UNTUK INDONESIA
Irfan Setiaputra Siap Patuhi Pesan Erick di Garuda
Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra menuturkan akan menjalankan pesan dari Menteri BUMN Erick Thohir di maskapain pelat merah tersebut.
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia (Persero) memutuskan Chief Executive Officer (CEO) Sigfox Indonesia, Irfan Setiaputra sebagai Direktur Utama (dirut) Garuda. (Foto: Nuranisa Hamdan).

Jakarta - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menuturkan akan menjalankan pesan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam mengelola maskapai pelat merah tersebut.

"Dengan segala hormat, kita akan menegakan good corporate governance (GCG) dengan sebaik-baiknya dan itu merupakan amanah dari bapak Menteri BUMN," kata Irfan Setiaputra di Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020 seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya CGG memang salah satu syarat untuk mengembangkan Garuda lebih baik di masa yang akan datang. Tapi, perlu juga ada kerja sama antara dewan direksi dan dewan komisaris Garuda untuk menjalankan hal tersebut.

Sehingga, ia siap maju ke depan ketika ada masalah yang perlu diperbaiki di Garuda. "Kita juga siap apabila ditemukan hal-hal yang perlu dikoreksi," ujarnya.

Selain unsur tersebut, CEO Sigfox Indonesia ini berharap ada pelibatan pihak-pihak luar untuk memastikan penegakan GCG ini diawasi. Seperti yang sekarang dijalankan di Garuda yaitu menggunakan auditor yang termasuk lembaga audit Big Four.

Baca juga: Terobosan Yenny Wahid Komisaris Independen di Garuda

Sementara itu, pihak Istana juga berpesan agar Dewan Direksi yang terpilih di Garuda dapat menjalankan CGG. Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi) Fadjroel Rachman mengatakan sosok yang terpilih harus sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen korporasi modern global.

"Menaati semua peraturan perundang-undangan, dan memprioritaskan Good Corporate Governance, untuk mengantarkan Garuda sebagai maskapai penerbangan kelas dunia," tutur Fadjroel di Jakarta, Kamis, 23 Januari 2020.

Irfan Saputera ditetapkan sebagai Dirut Garuda dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu, 22 Januari 2020. Bersamaan dengan itu, Garuda juga menempatkan figur pengganti yang kosong dalam dewan direksi.

Berikut susunan lengkap direksi baru Garuda Indonesia yang ditetapkan dalam RUPSLB.

1. Direktur Utama: Irfan Setiaputra

2. Wakil Direktur Utama: Dony Oksaria

3. Direktur Operasi: Tumpal Manumpak Hutapea

4. Direktur Teknik: Rahmat Hanafi

5. Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi: Ade R. Susardi

6. Direktur Niaga dan Kargo: M. Rizal Pahlevi

7. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Fuad Rizal

8. Direktur Human Capital: Aryaperwira Adileksana. []

Berita terkait
Kenapa Irfan Setiaputra Terpilih Jadi Dirut Garuda?
Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk periode sebelumnya Sahala Lumban Gaol mengatakan Irfan Saputera ditetapkan sebagai dirut.
Profil Irfan Setiaputra, Sang Dirut Baru Garuda
Irfan Setiaputra, Dirut Baru Garuda, dapat tugas penting dari Menteri BUMN. Pernah menjabat sebagai CEO di berbagai perusahaan.
Terobosan Yenny Wahid Komisaris Independen di Garuda
Yenny Wahid, Komisaris Independen Garuda periode anyar membuka pengaduan bagi semua pekerja wanita yang merasa diperlakukan tidak adil perusahaan.
0
Pengamat Sebut Negara Berhak Tangkal ISIS Eks WNI
Negara berhak melakukan penangkalan terhadap ISIS eks WNI untuk pulang ke Indonesia demi melindungi warga di dalam negeri