UNTUK INDONESIA
Jakarta WFH 2 Pekan, PLN Jamin Pasokan Listrik Aman
PLN menjamin pasokan listrik tetap aman dan pelayanan pelanggan terjaga meskipun diberlakukan kebijakan Work From Home.
Menteri Keuangan Sri Mulyani work from home atau kerja dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona, Selasa, 17 Maret 2020. (Foto: Facebook/Sri Mulyani Indrawati)

Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjamin pasokan listrik tetap aman dan pelayanan pelanggan terjaga meskipu diberlakukan kebijakan Work from Home (WFH) imbas pencegahan penyebaran Covid-19 pada pegawai PLN.

Sebab, tidak semua kebijakan WFH diberlakukan pada pegawai PLN. Misalnya kelomok pegawai yang bertugas pada unit-unit Pengatur Beban, Transmisi, Distribusi, Pembangkit (Control Room dan Dispatcher Room), Call Center 123, Command Center, dan Posko Pelayanan Teknik.

"Tetap kami siagakan, sehingga pelayanan listrik kepada pelanggan tetap terjaga maksimal,” ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini di Jakarta, Minggu,22 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, pegawai yang bertugas pada unit-unit yang bersifat pendukung dan administratif di kantor-kantor PLN, baik di pusat maupun daerah, PLN meminta mereka untuk bekerja dari rumah.

“Dengan cara dan pengelolaan pekerjaan seperti itu, PLN memastikan dan menjamin pasokan listrik kepada pelanggan tetap terjaga selama pemberlakuan kebijakan WFH maupun Split Team,” ucapnya.

Baca juga: Imbas Corona Cicilan Motor Diberi Keringanan Setahun

Setelah pemetaan, kelompok kerja itu dibagi menjadi tiga. Pertama, bagian-bagian mana yang harus tetap bekerja penuh tidak boleh berhenti atau 24 jam, kedua bagian mana yang dapat dijalankan melalui kantor-kantor PLN, dan ketiga bagian-bagian mana yang dapat dikerjakan oleh pegawai dari tempat tinggal mereka.

Dengan demikian, pihak PLN kata Zulkifli Zaini pihak PLN juga dapat memberi bantuan terhadap para pegawainya. Misalnya pegawai yang harus bekerja dan berada di kantor karena memegang tanggung jawab kritikal.

"PLN menyediakan kendaraan antar jemput dari rumah tinggal menuju kantor sehingga mengurangi interaksi pegawai-pegawai tersebut di tempat-tempat umum yang rawan penularan," ucapnya.

Selain itu, menurut dia PLN menyediakan ruang pemeriksaan kesehatan khusus beserta tenaga medis dan peralatan pendukung untuk memonitor kondisi kesehatan pegawai. Di samping itu, mereka yang harus bekerja di unit-unit kritikal tersebut akan diperhatikan asupan gizinya.

"Mereka juga kami berikan tambahan makanan sehat dan vitamin untuk menjaga supaya tidak jatuh sakit,” tutur dia. []

Berita terkait
Erick Thohir Cukupi Kebutuhan Masker, Obat, dan APD
Menteri BUMN Erick Thohir mencoba semaksimal mungkin mendukung kegiatan antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona yang meluas di Indonesia.
Update Kasus Covid-19, 514 Positif, 48 Meninggal
Juru Bicara Pemerintah untuk virus corona atau Covid-19 Achmad Yurianto menuturkan angka kasus positif Covid-19 dalam negeri terus meningkat.
Jokowi Minta RS Swasta Bantu Pelayanan Pasien Covid-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah sedang mengupayakan rumah sakit swasta terlibat menangani pasien virus corona (Covid-19).
0
Penyebab Gadis Bulukumba Bunuh Diri Belum Terungkap
Misteri kematian gadis berusia 18 tahun di Kabupaten Bulukumba belum juga terungkap. Ini sejumlah saksi yang diperiksa polisi.