Israel Resmikan Kedutaan Besar di Bahrain

Menlu Israel memulai kunjungan penting ke Bahrain di mana dia membuka kedutaan besar Israel di negera tersebut
Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid (kiri), bertemu dengan Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif bin Rashid Alzayani (kedua dari kanan), dalam kunjungan perdana Israel ke negara teluk pada 30 September 2021 (Foto: voaindonesia.com - GPO via AP/Shlomi Amshalem)

Jakarta – Diplomat tertinggi Israel, Menteri Luar Negeri (Menlu) Yair Lapid, pada Kamis, 30 September 2021, memulai kunjungan penting ke Bahrain di mana ia membuka kedutaan besar Israel di negara tersebut, satu tahun setelah normalisasi hubungan antar kedua negara yang ditengahi oleh Amerika Serikat, seperti dilaporkan Kantor Berita AFP.

Menlu Israel itu mendarat di Bandara Manama Bahrain yang kemudian disusul pesawat Gulf Air A320 lepas landas dari bandara tersebut menuju Israel untuk menandakan penerbangan komersial pertama antar kedua negara.

Awak pesawat mengibarkan bendera Bahrain dan Israel dari jendela kokpit jet penumpang itu ketika mendarat di bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv, Israel.

Penerbangan komersial dari Bahrain dan kunjungan bilateral pertama Menteri Luar Negeri Israel ke negara Teluk itu adalah bagian dari normalisasi hubungan regional setelah Uni Emirat Arab, Maroko dan Sudan tahun lalu juga sepakat untuk membangun hubungan dengan Israel di bawah perjanjian yang dikenal sebagai Kesepakatan Abraham.

twit lapid1Tweet Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid (Sumber: voaindonesia.com)

"Kita secara resmi telah membuka kedutaan Israel di Bahrain," cuit Lapid. "Kita sepakat akan ada pembukaan kedutaan Bahrain di Israel pada akhir tahun ini."

Lapid bertemu dengan Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al-Khalifa, dalam pertemuan yang disebut oleh media Israel sebagai pertemuan publik pertama seorang raja Teluk dengan seorang pejabat Israel.

twit lapid2Tweet Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid (Sumber: voaindonesia.com)

Lawatan Lapid itu juga diwarnai unjuk rasa para demonstran di ibu kota Manama yang menentang kunjungannya dan pembukaan kedutaan Israel di Bahrain (my/jm)/AFP/voaindonesia.com. []

Israel Tunjuk Duta Besar Pertama untuk Bahrain

PM Israel Bertemu Menlu AS dan Menlu Bahrain di Yerusalem

Israel dan Bahrain Secara Resmi Jalin Hubungan Politik

PM Israel Bertemu Menlu AS dan Menlu Bahrain di Yerusalem

Berita terkait
Israel Tunjuk Duta Besar Pertama untuk Bahrain
Israel telah menunjuk duta besar pertamanya untuk Bahrain, setelah normalisasi hubungan dengan negara Teluk Arab itu setahun lalu
0
Israel Resmikan Kedutaan Besar di Bahrain
Menlu Israel memulai kunjungan penting ke Bahrain di mana dia membuka kedutaan besar Israel di negera tersebut