UNTUK INDONESIA
Jadwal Persib dan Peluang ke Papan Atas Liga
Persib Bandung mengakhiri Liga 1 edisi Juli dengan hasil mengecewakan. Mereka berharap bisa bangkit saat memasuki bulan Agustus.
Persib Bandung gagal meraih hasil maksimal di Liga 1 edisi Juli. Mereka berharap bisa bangkit di bulan Agustus. Pemain Persib Febri Hariyadi saat merayakan gol. ((Foto: ANTARA/M Agung Rajasa))

Jakarta - Persib Bandung menelan kekalahan telak 1-5 saat melakoni laga tandang melawan Arema FC di kompetisi Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa 30 Juli 2019. Kekalahan terbesar ini menjadikan Persib tertahan di papan tengah klasemen liga. 

Kekalahan terbesar kedua yang dialami Persib di musim ini. Sebelumnya, Persib yang juga melakoni laga tandang menelan kekalahan 0-4 dari Persebaya Surabaya.

Kekalahan dengan skor sama juga dialami tim-tim papan bawah seperti Persela Lamongan dan Perseru Badak Lampung FC. Mereka kalah dengan skor 1-5 oleh tim yang sama, Madura United

Hasil buruk di laga tandang menggagalkan upaya Persib memperbaiki posisi di klasemen. Apalagi di laga terakhir di kandang sendiri, Maung Bandung juga kalah 0-2 dari Bali United. Kekalahan berturut-turut itu menjadikan posisi Persib melorot drastis. 

Bulan Juli menjadi edisi keterpurukan tim asuhan Robert Rene Alberts. Di bulan yang sama, mereka mengalami dua kekalahan telak. Dari enam laga, Febri Hariyadi dkk hanya meraih tujuh poin dari peluang 18 poin. Di bulan itu, Persib kehilangan tiga poin di kandang sendiri, namun berhasil meraih poin penuh di laga away dengan mengalahkan PSIS Semarang 1-0. 

Persib berpeluang memperbaiki posisi saat memasuki edisi Agustus. Pasalnya, mereka rata-rata menghadapi tim-tim zona tengah dan bawah meski ada dua tim dari papan atas, PSM Makassar dan Borneo FC. Tanpa mengabaikan Borneo FC, namun PSM akan menjadi lawan terberat. Mantan tim asuhan Alberts ini menjamu Pangeran Biru pada Senin 19 Agustus 2019.  

Persib mengawali pertandingan dengan melakoni laga tandang melawan Barito Putera, Minggu 4 Agustus 2019. Hanya berselang lima hari atau 9 Agustus 2019, mereka dijamu Persela. Persib kemudian menjadi tuan rumah saat menghadapi Borneo FC, Rabu 14 Agustus 2019. 

Bulan Agustus akan menjadi penentuan bagi Persib. Bila memenuhi target, tim minimal bisa bertahan di papan tengah atau atau masuk peringkat lima atau enam. 

Saat ini, Persib masih tertahan di peringkat 11 dengan poin 13. Dengan jarak poin yang tidak jauh dengan tim-tim di atasnya, juara Liga 2014 ini masih memungkinkan naik ke papan atas. Kekalahan dari Arema FC menjadikan mereka tertinggal lima poin dari rivalnya yang menduduki peringkat empat. Jadi, peluang Persib ke papan atas masih terbuka. 

Jadwal Persib di bulan Agustus 

Minggu, 4 Agustus 2019:   Barito Putera vs Persiba

Jumat, 9 Agustus 2019:      Persela vs Persib

Rabu, 14 Agustus 2019:     Persib vs Borneo FC

Senin, 19 Agustus 2019:    PSM vs Persib

Minggu, 25 Agustus 2019: Badak Lampung vs Persib

Sabtu, 31 Agutus 2019:      Persib vs PSS Sleman []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Pesan Jokowi untuk Menteri Kabinet Kerja Jilid II
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin mengenalkan menteri yang bertugas di Kabinet Kerja jilid II dan memberikan enam pesan penting.