UNTUK INDONESIA
Iriana Sosok Bersahaja di Balik Kesuksesan Jokowi
Iriana Joko Widodo dikenal sebagai sosok yang sederhana, bersahaja dan ramah.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berpose usai menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Jakarta - Semua masyarakat pasti sudah mengenal sosok Iriana Joko Widodo (Jokowi). Dia adalah istri dari Presiden yang baru saja dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2019. 

Namun bila ingin mengenalnya lebih jauh, Tagar akan mengulas sejumlah informasi mengenai istri Jokowi yang satu ini. Perempuan yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 1 Oktober 1963 merupakan anak pertama dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi. 

Orang tua Iriana adalah seorang guru di sekolah daerah tempat tinggalnya. Dia memiliki empat orang adik yang bernama Anik, Anto, Andi, dan Anjas. Namanya diberikan oleh kakeknya juga seorang guru yang mengabdi di Irian Jayapura, Papua tahun 1960-an.

Ketika Iriana lahir, kakeknya pulang dari tanah rantau, sehingga ia diberi nama Iriana yang artinya Irianjayapura. Iriana mengaku senang dengan nama pemberian kakeknya itu.

Perempuan berusia 56 tahun ini pernah mengenyam pendidikan di SMA 3 Solo, yang mana ayahnya mengajar di sekolah tersebut. Kendati demikian, Iriana tak lantas memanfaatkan posisi orang tuanya itu. Dia lebih suka mengandalkan seluruh kemampuannya dalam belajar seperti siswa-siswi lainnya.

Pertemuan pertama, Jokowi langsung jatuh cinta

Pertemuan pertama kali dengan Jokowi saat itu, ketika dia kerap bermain ke rumah teman sekolahnya, Iit Sriyanti. Iit merupakan adik kandung Jokowi. 

Suatu hari ketika sedang di rumah Iit, Iriana bertemu dengan Joko Widodo yang masih berkuliah di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Jokowi merasa jatuh cinta pada perempuan kelahiran Surakarta ini dan mencoba untuk mengajaknya jalan-jalan dengan menggunakan sepeda. Baru setelah enam bulan, Iriana mau menerima cinta Jokowi yang saat itu berusia 23 tahun. 

Tak lama, Jokowi menikahi Iriana dengan mas kawin berupa cincin seharga Rp 24 ribu yang sampai saat ini masih melingkar di jari manis kirinya.

Iriana menikah dengan Jokowi di Solo, tanggal 24 Desember 1986, dan memiliki 3 orang anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka pada 1 Oktober 1988, Kahiyang Ayu 20 April 1991, dan Kaesang Pangarep 25 Desember 1994.

Usai menikah, Iriana harus pindah ke Aceh untuk mendampingi Jokowi yang tengah menggarap pekerjaan di PT Kertas Kraft, Aceh. Namun, setelah Iriana positif mengandung anak pertamanya, Gibran Rakabuming, suaminya tersebut memutuskan untuk mengajak pulang Iriana kembali ke Solo dan meninggalkan pekerjaannya.

Setelah menetap dan memiliki anak-anak di Solo, pekerjaan Iriana adalah mendampingi Jokowi sebagai ibu rumah tangga. Sang suami yang tengah memulai bisnis mebel mengalami jatuh bangun.

Namun, sebagai seorang istri, Iriana selalu setia memberi dukungan kepada Jokowi hingga membuahkan hasil menjadi pengusaha sukses.

Iriana merupakan sosok yang cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Setia mendampingi suami dalam susah dan bahagia. Kesetiaannya itu dibuktikan mulai saat Jokowi sebagai pegawai, pengusaha, pejabat publik, hingga puncaknya, anak guru ini menjadi ibu negara.

Peduli wong cilik

Ketika Jokowi memutuskan untuk terjun ke politik dengan mencalonkan diri sebagai wali kota Solo, Iriana bisa dengan mudah menyesuaikan diri. Setelah menjadi ibu wali kota, Iriana otomatis didaulat sebagai ketua PKK Solo dengan segudang kegiatan sosialnya.

Karena kerap bersentuhan langsung dengan masyarakat, ibu tiga anak ini memiliki kepekaan kepada nasib wong cilik. Ia merasakan betul betapa susahnya rakyat ketika menghadapi situasi kemiskinan.

Sebab, waktu dulu ia dan suami pernah merasakan perjalanan pahitnya rumah tangga sampai rumah mereka mengalami penggusuran tanpa ganti rugi.

Saat Joko Widodo menjabat sebagai Gubernur DKI membuat Iriana harus menemani suaminya pindah ke Jakarta dan meninggalkan warga Solo. Warga di sana saat itu merasakan kehilangan sosok istri Jokowi ini.

Menjadi ibu negara

Status Iriana semakin naik saat Joko Widodo menjadi orang nomor satu di Indonesia. Ia resmi sebagai ibu negara pada tanggal 20 Oktober 2014, bersamaan dengan dilantiknya Joko Widodo menjadi Presiden RI ke-7.

Ia memilih untuk menjadi sosok yang sederhana, make up, dan tata rambut yang dimiliki tidak terlalu menor dan glamour, seperti istri pejabat lainnya.

Istri Jokowi ini adalah sosok yang sangat mencintai keluarganya dan juga tidak merasa canggung malakukan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. Meski, ada pembantu di rumahnya itu.

