UNTUK INDONESIA
Isu Sekuel dan Fakta Lain Film Joker 2019
Fakta tentang film Joker terus diulas oleh warganet. Dari mulai dampak cerita dalam film bagi psikologi penontonnya, hingga isu penggarapan sekuel.
Aktor Joaquin Phoenix mengatakan film Joker merupakan karya yang sulit dan berdampak besar bagi para penontonnya. (Foto: Warner Bross)

Jakarta - Film karakter vilain DC Comics, Joker, masih menjadi topik hangat pembicaraan dalam dua pekan terakhir sejak dirilis secara global pada 2 Oktober 2019 lalu.

Sederet fakta tentang sosok badut gila ini terus diulas oleh warganet. Dari mulai dampak cerita dalam film bagi psikologi penontonnya, hingga isu penggarapan sekuel.

Berikut rangkuman sejumlah fakta tentang film Joker, karya sutradara Todd Phillips yang Tagar olah dari berbagai sumber.

JokerSosok Joker digambarkan begitu muram lagi kejam dengan ekspresi aktor Joaquin Phoenix yang total. (Foto: Warner Bross)

1. Berbahaya Bagi Psikologi

Film Joker bisa dibilang cenderung gelap dan muram. Beberapa orang bahkan menyebut film ini bakal memengaruhi psikologi penontonnya yang lemah.

Lantaran itu, sejumlah pengamat film menyayangkan dengan masih banyaknya orang tua yang membawa serta anak-anak mereka yang masih berada di bawah batas usia menonton film dengan rating R (17 tahun ke atas) tersebut.

Dalam sebuah wawancara kepada media, aktor Joaquin Phoenix mewanti-wanti penontonnya dengan mengatakan film terbarunya itu sebagai film yang sulit dan berdampak besar.

Ia bahkan memaklumi kalau karya terbarunya itu bakal memantik beberapa pihak untuk bereaksi keras terhadap film tersebut.

"Saya tidak membayangkan sebelumnya bahwa film itu akan menjadi lancar," kata Phoenix melansir The Hollywood Reporter, Rabu, 2 Oktober 2019.

"Ini film yang sulit. Dalam beberapa hal, ada kalanya orang-orang akan bereaksi keras terhadapnya," kata dia.

JokerSosok Joker digambarkan begitu muram lagi kejam dengan ekspresi aktor Joaquin Phoenix yang total. (Foto: Warner Bross)

2. Kutipan Viral

Lantaran dianggap mewakili isi hati dan pikiran banyak orang. Banyak kutipan-kutipan yang berasal dari karakter badut kriminal itu yang kemudian viral di dunia maya.

Kutipan berisi kalimat bijak dan perenungan yang diambil dari beberapa dialog dalam film Joker.

Kutipan-kutipan tersebut antara lain,

  • Bagian terburuk dari punya penyakit mental adalah orang mengharapkanmu berperilaku seolah tidak sakit.
  • Aku pikir hidupku ini tragedi. Namun kini aku sadar ternyata hidupku komedi.

JokerSosok Joker digambarkan begitu muram lagi kejam dengan ekspresi aktor Joaquin Phoenix yang total. (Foto: Warner Bross)

3. Diprediksi Meraih Oscar

Sutradara Joko Anwar dalam sebuah cuitan di media sosial Twitter memprediksi film Joker bakal meraih penghargaan Oscar.

Bahkan, menurutnya merupakan hal yang tidak bisa dipercaya jika Joaquin Phoenix tidak diganjar penghargaan Oscar sebagai aktor terbaik untuk aktingnya di film tersebut.

"JOKER is a WOW! Film kayak Joker cuman muncul beberapa tahun sekali. Udah lama nggak mengkeret nonton film kayak gini," kata dia lewat cuitan di akun @jokoanwar pada Sabtu, 5 Oktober 2019.

“Kalau Joaquin Phoenix nggak dapat Oscar, mending Oscar diganti Bambang,” kata dia.

JokerSosok Joker digambarkan begitu muram lagi kejam dengan ekspresi aktor Joaquin Phoenix yang total. (Foto: Warner Bross)

4. Isu Sekuel

Isu ini mencuat lantaran dalam acara Popcorn bersama Peter Travers, aktor Joaquin Phoenix menyatakan keminatannya untuk kembali memerankan tokoh Joker alias Arthur Fleck, jika kelak sutradara Todd Phillips berkeinginan untuk memproduksi sekuel film tersebut.

"Aku tidak akan menganggap ini sebagai peran impianku. Tapi sekarang, jujur, aku tidak bisa berhenti memikirkannya. Aku banyak berbicara dengan Todd tentang apa lagi yang bisa kita lakukan," kata Phoenix dilansir NME, Rabu, 9 Oktober 2019.

"Secara umum, hanya bekerja bersama, tetapi juga secara khusus, jika ada hal lain yang bisa kita lakukan dengan Joker yang mungkin menarik. Jadi, itu akhirnya menjadi peran impian. Bukan sesuatu yang aku benar-benar ingin lakukan sebenarnya sebelum mengerjakan film ini," kata dia.

Sementara Todd sendiri meski tidak secara tegas membuka lebar kemungkinan untuk benar-benar menggarap sekuel dari film besutan rumah produksi Warner Bross itu.

Kepada media, ia mengaku siap melakukan apapun dengan karakter Joker dalam proyek-proyek berikutnya.

"Satu hal yang akan saya katakan, saya akan melakukan apa saja dengan Phoenix, setiap hari dalam seminggu," kata Phillips.

"Tidak ada yang seperti dia. Jika dia mau melakukan (sekuel) dan jika orang-orang menunjukkan di film ini, dan Warner mendatangi kami dan berkata, 'Kalian tahu? Jika kalian bisa memikirkan sesuatu ...' Ya, aku punya perasaan bahwa dia dan aku bisa memikirkan sesuatu yang sangat keren," kata dia. []


Berita terkait
Sinopsis Film Joker, Gelap, Muram dan 'Berbahaya'
Joker merupakan film bergenre psikologi karya sutradara Todd Phillips. Kisah cenderung gelap dan muram dan dinilai dapat memengaruhi psikologi.
Perbedaan Target Penonton Film Gundala vs Joker
Selain perbedaan karakter baik dan jahat pada keduanya, Film Gundala dan Joker juga memiliki perbedaan pangsa pasar anak-anak dan dewasa.
Foto: Adegan-adegan Memukau dan Ekspresif di Film Joker
Film dipenuhi segudang adegan memukau kaya ekspresi.
0
Ambisi PSS Sleman Lepaskan Momok Laga Kandang
PSS Sleman ingin lepas momok sulit menang di laga kandang saat menjamu Kalteng Putra di Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Jumat 18 Oktober 2019.