secara serentak oleh KPU RI.

Di Indonesia konsultan politik umumnya merupakan Lembaga Survey yang berdiri pasca pemilu 1999. Beberapa di antaranya Lembaga Survey Indonesia, Lingkaran Survei Indonesia, Poltracking, PolMark, Vox Indonesia, Charta Politika hingga Indikator Politik. Pada pemilu serentak di tahun 2024 Indonesia menghadapi fenomena yang sedikit berbeda. 

Bonus demografi membuat pemilih akan dikuasai oleh generasi millennial dan generasi Z dimana jumlah mereka bisa mencapai 35 % - 40 % dari total DPT (Daftar Pemilih Tetap). Hal ini tentu membuat kampanye kreatif menjadi alternatif kampanye yang diharapkan dapat memikat hati pemilih khususnya dari kalangan Millenial dan Gen Z.

Kebutuhan akan kampanye kreatif dan narasi politik yang mudah dipenetrasikan dengan voters millennial dan Gen Z membuat Ethical Politics salah satu Konsultan Politik Digital pertama di Indonesia yang berdiri sejak Februari 2018 lalu memutuskan untuk fokus ke layanan kampanye kreatif. 

Kampanye kreatif yang menjadi fokus layanan Ethical Politics ialah konten video baik iklan politik, maupun social movement atau aktivasi gerakan sosial, hingga pembuatan jingle untuk pemilihan umum juga event-event politik. Hal ini sejalan dengan spirit voters yang diyakini banyak dipengaruhi oleh apa yang ada di media sosial.

“Kami melihat digitalisasi yang tumbuh pesat di Indonesia dibarengi dengan demografi menjadi blue ocean yang belum banyak dimainkan oleh konsultan politik sebelumnya” ujar Hasyibulloh Mulyawan Direktur Eksekutif Ethical Politics. 

Ia menambahkan bahwa porsi DPT yang dikuasai oleh generasi millennial dan Z membuat konten kampanye harus lebih kreatif dan sederhana namun berisi tanpa mengurangi esensi atau makna peran politik yang ingin disampaikan oleh kandidat. 


Kampanye kreatif yang menjadi fokus layanan Ethical Politics ialah konten video baik iklan politik, maupun social movement atau aktivasi gerakan sosial, hingga pembuatan jingle untuk pemilihan umum juga event-event politik.


“Justru dengan adanya bonus demografi millennial dan Gen Z, sudah saatnya kita beradu gagasan dan kreatifitas untuk dapat mengemas pesan politik dan kampanye agar dapat diterima publik” tambahnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, jasa konsultan politik berkisar di atas Rp.100 Juta hingga Miliaran rupiah bergantung pada skup pekerjaan konsultan politik tersebut, apakah hanya menangani survei, pendampingan debat kandidat, hingga terjun bersama tim sukses kandidat untuk melakukan lobi-lobi politik.[]

Berita terkait
Anis Matta: Partai Gelora Siap Ikuti Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024
Gelora Indonesia menyatakan, siap mengikuti verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 saat pendaftaran dibuka Agustus 2022.
Nasib PDIP Apabila Tidak Usung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024
Jika PDIP melawan banyak survei yang menempatkan Ganjar Pranowo di papan atas elektabilitas, ini nasib yang bakal diterimanya di Pilpres 2024.
2014 Menang, 2019 Menang, 2024 PDIP Ingin Menang Lagi
Kalau kami menang, eksekutif legislatif kompak, kami bisa melakukan banyak hal untuk rakyat - Puan Maharani bertekad 2024 PDIP menang lagi.
0
Jelang 2024, Konsultan Politik jadi Bisnis Menggiurkan
Kampanye kreatif yang menjadi fokus layanan Ethical Politics hingga baik iklan politik, maupun social movement atau aktivasi gerakan sosial.