Iriana dan JokowiJokowi mengenakan baju adat Sasak, Nusa Tenggara Barat, dan Iriana dengan kain dan selendang batik, saat hendak memperingati HUT RI ke 74. (Foto: Instagram/@jokowi)

Iriana sudah merasakan menjadi ibu negara selama 5 tahun. Kini ia akan melanjutkan kiprahnya kembali sebagai ibu negara untuk lima tahun ke depan. 

Ia memang dikenal sebagai ibu negara yang sederhana. Gaya busana dan penampilan juga tidak terlihat glamor, terlihat di berbagai setiap acara selalu dipuji.

Untuk acara resmi dan kenegaraan, dia selalu mengenakan batik atau kebaya tradisional. Meski sederhana, tetap terkesan elegan.

Saat di rumah, ia juga mengenakan pakaian sederhana semisal mengenakan kemeja senada dengan Jokowi dalam beberapa kesempatan. Terlepas dari hal itu, sosok Iriana bagi Jokowi tak lain adalah ibu dari anak-anaknya.

Bagaimana pun Iriana adalah seorang istri yang melayani suaminya, presiden Jokowi dan selalu setia mendampingi Jokowi keadaan apapun.

Karena pedulinya dengan keluarga, penyuka yoga ini nyatanya mempunyai resep khusus untuk tetap menjaga stamina sang suami yakni jamu temulawak, campur jahe, kacang hijau dan terkadang ditambahkan madu. Resep ini sudah diberikan sejak 17 tahun lalu.

Meski menjadi istri pejabat, Iriana tak mau bersikap seperti seorang ndoro. Ia juga lebih senang berbelanja ke pasar tradisional, terutama Pasar Klewer Solo.

Iriana JokowiIriana Jokowi ketika sedang melihat komodo-komodo Pulau Rinca di Manggarai Barat, NTT. (Foto: [email protected])

Selain dikenal sederhana, Iriana juga sebagai perempuan yang bersahaja, ramah dan selalu ceria. Bahkan, rias wajahnya tak pernah terlihat menor hingga barang-barang mewah juga tak tampak dikenakannya.  

Saat suaminya dilantik menjadi Gubernur Jakarta, 15 Oktober 2012, dia hanya tampil dengan kebaya putih tanpa aksesoris yang mencolok. Pada masa kampanye Pilpres 2014 di akhir Juni, Iriana mengubah penampilan dengan mengenakan hijab. 

Melihat penampilannya saat itu, Jokowi sempat menggodanya, dengan mengatakan penampilan baru itu membuat Iriana terlihat lebih cantik.

Dengan kemenangan suaminya di Pemilu Presiden 2014, Iriana menanggalkan status istri gubernur menjadi ibu negara.

Meniru gaya Jokowi

Iriana kerap berkeliling untuk menjadi pembicara di setiap kegiatan. Ia pernah menjadi pembicara sosialisasi narkoba ke para siswa yang duduk di bangku SMP dan SMA.

Ketika sedang sosialisasi di sebuah SMA di Palembang, Sumatera Selatan, Iriana rupanya meminjam cara Jokowi ketika sedang berkunjung di sejumlah sekolah dan pesantren dengan memberi kuis dengan hadiah sepeda.

Iriana pernah meminta beberapa siswa untuk maju ke depan untuk menjawab kuis dan diberikan sepeda. Siswa SMA 1 Kota Palembang bernama Ahmad Sami yang mendapat giliran maju pertama untuk menjawab kuis. 

"Seandainya saya pemakai narkoba bagaimana saran Sami?" tanya Iriana saat melakukan sosialisasi di Gedung Griya Agung Kota Palembang, Selasa, 17 September 2019.

"Saya selaku pendengar melaporkan ke BNN yang sudah dikasih nasihat tapi masih keras kepala pakai narkoba," jawab Sami yang bercita-cita kuliah di Universitas Indonesia.

Sontak, jawaban Sami ini membuat seisi gedung tertawa. Meski begitu, Iriana tetap memberikannya hadiah. "Ambil sepedanya," ucap dia.

Iriana kembali memberikan pertanyaan kepada siswa di Palembang itu. Kali ini, dia menanyakan jenis-jenis narkoba. Dengan tegas, siswa tersebut menjawab beberapa jenis narkoba yang diketahuinya.

"Ganja, sabu, ekstasi, PCC, pil ekstasi," tutur siswa tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Ibu Negara Iriana Soroti Sampah di Kabupaten Bogor
Ibu Negara Iriana soroti sampah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang dibuang warga secara sembarangan, Pemkab lakukan OTT
Di Palembang Ibu Iriana Joko Widodo Bagi-Bagi Sepeda
Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo memberi motivasi terhadap ribuan siswa tentang bahaya narkoba.
Ketika Iriana Jokowi di Pasar Beringharjo Yogyakarta
Semua mata tertuju pada Ibu Negara Iriana Jokowi yang berjalan anggun di tengah keramaian Malioboro hingga Pasar Beringharjo Yogyakarta.
0
4 DPD Golkar di Yogyakarta Sepakat Musdalub
Empat dari lima DPD Partai Golkar di Yogyakarta meminta DPP untuk segera menggelar Musdalub DPD I Partai Golkar DIY.