Istilah PSBB Hingga PPKM, Faisal Basri: Wujud Ketidakwarasan

Seringnya pemerintah ganti-ganti istilah, dari PSBB hingga PPKM, dianggap oleh ekonom Faisal Basri sebagai wujud ketakwarasan.
Faisal Basri. (Foto: Tagar/Rakyatharustau)

Jakarta - Pemerintah mengganti istilah PPKM Darurat dengan penerapan level 1 hingga 4, dari yang paling longgar hingga yang paling ketat. Ekonom senior Faisal Basri pun terpicu untuk menanggapi perihal istilah itu.

"Kok tak kapok-kapok obral istilah? Terus saja melakukan hal yang serupa berulang-ulang, mendambakan hasil yang berbeda," tulisnya di akun twitter, Rabu, 21 Juli 2021.

Pergantian istilah PPKM Darurat dengan menggunakan level itu, sebelumnya disampaikan Koordinator PPKM Darurat Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa, 20 Juli malam. Hal itu kemudian dituangkan dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Jawa dan Bali.


Kata Einstein itu wujud ketidakwarasan.


Sebelumnya, pemerintah berulang kali menggonta-ganti istilah pembatasan kegiatan masyarakat untuk mengatasi pandemi Covid-19. Dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), PSBB Diperketat, PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), PPKM Mikro yang diterapkan dari level RT, hingga kemudian PPKM Darurat.

Mengutip ilmuwan dunia Albert Einstein, Faisal Basri menyebut mengulang-ulang perbuatan sama, berharap memberikan hasil berbeda sebagai ketidakwarasan. "Kata Einstein itu wujud ketidakwarasan," lanjut Faisal Basri.

Berbeda dengan Faisal Basri yang melontarkan kritik tajam, sebagian netizen menanggapinya dengan berbagai kelucuan. Ada yang menilai seperti game karena pakai level, bahkan ada yang menyamakan dengan sambal ayam geprek. []


Baca juga


Berita terkait
Daftar Aturan Baru PPKM Level 4 untuk Mal dan Restoran
Masih dilarang dine-in, restoran hanya diizinkan menerima delivery (pesan antar) atau take away, beli makanan untuk dibawa pulang.
Syarat Perjalanan & Berkendara Terbaru di Masa PPKM Level 4
Perjalanan darat termasuk bus dan mobil pribadi, serta motor, laut, udara, dan kereta api wajib memenuhi syarat-syarat yang sudah diberlakukan.
Opini: Perpanjangan PPKM Darurat Disertai Pembenahan
Target rakyat yang akan divaksinasi sebanyak 77 persen dari total penduduk Indonesia 270 juta. Namun baru terealisasi sebanyak 7,8 persen.
0
Istilah PSBB Hingga PPKM, Faisal Basri: Wujud Ketidakwarasan
Seringnya pemerintah ganti-ganti istilah, dari PSBB hingga PPKM, dianggap oleh ekonom Faisal Basri sebagai wujud ketakwarasan.