UNTUK INDONESIA
Istilah Terkait Virus Corona Berbahasa Batak Toba
Penyebaran virus corona terus bertambah. Data pada Minggu, 29 Maret 2020 angka kematian di dunia sebanyak 26.654 orang.
25 istilah dan singkatan terkait kasus Covid-19. (Infografis: Tagar/Regita Setiawan P)

Pematangsiantar - Secara global, penyebaran virus corona (Covid-19) terus bertambah. Data terkonfirmasi pada Minggu, 29 Maret 2020, ada 575.444 kasus, dengan angka kematian sebanyak 26.654 yang terjadi di seluruh dunia.

Di Indonesia terdapat 1.285 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dengan rincian 1.107 dalam perawatan, 64 orang dinyatakan sembuh, dan 114 meninggal. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 130 kasus dari total 1.155 kasus pada Sabtu, 28 Maret 2020.

DKI Jakarta masih tercatat sebagai daerah pasien Covid-19 terbanyak dengan 675 pasien, disusul 149 pasien dari daerah Jawa Barat dan Banten sebanyak 106 pasien. Sementara itu, di Sumatera Utara ada 77 pasien.

Kadang agak bingung do iba akka na natua-tua istilah singkat-singkatan corona on

Saat ini, pemerintah telah menerapkan sejumlah kebijakan guna memutus rantai penyebaran virus corona yang kian masif, seperti physical distancing, work from home, hingga Presiden Joko Widodo mengirim tentara untuk menjemput obat dan alat pelindung diri (APD) ke China.

Jokowi juga meminta pada masyarakat agar ikut membantu bersama mengatasi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China itu, semisal untuk tidak ke luar rumah atau lebih baik di rumah saja.

Istilah-istilah yang semakin sering terdengar di era masa pandemi Covid-19 ini, tidak semua orang bisa memahami istilah asing tersebut, terutama pada mereka yang sudah lanjut usia.

"Kadang agak bingung do iba akka na natua-tua istilah singkat-singkatan corona on, adong museng bahasa Inggris na (kadang saya yang sudah lanjut usia begini kurang bisa memahami singkatan-singkatan istilah virus corona ini, ada lagi yang memakai bahasa Inggris)," ucap Ros boru Gultom, 62 tahun, warga Kota Pematangsiantar pada Senin, 30 Maret 2020.

Kepada Tagar, Ros pun meminta agar beberapa istilah Covid-19 yang ia belum pahami bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Batak. Berikut istilah virus corona yang Tagar rangkum dalam bahasa Batak Toba:

1. ODP (Orang Dalam Pemantauan), ima artina dang marsahit dope, alai hea mardalani tu negara-negara na adong halak hona corona.

2. PDP (Pasien Dalam Pengawasan), ima artina nungga adong marmommon saotik, ingkon diawasi ma asa unang gabe sahitna tu lobih serius.

3. Suspect, ima artina nga lamu momonon, batuk-batuk, dohot nga mulai borat marhosa.

4. Positif Covid, ima artina dipareso dokter ma kan, botul do nga hona sahit corona i, didokkon dokter ma ingkon modom di rumah sakit.

5. Lockdown, ima artina dang jadi manang ise lao masuk manang haluar sian negara manang huta.

6. Social distancing, ima artina unang pajonok-jonok hamu tu halak na asing, bah unang jolo mararisan, marpesta, marpungu-pungu, markombur-kombur, pokok na di jabu ma jolo.

7. Isolasi, artina na positif i modom di rumah sakit, ndang dipaloas manang tu dia, dijaga dokter dohot perawat i do na positif on asa hatop malum, jala unang bali tu na asing

8. Karantina untuk yang sehat, artina sarupani dohot social distancing di nomor onom i, unang pola tu dia-dia jolo, monggop di jabu.

9. Work from home, ima artina karejo manang markantor ma jo di jabu, pake telepon manang pidio molo ingkon markomunikasi dohot dongan.

10. Imported case, molo on artina kasus positif on sian luar negeri do on, halak luar negeri marsahit corona, dungi masuk ma tu Indonesia on.

11. Local transmission, ima hona virus sian dongan sahuta.

12. Epidemi, artina nunga hona huta-huta na asing

13. Pandemi, artina on nunga menyebar virus i di saluhut portibi on. []

Berita terkait
Wabah Corona, Jokowi Siapkan Perpres dan Inpres Mudik
Saat ini pemerintah Jokowi sedang menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) dan Instruksi Presiden (Inpres) sebagai dasar hukum untuk mudik lebaran.
Pasien Jateng Sembuh Corona: Tuhan Masih Sayang Saya
Dua pasien Jawa Tengah berbagi cerita dengan Gubernur Ganjar Pranowo soal kesembuhan mereka dari paparan virus corona.
Usir Corona, Warga Aceh Berdoa Keliling Kampung
Warga Kabupaten Aceh Besar, Aceh menggelar pawai keliling kampung sambil berdoa ‘Tulak Bala untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.