Jasa Press Release Berbasis SEO

Layanan profesional jasa press release berbasis SEO, sangat bersahabat dengan mesin pencari oleh GALASEO, digital agency di Jakarta.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Geralt)

Jakarta - Press release berbasis Search Engine Optimization (SEO) menjadi solusi melawan tantangan transformasi tatanan bisnis yang berlangsung cepat pada tahun 2020. 

Berbagai bidang bisnis dihadapkan pada kondisi transisi yang penuh dengan ketidakpastian. Pertumbuhan ekonomi berada dalam ambang resesi dan bahkan ada beberapa negara yang sudah masuk dalam kondisi resesi secara teknis, yaitu ekonomi berkontraksi, menjadi negatif selama 2 kwartal berturut-turut.

Bagaimana untuk bangkit dari kondisi yang ada untuk dunia usaha?

Di antara sekian banyak cara yang disiasati oleh pelaku bisnis, ada satu yang akan diuraikan di sini sebagai opsi yang baik yaitu press release berbasis SEO. Ini adalah sebuah pendekatan yang bisa dilakukan ketika menciptakan konten press release di era digital, dengan tampil di media massa online.

Media online nasional dan internasional menjadi kanal yang diakses untuk mengetahui perkembangan terbaru, hal-hal yang sedang terjadi di berbagai belahan dunia mana pun. Karena itu lah yang menjadi nilai lebih sebagai cuplikan berita dan ulasan terkait dengannya. Komunikasi massa yang selalu menyajikan hal-hal yang bisa menggugah pandangan dan persepsi bagi mereka yang membacanya.

"Berdasarkan data yang dikutip dari beberapa sumber (Sekarang sudah berubah menjadi Lokadata), 12 Februari 2019 yang diolah dari Survei Sosial Ekonomi Nasional tahun 2017 oleh Badan Pusat Statistik, pembaca berita daring (online) di Indonesia mencapai 50,7 juta orang di 2017, peningkatan 35,8 persen dibandingkan 2015, yang didominasi warga perkotaan, dengan porsi 74,7 persen, sisanya adalah mereka yang berada di pedesaan. Yang menarik adalah Generasi Z dan Y mendominasi pasar ini," ucap Tandil Wijaya dari GALASEO, digital agency, konsultan SEO dan Cyber PR di Jakarta.

Kebiasaan membaca berita online ini tidak bisa terlepas juga dari kebiasaan mengakses media sosial secara rutin, pola waktu yang terpakai diantara kedua platform tersebut tentu bisa berbeda antara wilayah, yang berkorelasi dengan tingkat pendidikan, infrastruktur IT dan ketersediaan dan kecepatan internet dan preferensi antara informasi hiburan dan hal-hal yang lebih serius.

Yang bisa diambil sebagai visi ke depan adalah akses internet ini akan terus meluas seiring kemajuan teknologi informasi dan kemampuan mengolah informasi yang lebih baik untuk memahami pola konsumsi produk dan jasa serta hiburan.

Akses informasi yang kredibel dan SEO-friendly

Banyak informasi yang ada di platform online menjadikannya medan yang menantang untuk meningkatkan kredibilitas bisnis melalui informasi dan edukasi yang terjangkau secara akses dan biaya untuk menyelenggarakannya, jasa press release menjadi pilihan yang cukup logis.

Press release sama seperti metode distribusi informasi lainnya juga memerlukan sarana untuk hadir di tengah publik.

Media berita online di Indonesia sudah berkembang sejauh ini. Setiap wilayah dan daerah mempunyai media online masing-masing, terlepas apakah media tersebut sudah dikelola secara profesional, swadaya, terdaftar secara resmi, mengikuti kode etik media pers dan lain sebagainya. Dikutip dari JawaPos online, 9 Februari 2018, terdata ada 43.000 lebih media online.

Semua media berita berlomba untuk menyajikan konten-konten populer atau terbaru yang sedang digandrungi oleh masyarakat maupun berita segmen yang terkait dengan hobi, keahlian, inovasi baru, mikro dan makro ekonomi.

Dengan demikian, media-media berita online itu pun mempunyai segmen pembaca dan liputan yang saling beririsan dalam pangsa pasarnya, dan pembaca media pun mempunyai preferensi masing-masing juga.

Selain syarat administratif dan hukum, ada juga faktor teknis dan non-teknis yang ikut menentukan seberapa bagus kinerja media berita online untuk ditemukan dan dibaca oleh netizen yang sedang mencari solusi dan alternatif yang bisa membantu mengatasi masalah keseharian.

Press release berbasis SEO menjadi sebuah metode kreatif untuk menjangkau pembaca tersebut melalui media-media berita online tersebut lewat pencarian daring (online) dan ini tertuju langsung pada mesin pencari seperti Google dan Bing.

Jadi ada 2 manfaat sekaligus dengan press release berbasis SEO, yaitu:

1.Tampil di media berita online yang berbeda-beda.

2.Muncul di mesin pencari Google untuk pencarian yang berbeda-beda tetapi masih relevan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut dengan baik press release ini perlu diolah lebih lanjut dengan menerapkan asas-asas SEO yang sudah dipahami oleh tenaga ahli SEO.

Tanpa memperhatikan aspek-aspek SEO tersebut, maka hasil liputan tersebut malah akan saling menyisihkan, karena masih adanya tendensi untuk sementara kalangan kalau press release itu harus disamaratakan untuk semua media. Ini menjadi sebuah titik fokus yang perlu disampaikan kepada mereka yang hendak menggunakan jasa press release berbasis SEO.

SEO sendiri adalah teknis optimasi agar konten yang sudah diolah sedemikian rupa bisa mempunyai nilai lebih untuk tampil di pencarian Google dan mesin pencari lainnya. Dia bersifat dinamis dan otomatis, jadi optimasi secara SEO ini melakukan identifikasi terhadap media sebagai platform dan konten sebagai informasi yang unik, berbobot dan relevan.

• Tandil Wijaya, Penggiat Cyber PR dan ahli optimasi dari GALASEO, digital agency di Jakarta yang didirikan bersama Master SEO Indonesia, Charlie M. Sianipar 

Berita terkait
Go-digital, Peluang UMKM Bertahan di Tengah Covid-19
KemenKopUKM bakal mendorong UMKM memanfaatkan program go-digital di tengah pandemi Covid-19 agar bertahan dan memanfaatkan peluang yang ada.
Mengenal Apa Itu Influencer Marketing Platform
Influencer marketing platform adalah wadah bagi mereka yang memiliki kekuatan di media sosial untuk dipertemukan dengan merek dagang.
0
Muhammadiyah: Jauhi Politisasi Pancasila untuk Kepentingan
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir meminta agar seluruh masyarakat menjauhi politisasi terhadap Pancasila untuk kepentingan apapun.