UNTUK INDONESIA
Jakarta Banjir, Anies Baswedan Dikecam Warganet
Unggahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terkait banjir melalui akun @aniesbaswedan mendapat banyak kecaman warganet
Kendaraan melintasi banjir di kawasan Jalan S. Parman, Jakarta Barat, Rabu, 1 Januari 2020. Banjir tersebut disebabkan tingginya curah hujan serta buruknya sistem drainase di kawasan tersebut. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta – Bencana banjir tengah melanda Ibu Kota sejak 31 Desember 2019, tepatnya saat menjelang perayaan tahun baru 1 Januari 2020, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, jadi sorotan publik dan media, tak terkecuali warganet (netizen). Beberapa unggahan Anies di akun media sosialnya menuai kecaman warganet.

Melalui akun twitternya @aniesbaswedan, Anies mengunggah sebuah video berdurasi sekitar 1 menit yang memperlihatkan dirinya tengah berada di lokasi banjir. Dalam video tersebut, Anies mengimbau warga Jakarta untuk tetap waspada dan segera menghubungi pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk mendapat bantuan dan evakuasi.

“Saya instruksikan seluruh jajaran pada hari ini semua bertugas, dan kepada masyarakat yang membutuhkan dukungan, bantuan, silakan hubungi lurah terdekat atau kontak ke nomor 112. Seluruh jajaran Pemprov Jakarta siaga membantu,” imbau Anies dalam video yang diunggah di akun twitter @aniesbaswedan.

Video imbauan tersebut nampaknya tak disambut baik oleh warganet. Beberapa komentar netizen mempertanyakan kebijakan Anies perihal penanggulangan banjir yang belum dirasakan warga Jakarta hingga saat ini sejak dia menjabat sebagai gubernur. Salah satunya, akun twitter @sarah_Pndj. Dalam kolom komentar di postingan video @aniesbaswedan, ia menyinggung perihal pemotongan anggaran pengendalian banjir oleh Anies sebesar Rp 500 miliar.

“Jakarta banjir ky gini mungkin karena Pak @aniesbaswe dan memotong anggaran banjir nya,” cuit akun @sarah_Pndj.

anies1Foto: @aniesbaswedan

Ada lagi cuitan dari akun @pocosatria yang mengatakan, “Wan, faktanya banjir trparah itu di wilayah ente, jgn bawa2 daerah lain. Sjak lu jd gub, jkt sdh lbh dr 1x banjir parah, ga ada upaya signifikan dr pemprov dki utk cegah banjir pdhl anggaran fantastis sdh dihambur2kan u/ proyek bongkar psg ga guna.” @pocosatria juga menambahkan hashtag #BanjirkotanyaTenggelamwarganya dalam komentarnya.

Lanjut, akun @rbratanegara turut berkomentar, “BACOT LO GEDE PAK. KEBANYAKAN BACOT TEORI. FAKTANYA JAKARTA LUMPUH KARENA BANJIR.

Di postingan lain Anies Baswedan beberapa jam lalu, lewat akun twitter @aniesbaswedan, gubernur kelahiran Kuningan, Jawa Barat itu menginformasikan kepada warga Jakarta terkait lokasi pengungsian dan kesiagaan seluruh jajaran Pemprov DKI dalam menghadapi banjir. Namun, postingan tersebut lagi-lagi mendapat kecaman dari netizen.

Lewat cuitannya, akun @jrdne turut meramaikan kolom komentar di postingan Anies, “Bacot lo goblok, kalo ANTISIPASINYA BENER uda pasti ga banjir blog! GANTI RUGI MOBIL GW YG KERENDEM GR2 KETOLOLAN LO WOI!

ikut mengecam Anies di kolom komentar postingan tersebut, “Mundur saja pak. Lebih baik. Baik untuk bapak juga baik untuk warga Jakarta.”@mulanbilqis ikut mengecam Anies di kolom komentar postingan tersebut, “Mundur saja pak. Lebih baik. Baik untuk bapak juga baik untuk warga Jakarta.”

Akun @M_faiqfurqon, menyarankan Anies berkonsultasi dengan Ahok untuk penanganan banjir di Ibu kota, “Saya sarankan Panjenengan konsultasi sama pak @Ahok untuk menangani soal banjir, siapa tau dapat solusi. Jangan malu konsultasi, karena semua demi rakyat Jakarta. Akuilah bahwa pak Anies Baswedan gagal menangani soal banjir. Dan pak @Ahok agak lumayan mengenai soal banjir.”

menyertakan kekesalannya kepada warganet yang menyalahakan Anies atas bencana banjir. “Jgn salahkan pak Anies, kan dia ngk berbuat apa2…(emotikon tepok jidat). Sadar donk kalian itu woyy, kalian yang milih dia dulu itu mmg KOMUNIS!!! *Korban Mulut AnIs.”@haluangabang menyertakan kekesalannya kepada warganet yang menyalahakan Anies atas bencana banjir. “Jgn salahkan pak Anies, kan dia ngk berbuat apa2…(emotikon tepok jidat). Sadar donk kalian itu woyy, kalian yang milih dia dulu itu mmg KOMUNIS!!! *Korban Mulut AnIs.”

Sementara di akun instagramnya, @aniesbaswedan, anies baru saja melakukan inspeksi ke lokasi banjir di daerah Cawang yang disiarkan melalui siaran langsung di instagram. Selain itu, Anies juga mengunggah postingan video serupa dengan yang diunggahnya di twitter. Respon warganet pun bermacam-macam.

Seperti komentar @yusup_1812, “Hasil jual mayat dan agama. Jakarta banjir. Pemimpin yang menepati janji menyediakan kolam-kolam di seluruh Jakarta” ujarnya.

Terakhir, @azpif dalam akun instagram ikut meramaikan kolom komentar, “GILA YA MASIH NYALAHIN ANIES, GAK ADA INSTROPEKSINYA MANUSIA2 INI YA TUHAN…KLO G MAU BANJIR MULAI DARI DIRI SENDIRI LAH, BUANG SAMPAH AJA MASIH SEMBARANGAN,”

Hingga saat ini, sejumlah kawasan di Jakarta masih terendam banjir seperti, Kemang Raya, Ciracas, Bekasi, Duren Sawit, hingga landasan pacu (runaway) Bandara Halim Perdanakusuma. []

Berita terkait
BNPB Ungkap Faktor Utama Penyebab Banjir Jakarta
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan hampir di seluruh kawasan di Jakarta, tergenang banjir akibat hujan tahun baru yang sangat ekstrem.
Banjir Jakarta, Jokowi Minta BNPB Segera Bertindak
Presiden Jokowi mengatakan banjir yang melanda ibu kota Jakarta harus ditindaklanjuti secara serius karena menyangkut keselamatan warga
13 Koridor Transjakarta Terganggu Akibat Banjir
PT Transjakarta menyatakan sebanyak 13 koridor bus Transjakarta terganggu akibat banjir.
0
Banjir di Sumbawa NTB Tewaskan Satu Bocah SD
Bocah kelas 4 SD warga Dusun Untir, Desa Uma Beringin, Kecamatan Untir Iwes, Kabupaten Sumbawa, meninggal dunia akibat hanyut terbawa air banjir.